Segar banget

Segar banget
bangett

Rabu, 24 Agustus 2011

berenang merupakan salah satu olahraga terbaik


Menurut sebuah penelitian, berenang merupakan salah satu olahraga terbaik karena renang melibatkan seluruh anggota tubuh atau dengan kata lain seluruh tubuh aktif bergerak. Namun kendalanya, olahraga ini perlu kemampuan khusus sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi menurut saya, asalkan ada niat, renang bisa dipelajari. Seperti saya yang baru belajar berenang saat usia saya 23 tahun. Eits, bisa dipastikan saya tidak salah ketik. Dua puluh tiga tahun ! Tidak sampai mahir sekali memang, hanya 1 gaya dada, tapi at least bisa. Gaya gaya yang lain sepertinya masih bisa dipelajari sambil jalan. Berikut tipsnya

NIAT UNTUK BELAJAR Ini adalah langkah awal yang paling penting. Tanamkan didalam diri bahwa renang adalah olahraga yang terbaik
JANGAN MALU Sebenarnya rasa malu itu manusiawi sekali, apalagi jika melihat anak-anak kecil yang sudah piawai berenang. Di tempat-tempat dalam lagi. Tapi sebenarnya rasa malu masih bisa diakalin. Sewa saja guru privat atau teman yang sdh bisa (atau sendiri juga bisa asal tidak di tempat dalam). Lalu pilih kolam renang yang tidak terlalu populer (tapi tentu saja yang tetap dekat dengan lokasi kita) serta berlatih di saat kolam renang sedang sepi. Seperti pagi hari sebelum bekerja. Tidak ada yang di”maluin” kan..
HARUS MEMAKAI KACAMATA RENANG Untuk seseorang yang belajar berenang, I think, a swim google is a must ! Mengapa? Karena menurut saya, dengan memakai kacamata berenang, kita bisa melihat di dalam air. Dan ini membuat kita tidak takut dan bisa menguasai medan. Bayangkan kalau kita tidak memakai kacamata. Selain mata perih, saat di dalam air mata kita jadi refleks merem dan mikir yang tidak tidak, tenggelam dll. Ini jadi seperti mengendarai mobil dengan mata tertutup. Memang menakutkan ya..
BELAJAR BERNAFAS Sebenarnya inti dari berenang adalah bernafas (ini menurut saya dari sudut pandang org yg baru belajar saja, tidak tahu lagi menurut para pakar ). Kita bisa masuk ke kolam setinggi dada untuk mulai berlatih bernafas. Untuk tarik napas, kita bisa mengatupkan mulut dengan mengucapkan kata “AP”. Tidak perlu menarik napas dalam2, hanya sekedarnya saja lalu langsung menutup mulut seperti menutup jalan udara. Setelah itu tahan, lalu keluarkan melalui mulut juga secara perlahan dengan mengucap kata “BAHH”. Jadi proses tsb menggunakan pernafasan lewat mulut, bukan lewat hidung seperti biasanya. Tapi tetap mudah kan ya, jadi hanya seperti bilang AP – tahan – BAHH. Jika proses itu sudah terbiasa, bisa dicoba saat tahan napas, kepala dimasukkan ke dalam air. Mata jangan merem, kan sudah pake kacamata. Sambil menahan napas, kita bisa menikmati kejernihan air didalamnya bukan..:). Ini bisa dimodifikasi misal dengan bantuan papan. Kedua tangan memegang papan, kaki kecipak kecipuk (agar jalan), dan kepala masuk keluar air untuk berlatih bernafas. Semakin lama, napasnya bisa semakin lama sekitar 10 detik. Saya rasa, jika kita sudah menguasai pernafasan di dalam air, kita sudah menguasai 50% teknik berenang.
JANGAN TAKUT DAN RILEKS Kendala terbesar orang belajar berenang adalah takut dan kaku. Soal takut, bisa diatasi dengan berlatih di kolam dangkal dulu dan memakai kacamata. Air ketelan sudah biasa, namanya juga belajar pertama. Untuk kaku bisa diatasi pelan pelan dengan banyak latihan. Ohya, untuk menguji rasa berani, seperti yang diajarkan dan “dipaksakan” ke saya waktu itu adalah dengan cara ini. Berdiri di tempat yang agak dalam, tahan napas sampai kaki menyentuh lantai. Ternyata di dalam air tidak semenakutkan seperti yang kita bayangkan ya… Selain untuk mematikan rasa takut, teknik ini juga bisa digunakan untuk melatih tahan napas supaya lebih lama.
BELAJAR MELUNCUR DAN MENGAMBANG Setelah pernafasan mulai dikuasai, kita bisa berlatih meluncur. Kaki bisa dihentakkan dari dinding kolam, kedua tangan dikatupkan (seperti orang mau bersalaman) lalu tahan napas saat kepala masuk di dalam air. Kalau memungkinkan, bisa “ditangkap” oleh pelatih atau teman. Tetapi sekalipun sendiri bisa langsung berdiri. Saat menahan napas, rileks dan lemaskan tubuh. Santai saja dan rasakan bahwa tubuh kita ternyata bisa keatas sendiri (aka mengambang). Keren ya, jadi kenapa harus takut tenggelam. Asal kita rileks dan pernafasan OK, kita tidak akan tenggelam.
BELAJAR GERAKAN Setelah pernafasan dan meluncur sudah mulai dikuasai, kita bisa berlatih gerakan. Setelah meluncur, tahan napas, rileks. Setelah tubuh terasa “naik” ke atas, gerakkan tangan dan kaki. Pisahkan kedua tangan yang menyatu lalu arahkan ke belakang/bawah. Gerakan tangan seperti membentuk huruf “W” tetapi ujungnya menyatu. Atau omega. Begitupan dengan kaki. Hanya kebalikan . Saat tangan ditarik ke belakang bawah, otomatis kepala juga akan keatas keluar air. Gunakan untuk membuang nafas sekaligus langsung mengatupkan mulut. Dan tubuh kembali ke posisi standart (lurus) berbarengan kepala masuk ke air.
Cukup mudah bukan… semoga tips ini berguna.. Tidak ada kata terlambat untuk belajar..

