Segar banget

Segar banget
bangett

Sabtu, 04 Juni 2011

TEMUKAN IDENTITASMU DALAM TUHAN



POSTED ON FEB 07 , 2011 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt. Denni Arli
Tanggal : 31 January 2011

Genesis 25: 19-28 “Lalu bertambah besarlah kedua anak itu: Esau menjadi seorang yang pandai berburu, seorang yang suka tinggal di padang, tetapi Yakub adalah seorang yang tenang, yang suka tinggal di kemah. 25:28 Ishak sayang kepada Esau, sebab ia suka makan daging buruan, tetapi Ribka kasih kepada Yakub.

Tuhan berjanji kepada Abraham bahwa lewat keturuannya akan lahir Mesias. Hal ini membuat keturunan dari Abraham menjadi penting, karena salah satu dari mereka akan menjadi orang tua daripada Mesias itu. Abraham kemudian melahirkan Ishak. Kemudian Ishak memiliki dua anak Esau dan Yakub, tetapi Ishak lebih sayang kepada Yakub. Hal inilah yang menyebabkan Yakub hidup pahit dan kosong karena kehilangan cinta dan perhatian dari Ishak ayahnya. Yakubpun kemudian mencari identitasnya lewat Rahel. Jaman dulu, seringkali orang menikah bukan karena cinta, tetapi karena status. Yakub berharap bahwa dia akan menemukan identitas baru lewat Rahel, tetapi ternyata dia keliru. Yang dia dapat justru kekecewaan. Sampai akhirnya di Kejadian 32: 22 Yakub bergumul dengan Allah sendiri, dan berkata kepada Tuhan, “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.” Yakub berkata, bahwa selama ini aku mencari identitasku di tempat yang salah. Identitasku hanya dating dari Tuhan sendiri.

Jangan mencari identitas kita dari kekayaan, pujian dan cinta orang lain. Biarlah Tuhan menjadi sumber identitas saudara, karena Tuhan mencintai saudara dan rela berkorban diatas kayu salib untuk saudara dan saya. Sejak dulu dia sudah berkata, “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepadaMulah Aku berkenan. (Markus 1;15).

--

Ciri-Ciri Seorang Raja
POSTED ON JAN 29 , 2011 IN SERMON
RINGKASAN KOTBAH : Pdt. Yoanes Kristianus
TANGGAL : 23 FEBRUARY 2011

Wahyu 22:5 ‘Dan malam tidak akan ada lagi disana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lamput dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya’.

Tuhan rindu untuk kita memerintah bersama-sama. Kotbah Yesus dalam perjanjian baru banyak berbicara mengenai kembali atau Repent pada Kingdom. Kingdom = King Dominion; Repent = Return to Penthouse. Ada dua hal khusus yang menjadi ciri2 seorang raja.

1. Raja punya tongkat, tongkat lambang pemerintah (Mazmur 110:2) ‘Tongkat kekuatanmu akan diulurkan Tuhan dari Sion: memerintahlah di antara musuhmmu’. Tongkat setiap raja berbeda-beda. Tongkat melambangkan talenta, setiap kita memiliki talenta yang berbeda-beda. Tuhan rindu setiap kita mengejar talenta khusus yang Tuhan sudah berikan dan tidak menginginkan atau berusaha menjadi orang lain. Setiap kita pasti memiliki tongkat talenta, tidak ada seorangpun yang dilahirkan tanpa talenta.

2. Raja punya mahkota. Mahkota melambangkan kemuliaan. Tuhan rindu setiap kita
always give the best. Saat kita memberikan yang terbaik maka kemuliaan Tuhan akan menyertai kita. Setiap kita memiliki panggilan dan pekerjaan yang berbeda-beda, tetapi Tuhan rindu kita memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan kita, bukan menurut standard orang lain.

Di akhir jaman ini biarkan kita menggenapi panggilan Tuhan, dan menyatakan keraajaan Allah di bumi ini dengan mengembangkan talenta dan selalu belajar memberikan yang terbaik buat Tuhan dan sesame kita. Amin!

--

BAGAIMANA BERJALAN DALAM PEWAHYUAN
POSTED ON JAN 22 , 2011 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt. Yoanes Kristianus
Tanggal : 23 January 2011

Tahun 2011 mempunyai arti khusus dalam Alkitab. Angka 11 punya arti pewahyuan. Saat manusia menerima pewahyuan dari Tuhan mereka diubahkan. Hari ini biarlah kita belajar bagaimana berjalan dalam pewahyuan. Amsal 29:18 “Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat”

1. Berjalan tanpa kepahitan (Matius 6:15) “Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang. Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu”.
Memasuki tahun 2011 ini biarlah kita belajar mengampuni sesame kita. Mengampuni berarti to release. Tidak mengampuni itu seperti meminum racun, tetapi berharap orang lain yang terkena akibatnya.

2. Mengalami Tuhan secara pribadi (Kolose 1:27) “Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu diantara bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
Biarlah setiap kita tidak menjadi penonton, tetapi ikut mengambil bagian dan mengalami Tuhan secara pribadi

3. Merenungkan Firman Tuhan menjadi hal yang disukai. (Yosua 1:8)”Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu sioang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. Di tahun ini biarlah kita lebih mengambil waktu untuk merenungkan Firman Tuhan dan sungguh2 menjadi kehendak Tuhan. Merenungkan mempunyai arti mencerna Firman Tuhan (Mazmur 119:98).

Di tahun 2011 ini marilah kita bersama-sama mencari pewahyuan dan kehendak Tuhan.

--

Good, but Lost Christians
POSTED ON JAN 02 , 2011 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt Daniel Prayogo
Tanggal : 19 Desember 2010

Ayat bacaan Lukas 15:11-32

Sering kali kita tidak mengetahui kebiasaan atau tingkah laku kita sampai ada orang lain yang mengatakannya kepada kita. Seperti ketika kita berdiri di depan cermin dan melihat diri kita seperti apa yang orang lain lihat. Maka firman Tuhan adalah sebuah cermin untuk kita melihat perilaku kita.