--

Mulai Belajar Berenang :

Pengenalan Air
Sebagian besar anak-anak, bahkan orang dewasa yang belum pernah masuk ke dalam kolam renang biasanya akan menjadi takut/cemas ketika akan masuk ke dalamnya, lebih-lebih bila pernah mengalami trauma dengan air.
Untuk itu sebaiknya, mereka masuk ke kolam yang dangkal terlebih dahulu. Setelah terbiasa dan keberaniannya mulai muncul, bisa mulai diajak ke kolam renang yg sedikit agak lebih dalam (Ingat !!! Sebaiknya dia masih tetap bisa menginjakkan kakinya ke lantai kolam renang tanpa tenggelam, kecuali selalu didampingi oleh Anda atau pelatihnya).

Tahap berikutnya :
- Ajarkan cara membuang nafas di air, dengan cara:
o Suruh dia menghirup nafas dalam-dalam
o Kemudian suruh dia memasukkan kepala ke dalam air
o Kemudian tiupkan nafas melalui hidung ketika kepala masih di dalam air
o Setelah itu naikkan kepala ke atas air sambil membuka mulut untuk mengambil nafas
o Lakukan hal di atas berulang-ulang sampai dia terbiasa dan tidak takut memasukkan kepala ke dalam air

- Suruh melompat dari pinggir kolam ke dalam kolam renang
Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa takut dengan air. Dan bisa lebih enjoy dan menikmati bermain-main dengan air.

- Belajar mengapungkan badan di atas permukaan air
o Bila sudah tidak takut dengan air (berani memasukkan kepala ke dalam air cukup lama), maka Anda bisa memintanya untuk secara pelan-pelan mengapungkan tubuhnya di atas permukaan air. Dengan posisi, wajah dan pandangan mata menghadap ke lantai kolam renang sambil menahan nafas (dilakukan dg santai)

- Belajar meluncur di atas permukaan air
Setelah bisa mengapungkan badan di atas permukaan air, sekarang kita ke tahap berikutnya ..belajar meluncur, dengan cara:
o pada posisi tubuh mengapung di atas permukaan air, kemudian gerakkan kaki naik turun seperti orang yang sedang berjalan (tapi antara paha dan kaki tetap lurus, dengkul tidak boleh ditekuk)

Catatan
Untuk belajar mengapung ini, awalnya bisa dibantu oleh temannya untuk memegangi tangannya, ketika dia berusaha mengapungkan badannya dengan santai di atas permukaan air dan sewaktu mau berdiri kembali.
Untuk belajar mengapung dan meluncur ini, yang paling utama adalah menghilangkan rasa takut dengan air dulu ..lihat langkah-langkah di atas. Lakukan dengan santai saja pasti berhasil.

Untuk belajar berenang yang paling utama adalah menghilangkan ketakutan dengan air lebih dulu.
Keseluruhan tahap di atas mestinya hanya membutuhkan sedikit waktu saja.


Setelah bisa mengapungkan badan dan meluncur di permukaan air, maka bisa memulai belajar gaya dada atau gaya bebas

Sebaiknya belajar renang gaya dada atau renang gaya bebas dulu? Biasanya pelatih renang mengajarkan renang gaya dada lebih dulu, karena gaya ini yang paling cepat dikuasai. Tetapi sekarang cukup sering yang mengajarkan gaya bebas lebih dulu. Alasan mengapa gaya bebas diajarkan lebih dulu ..karena dengan menguasai gaya bebas, maka gaya renang lainnya akan lebih mudah dikuasai. Tetapi untuk belajar gaya bebas sendiri akan membutuhkan waktu yang lebih lama.
Jadi terserah Anda mau belajar gaya dada atau gaya bebas dulu. Kalau mau cepat ya belajar gaya dada dulu. Tetapi jika Anda punya cukup banyak waktu dan mau lebih lama belajar, ya belajar gaya bebas langsung.

Perlu diketahui
Belajar renang gaya apapun selalu dimulai dengan belajar dan berlatih gerakan kaki lebih dulu.
Jangan pernah putus asa dalam belajar. Berenang seperti layaknya kita belajar berjalan, teruslah mencoba ...maka pasti berhasil.

--

Kiat Membuat Belajar Renang Menyenangkan

Kita tahu bahwa olah raga renang merupakan sebuah olah raga yang sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Olah raga ini memungkinkan semua anggota tubuh untuk bergerak sehingga akan ada lebih banyak kalori yang terbakar serta lebih mendukung terbentuknya otot–otot tubuh.

Untuk itu, olah raga renang sangat baik untuk dilakukan oleh anak – anak di usia pertumbuhan, karena seperti yang kita ketahui, untuk mempercepat pertumbuhan anak – anak memerlukan makanan bergizi dan cukup berolah raga. Dengan berenang, otot dan tulang di dalam tubuh anak – anak akan lebih cepat tumbuh

Itulah mengapa semua orang perlu belajar berenang. Olah raga renang akan menjadi sebuah olah raga yang menyenangkan dan memberikan manfaat besar untuk kesehatan dan pertumbuhan pada anak – anak. Meski demikian, bukan berarti bahwa orang dewasa sudah terlambat untuk belajar berenang. Ketika keinginan dan keberanian dimiliki, olah raga renang akan sangat mudah dipelajari dan menjadi olah raga yang menyenangkan untuk dinikmati kapanpun.

Untuk membuat olah raga renang tersebut lebih menyenangkan, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut;

Untuk Anak – Anak:

- Agar anak Anda dapat menyukai olah raga renang, tentunya Anda harus membuat olah raga tersebut cukup menyenangkan bagi anak Anda sejak awal. Tentu saja Anda harus memastikan bahwa instruktur renang yang Anda pilih dapat mengajarkan mereka dengan baik serta memberikan kesan aman dan nyaman kepada anak Anda yang sedang mencoba belajar renang.

- Apabila Anda memiliki cukup waktu dan kemampuan yang memadai untuk mengajarkan anak Anda berenang, akan menjadi ide bagus bila Anda dapat mengajarkan anak Anda sendiri. Tentunya proses belajar tersebut akan terasa lebih nyaman karena anak Anda pastinya akan sepenuhnya mempercayakan keselamatannya pada Anda.