Dalam ayat bacaan di atas diceritakan tentang dua anak yang hilang. Anak bungsu hilang di luar, sedangkan anak sulung hilang di dalam. Dan ketika anak bungsu pulang, bapaknya mengadakan pesta dan ini bukan karena keberhasilan atau kesuksesan si anak bungsu tetapi adalah karena suka cita seorang bapak karena anaknya yang bungsu sudah pulang. Tetapi anak sulung mengetahui adiknya pulang bukan senang melainkan marah kepada bapaknya. Ada dua hal yang dapat kita pelajari dari si anak sulung:
1. Anak sulung memiliki prinsip “earning” atau mendapat karena bekerja
Si anak sulung memprotes kepada bapaknya bahwa dia sudah bekerja tetapi tidak pernah mendapatkan upah. Dengan kata lain dia melihat bapaknya sebagai majikan bukan sebagai bapak. Kita harus belajar untuk tidak menjadi seperti anak sulung. Kita harus tahu bahwa Bapa kita di surga mengasihi kita bukan karena kita tetapi karena Dia mau. Bapa mencintai kita karena kebaikan-Nya dan bukan karena kebaikan kita.

2. Anak sulung kehilangan kesempatan untuk berfellowship dengan bapaknya
Anak sulung marah karena ia tidak bisa berpesta dengan teman-temannya. Anak sulung telah kehilangan hubungan dengan bapaknya. Sering kali kita seperti ini, tidak mencuri Bapa melainkan mencuri berkat-Nya. Anak sulung bekerja untuk bapaknya tetapi hatinya tidak untuk bapaknya. Anak sulung bekerja kemudian merasa berhak yang akhirnya menuntut. Bapa di surga menerima pelayanan kita adalah karena Ia baik dan bukan karena kita. Jangan seperti anak sulung yang sudah merasa melakukan yang terbaik sehingga ia meminta penghargaan dari bapanya.

Dalam ayat 31 dituliskan bapa berkata kepada anak sulung bahwa punyanya adalah punya si sulung dan bahwa mereka patut bersuka cita karena si bungsu sudah kembali. Bapak merangkul anak sulung dengan hatinya. Bapa di surga juga ingin agar kita mendekat dengan hati yang sungguh-sungguh. Jika kita melakukan ini maka tidak akan ada lagi kesempatan kita berkata bahwa Bapa itu tidak adil atau kepahitan dalam hati kita. Mari kita bangun kembali hubungan dengan Tuhan yang bukan berdasar “earning” tapi berdasar pada kasih yang dari Tuhan. Lepaskan pandangan dari kebaikan yang kita lakukan dan berfokus kepada kebaikan dan kasih yang Bapa sudah berikan. Ia mengasihi kita. Ia adalah Tuhan yang sempurna dan tidak kekurangan apapun. Dia memberi dan memberkati kita dari kepenuhan-Nya. Dan kita taat adalah karena kita sudah dipenuhi oleh kasih-Nya. Mari kita keluar dari “self-focus” dan berpindah kepada “God-focus”.

--

Korban
POSTED ON DEC 19 , 2010 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt Peter Adityo
Tanggal : 12 Desember 2010

Ayat bacaan Markus 14:3

Perempuan dalam ayat bacaan di atas sudah melakukan apa terbaik yang bisa dia lakukan dengan mengurapi Yesus dengan minyak. Kitapun juga harus melakukan apa yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk Tuhan.

Pada jaman itu perempuan derajatnya lebih rendah, tetapi mengapa Yesus mengijinkan diri-Nya diurapi? Ini terjadi karena perempuat tersebut memiliki hati yang mau berkorban dengan mengurapi Yesus dengan minyak yang nilainya setara dengan penghasilan selama satu tahun.

Mari kita pelajari mengapa korban sangat penting:
1. Korban adalah bagian dari sebuah ibadah
Daud adalah contoh yang baik dalam memberikan korban. Dia menyembelih lembu ketika membawa Tabut Perjanjian. Kita saat ini tidak perlu memberikan sacrificial offering tetapi mari kita memberikan spiritual offering yaitu persembahan tubuh dan hidup kita sebagai persembahan yang hidup kepada Tuhan.

2. Korban adalah bagian dari kehidupan
Dalam kitab Kejadian diceritakan bahwa Tuhan meminta kepada Abraham untuk mengorbankan Ishak. Abraham sudah bersiap dan bersedia untuk mengorbankan apa yang paling ia sayangi. Tuhan mau Abraham untuk belajar pedihnya ketika kita mengorbankan apa yang kita sayangi untuk Tuhan sama seperti ketika Tuhan mengorbankan Anak-Nya untuk menyelamatkan kita. Tetapi kita juga harus tahu bahwa dibalik pengorbanan kita ada berkat dan sukacita Tuhan yang sudah menanti kita.

--

Teladan Yosua
POSTED ON DEC 04 , 2010 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt Agus Gunawan
Tanggal : 28 November 2010

Ayat bacaan Keluaran 33:11

Yosua adalah salah satu tokoh di Alkitab yang luar biasa karena Alkitab tidak pernah menuliskan kesalahan atau kelemahan Yosua. Dia juga adalah satu-satunya jenderal yang mengalahkan 33 kerajaan. Selain itu Yosua juga memiliki banyak kesamaan dengan Yesus.

Yosua memiliki arti nama yang sama dengan Yesus. Yosua memimpin bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian, seperti Yesus yang memimpin umatnya masuk ke dalam kerajaan surga. Yosua mengajar bangsa Israel untuk percaya kepada firman, seperti Yesus yang juga mengajar untuk percaya kepada Bapa. Yosua dan Yesus adalah agen yang melaksanakan pengampunan dan penghakiman.

Ada tiga hal yang dapat kita pelajari dari Yosua:
1. Yosua cinta hadirat Tuhan Yosua selalu mengikuti Musa ketika bertemu dengan Tuhan dan ketika Musa keluar, Yosua tetap tinggal di kemah tabernakel. Setiap kali Musa selesai bertemu dengan Tuhan mukanya memancarkan cahaya kemuliaan akan tetapi cahaya ini akan pudar setelah beberapa saat. Seperti Daud yang ingin diam di rumah Tuhan seumur hidupnya demikian juga dengan Yosua yang selalu ingin tinggal di kemah tabernakel untuk dekat dengan tabut perjanjian.

2. Yosua memprioritaskan Tuhan
Ketika akan menyeberangi sungai untuk berperang, Yosua berhenti dahulu dan membangun mezbah untuk Tuhan dan membacakan taurat-Nya. Yosua menempatkan Tuhan di atas segala yang dia akan lakukan.

3. Yosua tidak pernah berhenti percaya Tuhan Yosua adalah salah satu mata-mata yang diutus oleh Musa untuk mengintai dan melihat tanah perjanjian. Dia sudah melihat betapa subur dan bagusnya tanah perjanjian itu. Akan tetapi Tuhan membawa bangsa Israel untuk hidup di padang gurun selama 40 tahun, dan dalam waktu itu Yosua tidak pernah berhenti percaya kepada Tuhan bahwa suatu saat ia dan bangsa Israel akan masuk, menduduki dan tinggal di tanah yang sudah dijanjikan Tuhan kepada mereka.