- Lengkapi perlengkapan berenang dan keselamatan, seperti pelampung dengan berbagai bentuk; pelampung dada, pelampung lengan, pelampung berbentuk ban dan sebagainya sehingga anak Anda akan lebih merasa aman dan tertarik untuk belajar berenang.

- Pilihlah tempat belajar berenang yang menyenangkan. Apabila Anda tidak memiliki kolam renang pribadi, memilih kolam renang umum dengan berbagai fasilitas anak–anak yang menarik merupakan ide brilian untuk membuat proses belajar lebih menarik dan menyenangkan.

Water Boom yang menjadi tempat wisata air terpopuler sekarang ini merupakan salah satu pilihan tepat. Namun, sebaiknya jangan memilih hari libur untuk belajar berenang karena pastinya obyek wisata tersebut akan sangat ramai.

- Dampingi anak Anda selama ia belajar berenang. Meski Anda tidak ikut mengajarinya, Anda dapat mengawasi di pinggiran kolam renang sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman dan percaya diri untuk bisa berenang lebih cepat.

Untuk Dewasa:

Banyak orang berkata bahwa ketika seseorang telah dewasa, akan lebih sulit baginya untuk belajar berenang. Namun, tidak sepenuhnya anggapan tersebut benar. Kendala utamanya hanyalah kemauan dari orang tersebut. Meski Anda terbilang terlambat untuk belajar berenang, bukan berarti Anda telah terlambat.

Dengan kemauan belajar tinggi, Anda pasti bisa berenang dengan cepat; bahkan dalam waktu beberapa minggu. Sedangkan tips untuk belajar berenang yang menyenangkan, Anda membutuhkan beberapa hal berikut;

- Pastikan bahwa Anda dapat merasa cukup nyaman dengan memperhatikan beberapa faktor, seperti pakaian renang yang Anda kenakan, instruktur renang yang dapat membuat Anda cukup nyaman, serta tempat dimana Anda belajar. Ketika Anda cukup nyaman, Anda akan lebih menikmati proses belajar tersebut dan bisa menguasai lebih cepat.

- Agar proses belajar berenang berjalan cukup cepat, Anda harus mengetahui beberapa tips untuk membuat teknik berenang tersebut lebih mudah Anda kuasai. Dengan membuat tubuh Anda rileks, tubuh Anda akan lebih mudah mengapung

- Apabila memang dirasa perlu ajaklah teman Anda yang juga membutuhkan pelatihan berenang. Kebersamaan yang ada akan mengurangi perasaan “kaku” karena mungkin malu, tidak nyaman, dsb.

--



LATIHANCARA BELAJARCEPAT

6

Menyimpan Informasi

·

Otak kiri manusia menyimpan data secara beru
rutan
dan sangat teratur
,
secara linear, bagian
perbagian, otak kiri sangat sulit menyerap informasi secara global sekaligus, kecuali disajikan secara
bertahap.
·

Otak kanan menyimpan informasi secara simultan, secara global, melihat sesuatu sebagai gambaranluas, otak kanan akan kesulitan bila menyerap informasi sepotong-
sepotong.
Penjelasan dan perbedaan antara otak kiri dan otak kanan :

Otak kiri
:
·

Kendalikan gerakan pada tubuh bagian kanan, tangan kanan, kaki kanan dan sebagainya.

·

Menerima sensor dan input sentuhan dari bagian kanan tubuh, termasuk tangan kanan.

·

Memproses bahasa simbolik seperti huruf, angka, kata-ka
ta, bahasa, ide
-
ide dan konsep.
·

Komunikasi verbal

·

Setahap demi setahap, linear, melakukan segala hal secara berurutan
.
·

Sangat memperhatikan urutan waktu
·

Menganalisis dengan mengartikan setiap bagian informasi yang diterima.

·

Belajar bagian demi bagian baru keseluruhan.

·

Lebih senang mendengarkan kata
-
kata daripada emosi.

·

Senang musik
·

Kreatif dengan materi-materi nyata.

Otak Kanan
:

·

Kontrol gerakan ada pada sisi kiri; tangan kiri, kaki kiri dan sebgainya.

·

Menerima sensor dan input sentuhan dari sisi kiri, termasuk tangan kiri.

·

Memproses pengalaman sensorik yang nyata saja: dari pandangan, suara atau kesan tanpa kata-
kata
atau dengan kata-kata yang memiliki

sensorik yang kuat.

·

Komunikasi non verbal: membaca mimik
wajah
,
bahasa tubuh, nada suara dan isyarat emosi.

·

Memandang segala sesuatu secara simultan, global, berpandangan luas.

·

Non
– temporal : Tidak memandang urutan waktu.

·

Menyimpulkan segala sesuatu dengan cara menghubungkan bagian per bagian menjadi sebuah
gambaran utuh.
·

Belajar secara keseluruhan baru bagian perbagian

·

Lebih senang merasakan emosi

·

Senang musik, mendengarkan musik.

·

Kreatif dalam memikirkan segala hal yang tidak nyata, berdaya cipta, dan imajinatif.

Tipe Otak Kiri dan Otak Kanan Terintegrasi

Bagi mereka yang terbiasa menggunakan kedua sisi otak mereka, maka merka dikategorikan sebagai tipeotak kiri dan otak kanan yang terintegrasi. Bagi pemakai otak kiri, secara teratur setiap hari melibatkan
diri kedalam aktivitas yang menggunakan otak kanan dan begitu sebaliknya. Tipe otak kiri dapatmengembangkan otak kanan dengan mencoba menulis atau menggambarkan dengan menggunakan
tangan kiri.


LATIHANCARA BELAJARCEPAT

7

Tipe pemakai otak kanan dapat mengembangkan otak kanan dengan mencoba menggunakan tangan
kanan untuk menggambar, menulis dan lain-
lain.
Karakteristik tipe otak kiri dan otak kanan terintegrasi sebagai berikut
:
·

Memahami dunia sepenuhnya

Tipe terintegrasi ini bisa bergerak bebas dari satu lingkungan ke lingkungan yang lain dan bisa
memahami orang atau subyek baik yang berkomunikasi dengan otak kanan maupun otak
kiri.
·

Penyimpanan Materi

Menyimpan informasi secara simultan setahap demi setahap

·

Kesadaran terhadap waktu

Tipe orang yang sangat peka terhadap waktu, bisa menjadi orang yang lupa waktu jika sedang
dibutuhkan layaknya tipe otak
-
otak kanan, tapi bisa juga
menjadi orang yang sangat tepat waktu
layaknya pemakai otak kiri

·

Kemampuan visual berdemensi ruang

Otak kanan memberi kemampuan visual ruang yang sangat baik, mengenai warna, bentuk dan desain.

·

Kreativitas dan imajinasi

Pemakai otak kanan dan otak kiri yang terintegrasi bisa bekerja dengan dua jenis kreativitas, bisa
beradaptasi dalam berbagai situasi.

·

Komunikasi
Tipe ini bisa mendengar dengan kedua sisi otak mereka, bisa menangkap kata-kata sebagus membaca
bahasa non verbal.
·

Cara berpikir lingkup kecil ke luas dan lingkup luas ke kecil.

Tipe ini bisa menelitinya dari yang kecil
-
kecil terlebih dahulu dan kemudian saling
menghubungkannya secara total, bisa membaca buku dari depan ke belakang atau sebaliknya atau
melompat
-
lompat.



LATIHANCARA BELAJARCEPAT

8

Superlink Mempercepat Proses Belajar

·

Delapan macam Superlink untuk mempercepat proses belajar, yang manakah Superlink
Anda ?
Link Belajar merupakan kombinasi antara gaya belajar dan preferensi sisi otak kita. Data
dikombinasikan ke dalam satu profil disebut Superlink yaitu perpaduan antara gaya belajar dan
preferensi pemakaian sisi otak.

Untuk mengetahui bagaimana sebaiknya cara anda belajar disesuaikan dengan Superlink anda yaitu :Visual otak kiri, Visual otak kanan, Auditori otak kiri, Auditori otak kanan, Tactile otak kiri, Tactileotak kanan, Kinestetis otak kiri, Kinestetis otak kanan.

·

Mencari Profil Superlink Anda

Pemaparan tentang kedelapan superlink bukan untuk mengotak
-
kotakan atau membentuk suatu
steoreotip tertentu, semata agar setiap orang baik dengan gaya belajar apapun juga mampu
mempelajari sesuatu baik di lingkungan sekolah maupun kerja, dan bisa menyesuaikan diri dalam
situasi apapun.
Jika menggunakan Superlink yang terkombinasi, maka baca saja link belajar yang sesuai dengan diri
anda dan tandai
bagian tersebut, yang terpenting adalah anda tahu kombinasi link belajar anda
bagaimana cara belajar yang tepat bagi anda. Dengan demikian anda akan memiliki gambaran tentangprofil kepribadian anda.

·

Tipe Visual Otak Kiri

-

Tipe Visual Otak Kiri menyerap informasi secara visual dan menerjemahkannya ke dalam bentuksymbol dan bahasa misalnya dalam bentuk surat, kata-kata, nomor, atau ide.

-

Tipe Visual otak kiri, jika sedang berpikir, akan melihat kearah langit
-
langit. Pandangan mata
kekanan dan kekiri, karena otak mereka memproses data dengan melihat setiap data atau symbol.

-

Tipe otak kiri akan menatap lurus ke arah lawan bicara untuk membantu mereka mendengarkanlebih baik, sebaliknya tipe ini tidak senang dengan orang yang diajak bicara tidak mau menatap
mata lawan bicara.
-

Tipe ini senang membuat gambar, grafik, tepat waktu, selalu terjadwal, sangat baik dalam
penyimpanan data.

Mempercepat Proses Belajar

-

Visual otak kiri mempercepat proses belajar dengan membaca dan melihat materi visual dalambentuk bahasa, surat, kata, angka, juga membuat kontak mata dengan lawan bicara.

-

Tipe ini lebih mudah mempelajari dengan membaca buku dan catatan yang diberikan secara jelas
dan rapi,
-

Tipe visual otak kiri dapat belajar, baik dengan diirngi musik maupun tidak, karena mereka tidakterlalu peduli dengan stimuli auditori di sekelilingnya, dan juga sangat sensitif terhadap stimulivisual dan mudah terusik bila ada gangguan visual.

-

Tipe ini dapat belajar dan mengingat tulisan pengucapan bahasa dan pengejaan jika materinya

disajikan dalam bentuk cetak dan terlihat rapi.

-

Tipe ini sangat terjadwal dan disiplin waktu

-

Untuk mempercepat membaca, tipe ini harus mengingat detail kata dan angka yang dibaca.

Instruksi yang Sesuai Untuk Gaya Visual Otak Kiri;
Tipe ini hanya perlu m
engingat setiap detail yang dibaca dari pada harus mencari yang tersirat
meminta instruktur untuk memilih point-point yang penting dan menuliskannya dipapan tulils.

Bab
3


LATIHANCARA BELAJARCEPAT

9

·

Tipe Visual Otak Kanan :

-

Tipe Visual otak kanan menyerap informasi dengan mata, dan sanga
t tertarik dengan gambar,
symbol, grafik, warna, bentuk, desain, ukuran dan hubungan antar ruang. Memproses stimuli inisecara simulttan, cukup sekali pandang dan mereka dapat menangkap detailnya.

-

Tipe ini mudah terusik oleh gangguan visual

-

Tipe ini panda
i memadukan warna, aksesoris yang cocok dan peka terhadap penampilan visual di
sekelilingnya.
-

Senang membuat segala sesuatu tampil cantik

-

Senang menghadiri pameran lukisan galeri seni, pameran mobil atau berjalan-
jalan.
-

Menyimpan arsip dengan box file yang berwarna warni, tempat buku yang bergaya, tempat pensilyang unik dan lain-
lain.
-

Saat bicara, tipe ini lebih senang melihat kearah bibir daripada harus melihat ekspresi lawan
bicara.
-

Tidak terlalu peka terhadap waktu, dan menyelesaikan pekerjaan sesuai keinginan mereka dengantidak melebihi batas waktu.