--

Apa rencana Tuhan untuk kita
POSTED ON DEC 04 , 2010 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt Yanto
Tanggal : 21 November 2010

Kita perlu tahu dan sadar bahwa kita sangat berharga di mata Tuhan. Karena itu kita perlu untuk mengerti firman-Nya, sebab tanpa pengenalan dan pemahaman akan firman Tuhan kita tidak akan tahu akan rencana-Nya. Apa rencana Tuhan untuk kita:

1. Agar kita Selamat
Yesus datang ke dunia untuk memulihkan kedudukan kita di mata Bapa. Sejak kejatuhan Adam dan Hawa, Bapa rindu untuk memulihkan hubungan kita manusia ciptaan-Nya dengan Dia.

2. Agar kita diperhatikan
Bapa senantiasa memperhatikan segala aspek kebutuhan dalam kehidupan kita. Selama kita dekat dengan Bapa maka kita akan selalu dipuaskan. Ia tidak pernah tertidur meskipun kita sering tertidur. Bapa bahkan memberkati kita ketika kita sedang tidur. Ia selalu ingin agar kita mengucap syukur dengan pujian dan penyembahan.

3. Agar kita diuji
Sebagai anak Tuhan kita akan mengalami ujian dan pencobaan yang sudah diijinkan oleh Tuhan untuk terjadi dalam hidup kita. Tetapi kita harus juga tahu dan untuk tetap percaya bahwa pertolongan Tuhan akan datang selama kita terus berpegang kepada-Nya.

Mari kita miliki hidup seperti seekor unta yang selalu tunduk dan berlutut kepada tuannya. Mari mulai hidup dan hari kita dengan berlutut di hadapan Tuhan sambil memuji dan mengucap syukur akan anugerah-Nya.

--

Merobohkan Tembok Yeriko (Bag 3b)
POSTED ON NOV 21 , 2010 IN SERMON
Ringkasan kotbah Pdt Agus Gunawan
Tanggal 14 November 2010

Dalam hidup ini dibutuhkan kesabaran. Ada waktu ketika kita menunggu pertolongan dan mujizat Tuhan. Bangsa Israel mengelilingi tembok Yeriko dan pada hari yang ketujuh tembok itu baru roboh karena itu adalah waktu Tuhan. Waktu Tuhan adalah yang terbaik dan jika pertolongan Tuhan belum datang pada hari pertama maka tetaplah percaya bahwa pada hari berikutnya pertolongan Tuhan pasti datang.
Kita harus senantiasa menantikan Tuhan dan mengikut perintah-Nya. Tuhan memerintahkan kepada bangsa Israel untuk memusnahkan seluruh penduduk Yeriko karena yang ada di Yeriko adalah penyembah berhala. Tuhan mau kita menumpas semua berhala dalam kehidupan kita.
Dalam 1 Korintus 5:6 dituliskan bagaimana sedikit ragi dapat merusakkan seluruh adonan roti, jadi jangan biarkan sedikit keduniawian dan dosa mencemarkan seluruh kehidupan rohani kita.
Karena itu kita harus terus percaya bahwa kebaikan Tuhan tidak pernah gagal.
Amin.

--

Apakah buah Roh Kudus?

Jawaban: Galatia 5:22-23 memberitahu kita, “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.” Buah Roh Kudus adalah hasil dari berperannya Roh Kudus dalam kehidupan orang-orang Kristen. Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa setiap orang menerima Roh Kudus pada saat dia percaya kepada Yesus Kristus (Roma 8:9; 1 Korintus 12:13, Efesus 1:13-14). Salah satu tujuan utama datangnya Roh Kudus ke dalam hidup orang percaya adalah untuk mengubah kehidupan itu. Adalah pekerjaan Roh Kudus untuk menyesuaikan kita dengan gambar Kristus, membuat kita menjadi lebih serupa dengan Dia.

Buah Roh Kudus adalah berlawanan dengan perbuatan natur dosa dalam Galatia 5:19-21. “Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu—seperti yang telah kubuat dahulu—bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” Galatia 5:19-21 adalah bagaimana orang-orang, dalam tingkatan yang berbeda, ketika mereka tidak mengenal Kristus dan karena itu tidak di bawah pengaruh Roh Kudus. Natur kedagingan kita yang berdosa menghasilkan jenis-jenis buah (Galatia 5:19-21) dan Roh Kudus menghasilkan jenis-jenis buah (Galatia 5:22-23).

Kehidupan Kristen adalah pergumulan antara kehidupan sesuai natur dosa dan buah Roh Kudus. Sebagai umat manusia yang telah jatuh dalam dosa, kita masih terperangkap dalam tubuh yang menginginkan hal-hal yang berdosa (Roma 7:14-25). Sebagai orang-orang Kristen, kita memiliki Roh Kudus yang menghasilkan buahNya dalam diri kita dan kuasa Roh Kudus tersedia untuk membantu kita menaklukkan perbuatan dari natur dosa (2 Korintus 5:17, Filipi 4:13). Seorang Kristen tidak pernah selalu menang dalam hal selalu menyatakan buah Roh Kudus. Namun demikian, adalah salah satu tujuan dalam kehidupan Kristen untuk secara bertahap mengizinkan Roh Kudus menaklukkan keinginan dosa. Buah Roh adalah bagaimana yang Allah inginkan untuk kehidupan kita … dan dengan pertolongan Roh Kudus, itu bisa terjadi!


--

Riwayat: Billy Graham: Penginjil dan Pimpinan Dewan
- Referensi
- Karya: Rembrandt Menyelesaikan Lukisan Kembalinya Anak Hilang
- Referensi
- Tahukah Anda: Apa Itu Chiaroscuro?

Sumber: www.sabda.org
+ Pengantar __________________________________________________________

Salam sejahtera,

Salah satu tokoh penginjil yang selalu rindu mengobarkan api
keselamatan kepada jutaan orang, baik lewat pekerjaan penginjilan,
khotbah yang dibawakannya, maupun buku-bukunya, adalah Billy Graham.
Karyanya telah tersebar di seluruh dunia dan itu berarti banyak pula
yang berkesempatan dimenangkan melalui karya-karyanya.

Sosok berpengaruh lainnya adalah Rembrandt. Ia telah berhasil
membuat lebih dari enam ratus lukisan lewat tangannya. Hingga
akhirnya, Rembrandt pun menjadi salah satu pelukis Protestan
terkenal pada masanya.