Mempercepat Proses Belajar

-

Cara yang paling tepat bagi tipe visual otak kanan adalah dengan alat Bantu visual seperti grafik
dan gambar.
-

Adanya kontak mata dengan guru atau pengajar dari pada harus mendengarkan saja.

-

Di
beri penjelasan secara deskriptif agar memiliki bayangan yang jelas tentang materi yang
dibicarakan.
-

Disediakan media, slide, video disertai dengan gambar-gambar yang menarik dan imajinatif.

-

Tipe ini bisa belajar baik diiringi dengan musik maupun tidak, kebisingan dan suara disekitar tidakakan menggoyahkan konsentrasi.

-

Tipe ini mengingat setiap objek yang mereka lihat dalam kehidupan nyata.

-

Tipe ini dapat memahami bacaan dengan lebih cepat dengan membayangkan semua yang dibaca.

-

Tipe ini sangat tertarik pada seni rupa dan desain grafik, arsitektur.Instruksi yang sesuai dengan gaya visual otak kanan :

-

Memberikan gambaran-gambaran sekilas dari materi yang akan dipelajari.

-

Membuat gambar atau alat Bantu visual atau membuatnya sendiri

·

Tipe Aud
itori otak kiri

-

Cara terbaik untuk para auditori otak kiri adalah dengan mendengarkan setiap penjelasan yangdiberikan baik berupa kalimat ataupun kata
-
kata.
-

Tipe ini sangat sensitif dan merasa tidak nyaman dengan kalimat yang diulang
-
ulang, seringterhent
i atau terlalu banyak mengucapkan kata “ehm”.

-

Peka terhadap pembicaraan orang lain, hati-hati dalam berbicara.

-

Tipe ini menikmati pembicaraan dengan orang lain dan bisa mengutip kata dengan tepat.

-

Tipe ini tidak senang, kesunyian dan suka humor-humor segar
.
-

Tipe ini berfikir sambil berbicara

-

Tipe ini bekerja secara bertahap dan teratur

-

Senang menikmati musik klasik, teater, atau pertunjukan musik.

Cara Mempercepat BelajarAuditori otak kiri dapat mempecepat proses belajar dengan :

-

Mendengar, berbicara dan berdiskusi

-

Menyerap makna komunikasi verbal dengan cepat

-

Mengikuti perkuliahan, pelatihan verbal

-

Menggunakan media yang sesuai seperti film, video, komputer dan lain-
lain.
-

Melalui teknik manual dan pedoman instruksional yang dibaca.

-

Menyenangi tempat yang sunyi dan tenang untuk belajar.

-

Membaca dengan suara keras, suara pelan atau membaca dalam hati.

Tipe auditori otak kiri adalah seorang pekerja yang handal sebagai pembicara dan pendengar yang
baik.



LATIHANCARA BELAJARCEPAT

10

Cara Belajar yang sesuai bagi gaya Auditori otak kiri. Meminta pada instruktur agar menyajikan
materi dalam bentuk auditori melalui penjelasan dan diskusi, membaca materi dengan suara yangkeras atau merekamnya, serta berkelompok.
·

Tipe Auditori Otak Kanan

-

Tipe auditori otak kanan sangat peka terhadap musik
, suara
-
suara, irama, nada suara dan
memiliki kemampuan sensor kata yang kuat.

-

Tipe ini senang pada suara
-
suara indah, melodi dan suara yang menyenangkan hati, dan akan
terganggu dengan suara nyaring seperti sirene, ketukan palu.

-

Tipe ini menghabiskan waktu untuk menciptakan lagu
-
lagu dan musik mereka sendiri, dan
sangat kreatif menciptakan aliran musik baru.

-

Tipe ini dapat membaca pikiran negatif seseorang, kemarahan yang terpendam maupun sindiran.

-

Tipe ini tidak suka membuat kontak mata dengan pembicara,
tapi memahami komunikasi non
verbal dan nada suara.

Mempercepat Proses Belajar

Tipe ini dapat mempercepat proses belajar dengan :

-

Mendengarkan musik, mendengarkan orang lain

-

Merekam suara
-

Menghubungkan materi dengan irama musik, iklan

-

Menghubungkan kata
dan angka
-
angka dengan musik

-

Tipe ini tidak peduli pada symbol, bahasa yang abstrak.

-

Tipe ini berpikir intuitif, tanpa kata
-
kata
-

Memahami bacaan jika dibaca dengan suara keras atau membaca dalam hati

-

Mempelajari strategi yang tepat.
Cara Belajar yang se
suai Auditori otak kanan
Dengan kalimat
-
kalimat yang singkat, dengan diirngi musik atau sound effect, disertai dengan contohalur pikir, objek nyata atau demonstrasi

·

Tipe Tactile Otak Kiri

-

Tactile otak kiri belajar setahap demi setahap dengan menggunakan
symbol
-simbol, huruf, angkadan kata, tangan, jari, indra peraba dan emosi.

-

Tactile sangat sensitif pada bahasa non verbal seperti mimik wajah, bahasa tubuh, nada suara.

-

Mudah berempati pada orang lain

-

Berpikir dengan hati dan mengekspresikan pemikiran secara verbal atau tertulis.

-

Mendapatkan ide baru melalui intuisi dan menguraikannya dengan pendekatan yang bertahap.

Mempercepat Proses Belajar

Tactile Otak Kiri mempercepat proses belajar dengan :

-

Melibatkan mereka dengan dalam kegiatan-kegiatan yang menggunakan tangan dan jari.

-

Mencatat dengan lengkapmateri-materi yang diterima

-

Senang membuat catatan, gambar, diagram ataupun bagan

-

Menyediakan media yang lengkap

-

Belajar di tempat yang tenang dan nyaman

-

Bergabung dalam kelompok atau tim yang saling bekerja
sama.
-

Membayangkan apa sebenarnya yang terjadi sewaktu membaca tentang subjek yang abstrak.

Cara Belajar yang sesuai dengan Gaya Tactile Otak Kiri

-

Mencatat point
-point penting atau memberikan catatan khsusu atau data yang tersusun rapi danmudah dipahami.

-

Menyediakan buku-buku dan materi audio visual.

--

Renang Gaya Dada (Chest Stroke)
Merupakan gaya yang paling mudah dan paling cepat untuk dipelajari. Tapi dalam segi kecepatan, gaya ini merupakan gaya yang paling lambat.
1. Gerakan kaki
a. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk)
b. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)
c. Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan ..ini akan menambah daya dorong)
Ulangi langkah a – c di atas

Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini :
1) tekuk, tendang, rapatkan,
2) tekuk, tendang, rapatkan,
dan seterusnya.

Mudah khan !

2. Gerakan tangan
a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel)
b. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah)
c. Luruskan tangan kembali.
Ulangi langkah a – c di atas

Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini :
1) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
2) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
dan seterusnya.

Mudah khan !

3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
- Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
- Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas


Tips :
1) Ketika mulai belajar tangan berpegangan pada pinggir kolam, kemudian gerakkan kaki seperti di atas. Lakukan sampai lancar

2) Kemudian Anda bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan Anda, sehingga Anda bisa menyeberangi kolam dengan menggerakkan kaki dan tangan tetap dipegangi teman Anda. Untuk anak-anak, orang tua / pelatih renang bisa melakukan ini.

Nb.
Kaki seringkali tidak mengapung di permukaan air, melainkan terlalu ke bawah ..hal ini dikarenakan kepala tidak masuk ke dalam air.
Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas.

3) Setelah lancar, maka sekarang kita agak ke tengah kolam. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakkan kaki gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. Lakukan sampai lancar

4) Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakkan tangan. Lakukan 2 atau 3 kali gerakan kaki, kemudian baru gerakkan tangan gaya dada seperti di atas. Begitu seterusnya, lakukan sampai lancar.

5) Setelah cukup lancar, maka mulailah belajar mengambil nafas. Ketika tangan bergerak ke samping, maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas. Lakukan sampai lancar

6) Kemudian berlatihlah lebih ke tengah dan berenang untuk mencapai pinggir kolam. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang.

Setelah lancar, mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas.
Gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas).

--

Renang Gaya Bebas (Crawl Stroke)
1. Gerakan kaki
Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan kaki), tetapi antara kaki dan paha dengan posisi lurus atau dengkul tidak boleh ditekuk. Gerakan ini dilakukan terus menerus.

Perhatikan:
Selama melakukan gerakan ini, kaki dan paha harus selalu dengan posisi lurus. Dengkul tidak boleh ditekuk. Jadi yang bergerak bukan lutut/kaki, melainkan pangkal paha/pinggul


2. Gerakan tangan
a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan agak berdekatan, tetapi tidak perlu menempel)
b. Kemudian tarik tangan kiri ke bawah, terus ditarik sampai ke belakang.
c. Kemudian angkat tangan kiri keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kiri tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kiri agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air).

d. Pada waktu tangan kiri diangkat keluar dari permukaan air, langsung gerakkan dan tarik tangan kanan ke bawah sampai ke belakang -sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah b-.
e. Kemudian angkat tangan kanan keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kanan tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kanan agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air)-sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah c-.

Ulangi langkah b – e di atas


Jadi urutan gerakan tangan gaya bebas :
Posisi Awal Kedua tangan lurus ke depan
- tarik tangan kiri mengayuh ke bawah sampai ke belakang
- setelah tangan kiri selesai mengayuh sampai ke belakang, angkat tangan kiri tersebut ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kiri sejauh mungkin ke depan
- tarik tangan kanan mengayuh ke bawah sampai ke belakang
- setelah tangan kanan selesai mengayuh sampai ke belakang, angkat tangan ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kanan sejauh mungkin ke depan
- begitu seterusnya

Perhatikan
Tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. Ketika tangan kiri selesai mengayuh dan mulai diangkat keluar dari dalam air, tangan kanan langsung masuk ke dalam air dan mengayuh ke belakang, begitu seterusnya.


3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas.
Pengambilan nafas dilakukan ketika tangan kiri sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air, sedangkan tangan kanan akan naik ke permukaan air. Pada saat itulah, gerakkan kepala ke kanan untuk ambil nafas.
Begitu juga bila Anda lebih suka bernafas ke kiri, yaitu dilakukan ketika tangan kanan sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air dan tangan kiri akan naik ke permukaan air.
Ketika mengambil nafas, kepala jangan diangkat ke atas, melainkan hanya menoleh ke samping kanan (atau boleh juga ke kiri ...pilih salah satu yang menurut Anda lebih nyaman)

Tips :
1) Kaki terus bergerak (tidak boleh berhenti), walau ketika sedang mengambil nafas.
2) Tangan kanan dan kiri bergerak terus secara bergantian (tanpa jeda /istirahat).
3) Posisi telapak tangan agak menghadap ke luar ketika akan menyentuh permukaan air. Jadi seolah-olah ujung ibu jari tangan yang menyentuh permukaan air lebih dulu.
4) Ketika kepala menoleh ke kanan (atau ke kiri) untuk mengambil nafas, kemudian langsung secepatnya gerakkan kembali kepala ke dalam air. Jangan menunggu gerakan tangan kanan (tangan kiri) selesai.
5) Agar gaya bebas ini bisa lebih cepat dan gerakannya lebih stabil, pengambilan nafas dilakukan setelah 2 - 3 set gerakan tangan. Jadi jangan sekali gerakan tangan langsung mengambil nafas.

--

Olahraga renang sangat digemari oleh masyarakat dunia termasuk di Indonesia, tetapi sangat disayangkan literatur dan referensi tertulis mengenai olah raga ini masih sangat minim (terutama pada saat blog ini ditulis). Oleh karena itu mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah referensi untuk kita semua, sehingga kita bisa lebih cepat menguasai gaya-gaya dalam berenang maupun untuk memperbaiki gaya renang kita menjadi lebih baik.

Seperti kata pepatah "Tidak ada gading yang tak retak", maka demikian juga dengan tulisan ini. Bila ada kesalahan saya minta maaf, dan mungkin ada yang bisa memberikan komentar untuk memperbaikinya.