Kisah dan karya kedua figur tersebut diulas di edisi publikasi
Bio-Kristi kali ini, masing-masing dalam kolom Riwayat dan Karya.
Kiranya sajian tersebut dapat memberikan pengaruh kuat dalam
kehidupan kita masing-masing. Semoga melalui kisah hidup dan karya
mereka, kita semakin terdorong untuk lebih giat bekerja bagi
kemuliaan Allah melalui bidang pekerjaan dan pelayanan yang kita
emban saat ini. Tuhan Yesus memberkati.

Pimpinan Redaksi Bio-Kristi,
Kristina Dwi Lestari
______________________________________________________________________

Berdoa bukan saja bertanya.
Berdoa adalah mendengarkan perintah Allah.

Billy Graham -- Penginjil

+ Riwayat ____________________________________________________________
1918 -- sekarang Penginjil, Pengkhotbah

BILLY GRAHAM: PENGINJIL DAN PIMPINAN DEWAN

Riwayat

"Tujuan hidup saya adalah membantu orang lain menemukan hubungan
pribadi dengan Allah, yang saya yakini, hanya melalui pengenalan
akan Kristus." -- Billy Graham

Penginjil Billy Graham benar-benar menerima Kristus saat ia membaca
Markus 16:15: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada
segala makhluk."

Graham telah mengabarkan Injil secara langsung kepada lebih banyak
orang daripada yang pernah dilakukan oleh orang lain di sepanjang
sejarah -- hampir 215 juta orang di lebih dari 185 negara dan
wilayah -- melalui berbagai pertemuan, termasuk Mission World dan
Global Mission. Ratusan juta lebih lainnya telah dijangkau melalui
televisi, video, film, dan internet.

Sejak tampil di muka umum dalam suatu kegerakan di Los Angeles
(1949), dia telah membawa ratusan ribu orang mengambil keputusan
untuk hidup bagi Tuhan -- yang adalah esensi pelayanannya.

Graham dilahirkan pada 7 November 1918, 4 hari sebelum gencatan
senjata mengakhiri Perang Dunia I. Graham dibesarkan di daerah
peternakan susu di Charlotte, Carolina Utara. Tumbuh pada masa
Depresi, dia tidak hanya menemukan nilai suatu kerja keras dalam
peternakan keluarga, tetapi juga meluangkan waktu berjam-jam di
loteng gudang jerami untuk membaca berbagai macam topik buku.

Pada musim gugur 1934, pada usia 16 tahun, Graham membuat komitmen
pribadi kepada Kristus melalui pelayanan Mordecai Ham, seorang
penginjil keliling, yang mengunjungi Charlotte dalam serangkaian
pertemuan kebangunan rohani.

Ditahbiskan pada 1939 oleh sebuah gereja di Southern Baptist
Convention, Graham menerima dasar Alkitab yang kuat di Florida Bible
Institute (sekarang Trinity College di Florida). Tahun 1943, ia
lulus dari Wheaton College di Illinois dan menikahi teman kuliahnya,
Ruth McCue Bell, anak perempuan seorang dokter bedah misionaris,
yang telah menghabiskan 17 tahun hidup pertamanya di Cina.

Setelah lulus kuliah, Graham menjadi pendeta di First Baptist Church
di Western Springs, Illinois, sebelum bergabung dengan Youth for
Christ, suatu organisasi yang didirikan untuk melayani para pemuda
dan tentara selama Perang Dunia II. Dia berkhotbah ke seluruh
Amerika dan Eropa setelah masa perang; mencuat menjadi penginjil
muda yang populer.

Pertemuan akbar di Los Angeles pada 1949 mengorbitkan Graham menjadi
pembicara internasional yang andal. Pertemuan yang dijadwalkan hanya
3 minggu itu diperpanjang hingga lebih dari 8 minggu, dihadiri
peserta yang melebihi kapasitas tenda yang setiap malam didirikan di
kota. Setelah itu, banyak pertemuannya yang waktunya juga
diperpanjang, termasuk pelayanan di London yang berlangsung selama
12 minggu, dan pertemuan di Madison Square Garden, New York, tahun
1957 yang diadakan tiap malam selama 16 minggu.

Pada usia 88 tahun, Billy Graham dan pelayanannya terkenal di
seluruh dunia. Dia telah berkhotbah di desa-desa terpencil di Afrika
dan di jantung kota New York. Mereka yang telah dia layani beragam;
dari kepala negara hingga penduduk desa di Australia dan suku-suku
pengembara di Afrika dan Timur Tengah. Sejak 1977, Graham telah
diberi kesempatan untuk memberikan khotbah misi di setiap negara
yang dulunya masuk dalam blok Timur, termasuk bekas Uni Soviet.

Graham mendirikan Billy Graham Evangelistic Association (BGEA) pada
tahun 1950 yang berpusat di Minneapolis, Minnesota, hingga pindah ke
Charlotte, Carolina Utara, pada 2003. Dia memimpin pelayanannya
melalui BGEA, termasuk:

1. Siaran program radio mingguan, "Hour of Decision", ke seluruh
dunia setiap hari Minggu selama lebih dari 50 tahun;

2. Acara TV yang khusus menampilkan KKR-KKR Billy Graham and
Franklin Graham Festivals yang disiarkan secara rutin lima hingga
tujuh kali setiap tahun pada jam tayang utama di sekitar 150
stasiun di seluruh Amerika dan Kanada;

3. Kolom koran gabungan, "My Answer", yang disusun oleh koran-koran
nasional maupun internasional;

4. Majalah "Desicion", publikasi resmi dari organisasi asosiasinya,
yang sirkulasinya lebih dari 600.000 dan tersedia dalam versi
bahasa Inggris dan Jerman, dengan edisi khusus dalam huruf
Braille dan kaset bagi para tunanetra; dan

5. "World Wide Pictures" yang telah menghasilkan dan
mendistribusikan lebih dari 125 produksi, membuatnya sebagai
salah satu produser evangelistis terkemuka di dunia. Film-filmnya
telah diterjemahkan ke dalam 38 bahasa dan ditonton oleh lebih
dari 250 juta orang di dunia serta dapat ditonton di lembaga
pemasyarakatan di seluruh dunia.

Graham telah menulis 25 buku, banyak di antaranya menjadi buku
terlaris. Riwayatnya, "Just As I Am", yang diterbitkan tahun 1997,
menerima "mahkota susun tiga" (triple crown), yang muncul secara
serentak dalam daftar tiga besar buku terlaris selama seminggu.
Dalam riwayat itu, Graham merenungkan hidupnya, termasuk
pelayanannya ke seluruh dunia yang sudah lebih dari 60 tahun.
Bermula dari kesederhanaannya sebagai anak dari peternak susu sapi
di Carolina Utara, dia membagikan bagaimana imannya yang teguh di
dalam Kristus terbentuk dan membentuk kariernya.

Di antara buku-bukunya yang lain, "Approaching Hoofbeats: The Four
Horsemen of the Apocalypse" (1983), selama beberapa minggu masuk
dalam daftar buku terlaris The New York Times; "How to Be Born
Again" (1977) menjadi buku yang paling banyak dicetak pada cetakan
pertamanya dalam sejarah penerbitan, dengan 800.000 oplah; "Angels:
Gods Secret Agents" (1975) terjual satu juta oplah dalam 90 hari;
dan "The Jesus Generation" (1971) terjual 200.000 oplah dalam waktu
2 minggu pertama.

Gagasan Graham diminati oleh para presiden, dan daya tariknya baik
di arena sekuler dan religius dibuktikan oleh banyaknya orang yang
menghormatinya, termasuk sejumlah doktor kehormatan dari berbagai
institusi di Amerika dan luar negeri.

Penghargaan yang pernah diterima antara lain adalah "Ronald Reagan
Presidential Foundation Freedom Award" (2000) atas kontribusinya
dalam mewujudkan perdamaian; "Congressional Gold Medal" (1996);
"Templeton Foundation Prize for Progress in Religion" (1982); dan
"Big Brother Award" atas usahanya memperjuangkan kesejahteraan
anak-anak. Pada tahun 1964, dia menerima penghargaan "Speaker of the
Year Award" dan namanya diukir di George Washington Carver Memorial
Institute atas kontribusinya dalam menjalin relasi. Dia dikenal oleh
Anti-Defamation League dari B'nai B'rith pada 1969 dan National
Conference of Christians and Jews pada 1971 atas usaha-usahanya
untuk membantu perkembangan pemahaman antaragama yang lebih baik.
Pada Desember 2001, dia dianugerahi "Honorary Knight Commander of
the Order of the British Empire" (KBE) atas kontribusi
internasionalnya terhadap kehidupan warga negara dan agama selama
lebih dari 60 tahun.

Graham secara rutin didaftar oleh organisasi Gallup sebagai salah
satu "Ten Most Admired Men in the World" (10 tokoh paling dikagumi
di dunia), yang menggambarkannya sebagai tokoh dominan dalam
pemilihan itu sejak 1948 -- tampil dalam 48 acara berbeda dan 41
acara berurutan. Dia juga muncul di sampul majalah "Time",
"Newsweek", "Life", "U.S. News", dan "World Report", "Parade", dan
berbagai majalah lain, serta telah menjadi berita utama di berbagai
koran, majalah, dan buku.

Graham dan istrinya, Ruth, memiliki tiga anak perempuan, dua anak
laki-laki, sembilan belas cucu, dan sejumlah buyut. Keluarga Graham
membangun rumah di pegunungan di Carolina Utara bagian barat.
(t/Ratri)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Billy Graham.org
Judul asli artikel: William (Billy) F. Graham: Evangelist and
Chairman of the Board
Penulis: Tidak dicantumkan
Alamat URL: http://www.billygraham.org/mediaRelations/bios.asp?p=1

+ Referensi___________________________________________________________

Berikut ada informasi lain tentang sosok Billy Graham yang bisa Anda
dapatkan di situs e-Misi. Semoga menambah infomasi Anda.

- Kampanye Billy Graham di Los Angeles 1949


+ Karya ______________________________________________________________
1606 -- 1669 Pelukis

REMBRANDT MENYELESAIKAN LUKISAN KEMBALINYA ANAK HILANG

Karya seni yang sempurna, "Kembalinya Anak Hilang", diciptakan oleh
seorang yang paham tentang apa artinya menjadi seorang pemboros.
Melalui karya seninya, ia menunjukkan betapa dalamnya dunia ini
membutuhkan keselamatan. Rembrandt Harmenszoon van Rijn menjadi
pelukis Protestan terbesar -- seorang yang dalam dirinya, iman dan
seni terpadu dengan selaras.

Ia dilahirkan dalam keluarga gereja Reformasi yang amat saleh.
Meskipun orang tuanya menginginkan ia menjadi orang terpelajar,
jelaslah bahwa ia dianugerahi bakat seni lukis. Mengikuti kebiasaan
pada waktu itu, Rembrandt magang pada pelukis yang mapan dan belajar
melukis cerita-cerita Alkitab, peristiwa-peristiwa dalam sejarah,
serta mitologi Romawi dan Yunani. Namun, seni lukis yang ia
kembangkan adalah gayanya sendiri yang agak berbeda. Para pelukis
Protestan lain membatasi lukisan religiusnya pada gambar-gambar yang
ada di Alkitab, dan para pelukis Katolik menggambarkan para santo;
tetapi Rembrandt membuat setiap lukisannya sebagai suatu pernyataan
iman. Ketika orang-orang Protestan menyatakan bahwa Alkitab sajalah
norma agama bagi manusia, Rembrandt memperlihatkan bahwa Kitab Suci
dapat juga menjadi norma bagi seni lukis agamawi.

Pada zaman Rembrandt, orang-orang dalam lukisan-lukisan Alkitab
tampak seperti pahlawan luar biasa, hanya sedikit berbeda dari para
dewa dan manusia setengah dewa seperti yang digambarkan dalam
lukisan-lukisan mitologis. Tidak demikian halnya pada
gambaran-gambaran Rembrandt. Ia menujukkan kemanusiaan sebagaimana
adanya: cacat, berdosa, dan membutuhkan keselamatan. Lelaki dan
perempuan "sesungguhnya" mengisi karyanya, termasuk istri dan
anaknya -- dan juga orang-orang jalanan. Dengan berpakaian seperti
seorang pengemis lesu yang mengenakan sorban, Rembrandt menjadikan
dirinya potret raja Israel yang menakjubkan. Seorang Yahudi tua
digambarkan sebagai Rasul Paulus.

Rembrandt juga menjadikan dirinya sebagai model. Dalam "The Raising
of the Cross", yang menggambarkan dosa manusia, ia membantu menyalib
Kristus. Meskipun ia menciptakan gambar tersebut, pelukis tersebut
tak luput dari kebutuhan keselamatan pribadi.

Kepiawaian menggunakan "chiaroscuro" -- suatu teknik yang
mengontraskan latar belakang gelap dengan cahaya yang menyoroti
figur dalam gambar -- adalah ciri khas karya Rembrandt yang terbaik.
Pekatnya warna gelap sering kali dengan jelas memperlihatkan cahaya
spiritual yang timbul dari dalam modelnya.

Namun, tujuan utama Rembrandt bukanlah untuk menginjili. Ia mencari
nafkah dengan melukis dan karyanya terdiri dari baik yang
"spiritual" maupun "duniawi". Ada karyanya yang meskipun tidak
dimaksudkan menggambarkan suasana keagamaan, namun mengandung
perspektif sang pelukis tentang dunia dan kemanusiaan. Ia melihat
keindahan pada alam ciptaan Allah -- dan ia melihat dengan baik
keindahan dan dosa pada wajah-wajah manusia di hadapannya.

Meskipun seni lukisnya menunjukkan ketulusan Kristen, kehidupan
pribadi Rembrandt tidaklah tanpa cacat. Ia menikahi Saskia, seorang
wanita muda dan kaya, yang meninggal pada tahun 1642. Surat
wasiatnya mengatakan bahwa: jika Rembrandt menikah lagi, seluruh
kekayaannya akan diwarisi anak mereka, Titus. Terhimpit kesukaran
keuangan, sang pelukis tentu merasa bahwa ia tidak dapat
mengorbankan uang warisan. Karenanya, ia menjadikan wanita pengurus
rumah tangganya, Hendrickje, sebagai istrinya di luar nikah.

Rembrandt menurunkan pada gerenasi-generasi berikutnya gambaran unik
Protestan tentang dunia ciptaan Allah. Calvin pernah menyerukan,
"Hanya benda-benda yang sanggup dilihat mata yang harus dilukis."
Mata Rembrandt menciptakan gambar yang memberikan kebenaran.
"Kembalinya Anak Hilang" menunjukkan kemanusiaan Rembrandt, cinta
dan uraian mendalam dan persepsi yang tajam akan hati manusia. Ayah
pemaaf, anak yang menyesal, dan anak sulung dalam pakaian abad
ketujuh belas, semuanya sangat cocok dengan perumpamaan Yesus. Hal
ini mengingatkan akan keabadian dan ketepatan waktu Kitab Suci.

Diambil dan disunting seperlunya dari:
Judul buku: 100 Peristiwa Penting dalam Sejarah Kristen
Judul asli buku: The 100 Most Important Events in Christian History
Penulis: A.Kenneth Curtis, J. Stephen Lang, dan Randy Petersen
Penerjemah: A. Rajendran
Penerbit: BPK Gunung Mulia, Jakarta 2001
Halaman: 98 -- 99

+ Referensi __________________________________________________________

Meskipun pernah mengalami putus kuliah, predikat seorang pelukis
terkemuka di sejarah seni dunia Barat pun berhasil dimilikinya.
Silakan simak artikel di situs Bio-Kristi untuk mendapatkan sisi
lain dari kehidupan dan karya Rembrandt.

- Biografi dan Karya Rembrandt (1606 -- 1669)
==> http://biokristi.sabda.org/biografi_dan_karya_rembrandt_1606_1669

+ Tahukah Anda? ______________________________________________________

APA ITU CHIAROSCURO?
Dirangkum oleh: Yohanna Prita Amelia

Rembrandt merupakan salah satu pelukis yang terkenal dengan gaya
"chiaroscuro"-nya. Chiaroscuro adalah sebuah teknik yang
mengontraskan cahaya dan bayangan dalam sebuah lukisan atau gambar.

Pada awalnya, kata "chiaroscuro" merujuk pada metode lukisan kayu
yang dibuat dari cetakan warna-warna yang berbeda dari beberapa
potongan kayu di atas selembar kertas yang diproduksi pertama kali
pada abad ke-16 di Italia. Ketika membicarakan karya seni dari
Italia, istilah ini terkadang digunakan untuk objek lukisan yang
dilukis dengan mengunakan dua warna, hitam dan putih (monochrome).

Kini, kata chiaroscuro tidak hanya digunakan di dunia seni lukis,
tapi telah diadopsi bidang-bidang lainnya, misalnya fotografi dan
perfilman. Dalam bidang perfilman, chiaroscuro adalah istilah yang
digunakan untuk menggambarkan pencahayaan yang minim untuk
menciptakan daerah gelap dan terang dalam sebuah film, terutama film
hitam putih. Sedangkan dalam bidang fotografi, efek chiaroscuro
terlihat ketika sang fotografer menggunakan teknik "Rembrant
Lighting". Sebuah teknik pencahayaan yang dibuat sedemikian rupa,
sehingga tercipta bayangan segitiga atau bentuk berlian di bawah
mata.

Chiaroscuro juga digunakan dalam sebuah novel anak-anak berjudul
"The Tale of Despereaux" karya Kate Dicamillo untuk nama tokoh --
seekor tikus. Novel ini memenangkan penghargaan "The Newbery Medal"
pada tahun 2004.

--

PAULUS - Penginjil Yang Hebat

Lahir
baru adalah titik balik kehidupan orang percaya. Tidak dapat dimungkiri
bahwa karya Roh Kudus yang luar biasa itu dapat mengubah hidup
seseorang secara drastis, berbalik dari kehidupan lama yang sia-sia,
menuju kehidupan baru yang berkenan di hadapan Tuhan. Demikianlah yang
dialami oleh Paulus, seorang penganiaya orang Kristen yang akhirnya
menjadi penginjil yang hebat.

Mengapa Paulus disebut sebagai seorang penginjil
yang hebat? Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang kelebihan
Paulus dalam dunia penginjilan.

LATAR BELAKANG KEHIDUPAN RASUL PAULUS

Paulus lahir di sebuah keluarga Yahudi yang sangat
menjunjung tinggi Hukum Taurat. Ia adalah seorang yang terpelajar, yang
sejak kecil telah mendapat pendidikan Yahudi. Masa remajanya dihabiskan
di Sinagoge, dan ia pernah belajar di bawah asuhan guru besar Gamaliel.
Sebelum mengenal Kristus, ia adalah penganiaya jemaat, dia juga seorang
yang menyetujui kematian Stefanus.

Ketika dalam perjalanan ke Damsyik, Paulus bertemu
dengan Kristus. Ia tersungkur ke tanah dan matanya buta. Kemudian, ia
dibawa kepada seorang imam yang bernama Ananias. Setelah Ananias berdoa
baginya, ia dapat melihat kembali. Inilah titik balik baginya. Dan
ketika bertobat, ia yang dahulu bernama Saulus, kini bernama Paulus.

Setelah pertobatannya, Paulus tidak langsung terjun
dalam pelayanan. Ia terlebih dahulu menimba pengalaman ke berbagai
daerah, bahkan sampai ke Arab selama kurang lebih sepuluh tahun.
Setelah siap, barulah ia mulai terjun ke ladang pelayanan, di mana
pelayanannya sungguh memberkati banyak bangsa. Hal ini ditandai dengan
berdirinya jemaat-jemaat baru di luar bangsa Yahudi.

KELEBIHAN PELAYANAN PENGINJILAN PAULUS

Pelayanan penginjilan Rasul Paulus menjadi inspirasi
yang tak terbatas bagi para penginjil saat ini. Mengapa dikatakan tak
terbatas? Karena banyak sisi dari pelayanannya yang tidak lekang oleh
waktu, maksudnya prinsip-prinsip penginjilan yang dilakukan abad
pertama dapat pula diterapkan pada abad-abad selanjutnya bahkan sampai
saat ini. Apa sajakah kelebihan pelayanan penginjilan Paulus?

Hati yang mengasihi orang-orang yang belum diselamatkan.

Kerinduan Paulus untuk mengenalkan Kristus kepada
orang-orang yang belum diselamatkan sangat besar. Hal ini terlihat dari
pernyataan-pernyataannya dalam bentuk ucapan syukur kepada
jemaat-jemaat yang teguh berdiri dalam Injil Kristus Yesus (Roma 1:8,
1Korintus 1:14, Filipi 1:3,5, Kolose 1:3).

Kerinduannya itu tidak hanya diungkapkan secara
tertulis saja, tapi sungguh-sungguh dinyatakan dalam kehidupan
pelayanannya. Ia mengunjungi jemaat-jemaat dan memberitakan Injil
kepada orang-orang non-Yahudi, yang tentu saja awam terhadap Injil.

Hati yang sangat mengasihi orang-orang yang belum
percaya, sangat dibutuhkan oleh para penginjil sebagai motivator yang
terkuat dalam pelayanan penginjilan. Inilah salah satu teladan
pelayanan penginjilan Rasul Paulus.

Metode penginjilan yang unik.

Metode penginjilan Paulus unik. Prinsip metode
penginjilannya adalah “gereja kota”. Ia mendirikan
jemaat-jemaat Kristus di kota-kota besar seperti Filipi, Efesus, dan
sebagainya. Setelah jemaat kuat, jemaat itu mengutus Paulus dan
mendukung pelayanannya ke tempat-tempat yang baru. Contohnya, jemaat
Filipi yang mendukung pendanaan perjalanan misi Paulus.

Ia berkhotbah, berkunjung ke rumah-rumah jemaat,
berdiskusi, dan membuat mujizat dalam nama Yesus. Tempat-tempat yang
digunakan untuk memberitakan Injil sangat strategis, yaitu di sinagoge,
di pasar-pasar, di rumah-rumah, dan di tempat belajar (Tiranus).
Bahkan, di penjara sekalipun ia memberitakan Injil dan banyak orang
yang percaya kepada Yesus. Selain itu, ia menulis surat kepada
jemaat-jemaat yang pernah didirikannya, dan surat itu dibacakan
bergantian, sehingga menguatkan iman pembacanya.

Tidak terhalangi oleh fasilitas pelayanan yang terbatas.

Dalam pelayanannya, ia menggunakan jalur darat dan
laut. Ia naik kapal, dan pernah karam. Tetapi kebanyakan ia berjalan
kaki, tujuannya agar ia dapat bertemu langsung dengan banyak orang,
sehingga semakin banyak orang yang mendengar Injil.

Kelebihannya juga ditunjukkan dengan kemandiriannya
untuk membiayai pelayanannya dan tidak mengkomersialkan pelayanannya.
Ia bekerja sebagai pembuat tenda. Walaupun tidak ada fasilitas yang
cukup untuknya, seperti sponsor, alat transportasi, dan lain- lain,
tetapi hal-hal tersebut tidak mengendorkan semangatnya dalam
memberitakan Injil.

Hasil pelayanan yang luar biasa.

Hasil pelayanan Paulus tentu saja dapat dilihat dari
berdirinya gereja-gereja di banyak tempat. Banyak orang (Yahudi atau
bukan Yahudi) yang menjadi percaya kepada Kristus. Tulisan-tulisannya
meneguhkan iman orang-orang percaya dan memberikan pemahaman iman
Kristen yang paling solid dan lengkap.

Kelebihan Paulus dalam pelayanan, bukan semata-mata
karena kamampuannya, tetapi karena kasih karunia Tuhan yang telah
melimpah dalam hidupnya. Dialah Paulus, seorang penginjil yang hebat.

Lalau apa maksud renungan paulus buat kita? banyak orang kristen yang mengira kalau cuma paulus saja yang bisa melakukan pelayanan yang hebat karena paulus memiliki latar belakang yang berintelektual, memang Pada saat Paulus dipanggil Oleh Tuhan, paulus adalah orang yang pintar, Tapi tahukah anda kalau kita bisa bisa melakukan pelayanan yang sama seperti paulus lakukan walaupun latar belakang kita bukan dari sarjana teologia, ataupun orang yang berpendidikan tinggi, dll. ini terbukti dari perkataan Paulus dalam suratnya di 1 korintus 1:25-30

Sebab yang bodoh dari Allah lebih
besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih
kuat dari pada manusia. Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana
keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak
banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak
banyak orang yang terpandang. Tetapi apa yang bodoh bagi dunia,
dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa
yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang
kuat,dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih
Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan
apa yang berarti,supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan
diri di hadapan Allah.Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus
Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan
dan menguduskan dan menebus kita.”
Terkadang kita Merasa tidak mampu untuk melakukan dan memberitakan injilNya Karena Kita melihat kepada Kelemahan2 kita seperti kita tidak pandai bicara, pemalu, pendiam, bodoh. ini juga kan yang dialami oleh Musa Sewaktu Tuhan Mau mengutusnya untuk membebaskan bangsa israel di Mesir, Musa Mengatakan Kalau Dia Tidak pandai Bicara, Tapi Tuhan Mengatakan kalau Dia YAng Akan Menyertai dan mengajar Musa.

Lalu kata Musa kepada TUHAN: “Ah,
Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak dan sejak Engkau
berfirman kepada hamba-Mupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat
lidah.”Tetapi TUHAN berfirman kepadanya: “Siapakah yang membuat
lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat
orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN?Oleh sebab itu, pergilah, Aku akan menyertai lidahmu dan mengajar
engkau, apa yang harus kaukatakan.” (Kejadian 4:10-14)
jadi Anda jangan pernah berkecil hati kalau Anda adalah orang yang Tidak Pandai berbicara Firman Tuhan, Karena Tuhan tidak Hanya memilih orang yang pintar untuk menyampaikan InjilNya (Kabar Baik) Tapi Tuhan Jauh melihat orang yang memiliki hati yang Mau dibentuk. Walaupun seberapa buruknya anda Tapi Yang Tuhan Mau Adalah Sikap Hati Kita Yang Mau dituntun oleh Roh Kudus, Karena Dia Akan Mencurahkan hikmatNya Kedalam Hati kita Sehingga kita Mampu untuk Melakukan Dan memberitakan FirmanNya. Tentu saja Hal ini Tidak Bisa Terjadi Kalau Anda tidak pernah merenungkan firmanNya.

Siapapun Kita Entah Kita Orang Terpelajar Dan Orang Tak terpelajar, Kita Semua Bisa Melakukan Dan Memberitakan FirmanNya. Amin.

--

Kuasa Allah!

Karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, …II Korintus 10:4

Bagaimana Anda menggambarkan Paulus (tokoh favoritku yang ke-2 niy ^_^)? Karena Paulus sering tampil di depan public. barangkali Anda membayangkan Paulus sebagai pria yang memiliki penampilan yang meyakinkan, wajah yang ganteng, dan tentu saja memiliki Kharisma yang kuat. Jika anda membayangkan sosok Paulus seperti itu, Anda keliru besar!

Menurut kitab kuno yang ditulis pada abad ke-3 yang dinamakan “Acts of Paul and Tecla”, ternyata Paulus bukanlah seorang yang memiliki penampilan menarik. Kitab kuno tersebut memberikan gambaran tentang Paulus: tubuhnya kecil dan pendek, rambut dikepalanya tipis, kakinya tidak lurus, dan memiliki tubuh yang lemah. Secara lahiriah Paulus jauh dari kata sempurna. Selain itu, Paulus juga bukan ahli bicara (meski pemikirannya sangat luar biasa), sehingga tidak heran kalau seorang muda yang bernama Eutikhus sampai tertidur lelap mendengar khotbah Paulus, yang membuatnya jatuh dari tingkat ketiga (Kisah para rasul 20:9)


Bandingkan dengan criteria pembicara jaman sekarang. Pembicara yang laris harus punya penampilan menarik, ganteng atau cantik, enak dilihat, enak didengar, punya sense humor, pintar bicara, dsb. Jika diukur dari kriteria tersebut, jelas Paulus tidak masuk hitungan, namun meski demikian pelayanan Paulus sangat efektif. Pengaruhnya sangat luas. Sebagain besar kitab Perjanjian Baru adalah hasil tulisannya. Apa rahasia sukses pelayanannya? Kuasa Allah! Itulah yang membuat sosok yang tidak menarik ini bisa menarik banyak orang datang kepada Kristus.

Jika kita ingin pelayanan kita diberkati Tuhan, ternyata syarat utama bukanlah hal-hal yang bersifat lahiriah. Justru modal utama kita adalah Kuasa Allah. Apa gunanya kita pintar bicara, memiliki penampilan yang menarik, tapi tidak ada kuasa Allah yang menyertai? Itu sia-sia saja. Lalu bagaimana supaya pelayanan kita disertai dengan kuasa Allah? Tentu kita harus intim dan memiliki pengalaman pribadi dengan Kristus setiap hari.

Bukan penampilan lahiriah yang terpenting, tapi kuasa Allah yang menyertai.

--

Lepas dari Ikatan

Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa. Efesus 5:11

Apakah anda memiliki jenis keterikatan tertentu yang sampai hari ini membuat Anda tidak bisa maksimal? Entahkah itu pornografi, kata-kata kotor, dosa-dosa seksual, merokok, berjudi, menjadi alkoholik, atau bahkan mengkonsumsi obat-obat bius. Saya yakin bahwa kadangkala Anda sendiri ingin lepas dari segala bentuk keterikatan tersebut, Cuma masalahnya hal tersebut sepertinya susah untuk dilakukan. Lalu bagaimana caranya supaya kita benar-benar dimerdekakan dari segala keterikatan tersebut?

1.Menyadari bahwa segala bentuk keterikatan tersebut adalah dosa, bukan sekedar masalah.


Jika kita sendiri tidak menganggap bahwa hal-hal itu adalah dosa, kita juga tidak akan pernah bisa lepas. Kadang-kadang untuk memberi rasa “sejahtera dan damai”, kita menganggap bahwa hal-hal itu bukan dosa, bahwa itu sekedar masalah. Tentu saja ini adalah cara pandang yang keliru yang perlu kita luruskan.


2.Putuskan untuk melakukan segala bentuk keterikatan tersebut secara total dan radikal.


Beberapa ahli memberikan nasihat bahwa untuk bisa lepas dari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti itu kita perlu menguranginya secara bertahap. Misalnya, yang biasanya bertaruh milyaran, sekarang dikurangi menjadi jutaan dst. Yang biasa minum alcohol berapa botol, sekarang cukup setengah botol, dan seterusnya sampai tidak minum lagi. Pada kenyataannya hal tersebut susah untuk dipraktekkan. Jika memang kita ingin berhenti dari kebiasaan buruk tersebut, kita harus melakukannya secara total dan radikal. Gambaran sederhananya seperti ini, jika kita ingin memotong ekor anjing, kita harus memotongnya sampai ke akar ekor tersebut. Sekali dan selesai. Bayangkan jika kita memotong ekor anjing setiap hari satu cm, bulan depan satu cm, atau secara bertahap, betapa menyakitkannya. Memutuskan ikatan dosa juga seperti itu, perlu tindakan total dan radikal.

Dosa adalah dosa, dosa bukanlah sekedar masalah.

Katakan “Tidak”

Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Yakobus 4:4

Kultur masyarakat jawa pada umumnya, yaitu merasa sungkan untuk menolak atau berkata tidak. Akibatnya, apapun yang diminta, apapun tawaran yang diberikan, atau apapun ajakan yang datang kepadanya tidak bisa ditolak. Karena akan merasa bersalah jika berkata tidak, akhirnya dengan terpaksa ia melakukan sesuatunya yang sebenarnya tidak sesuai dengan kehendaknya dan hati nuraninya