Thx


Gaya-gaya Dalam Berenang

1. Gaya Dada (Chest Stroke)
Gaya dada sering juga disebut sebagai gaya katak/kodok. Hal ini mungkin karena gerakan kakinya mirip gerakan katak yang sedang berenang

2. Gaya Bebas (Crawl Stroke)
Gaya bebas, merupakan gaya berenang di luar gaya dada, gaya kupu, dan gaya punggung.

3. Gaya Punggung (Back Crawl Stroke)
Gaya punggung, merupakan gaya berenang di mana wajah dan badan menghadap ke atas dari permukaan air

4. Gaya Kupu (Butterfly Stroke)
Persatuan Renang International (FINA, Federation Internationale De Natation De Amateur) yang dibentuk tahun 1908 semula menetapkan gaya ini adalah variasi gaya dada. Pada tahun 1952, gaya ini baru ditetapkan sebagai gaya tersendiri sebagai gaya kupu-kupu (butterfly stroke).

*

Pegang Tanganku Tuhan
Posted: 23 Aug 2011 06:49 PM PDT
2 Korintus 1:3
Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan

Anda mungkin tidak akan pernah tahu, kapan Anda sangat memerlukan penghiburan dari Tuhan. Saat-saat untuk bisa menapaki hari esok, kita tergantung sepenuhnya hanya pada belas kasihan Tuhan.

Meidy lahir tanpa saluran empedu yang mengakibatkan lever-nya tidak berfungsi dengan baik. Para dokter spesialis anak menawarkan untuk melakukan pembedahan membentuk saluran empedu dan kedua orang tuanya setuju.

Saat ada di atas meja operasi, pembedahan tidak dapat diselesaikan karena menurut dokter, lever Meidy sudah tidak bagus jadi percuma saja jika dilakukan pembedahan. Penyakitnya tidak dapat disembuhkan dan dokter dengan suara sendu hanya mengatakan bahwa anak ini diharapkan akan bertumbuh sendiri tanpa adanya saluran empedu dan lever yang tidak baik.

Ada alternatif lain, yakni dibawa ke luar negeri untuk transplantasi atau cangkok lever yang akan menghabiskan biaya ratusan juta sampai milyaran rupiah.

Ayah ibunya dipenuhi dengan kesedihan besar. Mereka mencari jawaban. Mengapa? Apakah Allah membuat kekeliruan? Apakah mereka mengalami ketidakadilan Tuhan?

Di saat mereka bergumul, Tuhan secara pribadi membawa mereka kepada satu pengertian bahwa ada rencana indah yang Tuhan siapkan bagi anak perempuan mereka. Saat ini mereka belum tahu, apa rencana dan rancangan-Nya. Belum mengerti! Tapi satu hal mereka yakini, Allah baik. Ada rencana dalam kehidupan anak ini, ayah dan ibunya.

Apakah Anda memiliki masalah yang kelihatannya terlalu besar, dahsyat dan tak kuat dihadapi? Letakkan tangan Anda dalam tangan-Nya. Biarlah Allah, sumber segala penghiburan memimpin jalan hidup anda.

--

Silahkan...!!
Posted: 22 Aug 2011 10:10 PM PDT
Mazmur 103:13
Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian Tuhan sayang kepada
orang-orang yang takut akan Dia.

Pernahkah Anda merenungkan, betapa sibuknya Allah kita dalam mengatur alam semesta, sekian milyar penduduk bumi, bekerja dalam segala perkara? Semua dalam skala mega! Luar biasa besar! Dahsyat!

Pernahkah Anda memiliki rasa sungkan waktu mendoakan perkara kecil dan sederhana dalam hidup?

Seorang hamba Tuhan sedang dalam perjalanan menghadiri sebuah pertemuan sebagai pembicara tapi dia harus berhadapan dengan kemacetan yang menjengkelkan. Sebuah doa dinaikkan olehnya agar ditibakan tepat pada waktunya. Ternyata ia tiba beberapa menit sebelum acara dimulai (puji Tuhan). Setibanya di sana, tidak ada lahan parkir yang tersedia, dan dia berdoa lagi. Saat berdiri di muka peserta, komputer yang harus digunakan tiba-tiba bermasalah, doa dinaikkan lagi. Pada penghujung hari, sambil duduk mengerjakan setumpuk urusan yang tertunda, terbesitlah rasa ‘kurang enak' dalam hatinya, mengarah pada rasa bersalah. Sepanjang hari mendoakan hal-hal yang remeh. Bukankah urusan Allah adalah perkara yang besar, yang dahsyat? Buat repot saja?

Keesokan harinya, puteri kecilnya (murid Taman Kanak-Kanak) datang dengan setumpuk masalahnya kepada sang ayah. Semua masalah yang kecil, urusan anak-anak. Pensil yang tidak dapat diserut tajam - rambut boneka kusut tidak bisa disisir - bahkan punggung yang gatal dan putrinya tidak dapat menggaruknya sendiri! Iapun melayani puterinya dengan penuh kasih dan kelembutan. Teringatlah ia akan Mazmur 103:13. Sungguh, seperti apa yang dilakukan kepada anaknya, seperti itu pula yang dilakukan Bapa di Surga untuknya.

Yesaya 49 mengingatkan kita, bahwa bisa saja seorang ibu lupa mengasihi anaknya. Tetapi Allah tidak pernah lupa mengasihi kita anak-anak-Nya. Allah meyakinkan kita, nama kita ada di telapak tangan-Nya. Terukir dan tetap ada di sana.

Kedekatan seperti ini berlaku bagi setiap manusia yang takut dan bersandar hanya pada-Nya. Sama seperti puteri kecil umur 5 tahun datang dengan segudang ‘persoalan', kita juga dipersilahkan datang dengan aneka ragam masalah.

Masalah sehari-hari? Oke!! Masalah kecil dan sederhana? Oke juga!! Masalah kecil yang sangat pribadi - mungkin terkesan remeh? Dengan tersenyum, IA mengangguk manis dan berkata dengan sabar, "Silahkan!"

--

AKU Mengenalmu
Posted: 17 Aug 2011 07:19 PM PDT
Engkau mungkin tidak mengenal-Ku, namun Aku mengetahui segala sesuatu mengenai engkau!!
Mazmur 139:1b
TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku;

Allah mengenal engkau. Bahkan sekalipun engkau tidak mengenal Dia, namun Dia mengetahui segala sesuatu mengenai engkau. Ia tahu bagaimana engkau dibentuk, mengapa engkau dibentuk, dan mengapa engkau melakukan hal-hal yang engkau lakukan. Ia telah menciptakan dan membentuk engkau dalam kasih-Nya yang luar biasa untuk tujuan-tujuan kekal-Nya. Jika seorang montir mobil dapat menjelaskan dengan detail maksud atau tujuan setiap bagian dari rakitan mesin, terlebih lagi Sang Pencipta langit dan bumi mampu menjelaskan setiap karakteristik dari anak-anak-Nya terkasih.

Ia tahu setiap benjolan, setiap memar, dan setiap kegagalan. Ia tahu setiap rasa takut, setiap perasaan tidak mampu, dan setiap mimpi-mimpi kita. Dia sangat mengenal kita, namun sekalipun demikian Dia tetap mengasihi kita tanpa syarat. Pemikiran akan keintiman yang seperti ini dengan Allah menyebabkan kebanyakan dari kita merasa takut. Bagaimana mungkin Allah yang mengetahui siapa saya sesungguhnya namun masih tetap mengasihiku? Perasaan malu-lah yang membuat Adam dan Hawa lari dari hadapan Bapa Yang Maha Tahu dan Maha Melihat. Namun Allah tidak mau kita lari menjauh dari-Nya, sebaliknya Ia mau kita lari mendekat kepada-Nya.

Bahkan sekalipun kita bersembunyi, kita tidak dapat melarikan diri dari tatapan kasih-Nya. Ya, Bapa kita mengenal kita secara intim dan Ia mengasihi kita dengan kasih yang kekal. Kasih-Nya kepada kita lebih tinggi dan lebih dalam, dan lebih luas dibanding semua kasih yang pernah kita alami dalam seluruh hidup kita. Kasih yang sering kita kenal adalah kasih yang bersyarat dan didasarkan pada performa (perbuatan) kita. Namun syukur kepada Allah, karena kasih Bapa bukanlah seperti kasih duniawi, kasih itu sifatnya ilahi dan tidak didasarkan pada kebaikan kita namun didasarkan pada kebaikan dan kasih karunia-Nya. Ya, Bapa-mu mengenal engkau, dan Ia mengasihimu dengan segenap hati.

--

Aku Sangat Mengenalmu
Posted: 19 Aug 2011 11:10 PM PDT
Mazmur 139:1b-3
"......... Engkau menyelidiki dan mengenal aku;
Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku
dari jauh. Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring,
segala jalanku Kaumaklumi."

Anak-Ku yang Tercinta,

Kadang kala kamu merasa tidak ada orang yang mengerti dirimu - tak ada orang yang mengerti ketika kamu gembira dan tak ada yang peduli ketika kamu sedih. Kedua orang tuamu mungkin tampak terlalu sibuk. Guru-gurumu mempunyai permasalahan mereka sendiri. Bahkan kawan-kawanmu tidak tampak mengikuti hal yang sedang kamu rasakan.

Tetapi Aku mengetahuinya. Aku mengenalmu dengan baik sekali! Aku selalu mengenalmu. Aku mengerti segala hal tentang kamu - kegembiraan dan kesedihanmu. Semua pemikiran yang ingin kamu kemukakan, namun tidak dapat kamu kemukakan - Aku mendengarnya, karena aku dapat mendengar hatimu. Aku melihat, Aku mendengar, Aku peduli, Aku mengerti. Datanglah. Bicaralah kepada-Ku sekarang.

Bapa dan sahabatmu....

--

Janganlah Takut
Posted: 20 Aug 2011 09:13 PM PDT
I Petrus 5:7
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang
memelihara kamu.

Anak-Ku yang Tercinta,

Pernahkah kamu pulang larut malam melewati batas waktu yang ditentukan orang tuamu dan kemudian mencoba untuk menyelinap ke dalam? Jika orang tuamu menangkapmu, kamu mungkin akan merasa malu.

Banyak orang mendekati-Ku dengan cara yang sama. Mereka merasa malu, sehingga ketika mereka berdoa, kedengarannya seperti ini: "Oh Tuhan, aku tahu Engkau membenciku. Aku sangat menjijikkan. Engkau takkan mengampuniku." Jika kamu telah berbuat dosa sehingga kamu perlu mengakuinya, katakanlah kepada-Ku. Bereskanlah dengan cara itu, dan kemudian datanglah kepada-Ku dengan penuh keyakinan.

Janganlah takut, Aku adalah Bapa surgawimu. Oleh karena perbuatan yang dilakukan Yesus di kayu salib, kamu bisa datang kepada-Ku dengan keyakinan bahwa Aku akan selalu menerimamu. Aku akan selalu mengampunimu, Aku tahu yang telah kamu perbuat, dan Aku tetap mengasihimu.

Bapamu dan sahabatmu.....


--

Aku Mengasihimu Selama-lamanya
Posted: 22 Aug 2011 04:55 AM PDT
Yesaya 54:10
Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.

Anak-Ku Tercinta,

Aku telah memilihmu untuk menjadi milik-Ku. Aku ingin menjalin hubungan denganmu. Bahkan jika kamu berpaling dari-Ku, bahkan jika kamu membenci-Ku, Aku akan tetap mengasihimu.

Sikap dan kelakukanmu tidak mengubah kasih-Ku terhadapmu. Jika kamu berpaling dari-Ku, atau memutuskan hubungan dengan-Ku. Aku ingin tetap bersamamu. Itu seperti halnya kamu menutup keran. Apakah airnya juga menghilang dari pipa? Tidak, tetapi tetap berada di situ, menunggumu memutar keran lagi. Aku seperti air itu. Aku di sini menunggu. Aku menginginkanmu menjadi anak-Ku. Tiada ketidakpatuhan atau pemberontakan darimu yang bisa mengubahnya.

Aku telah memilihmu, dan Aku tidak menolakmu. Janganlah memisahkan dirimu dari kasih-Ku.

Bapamu yang setia....

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar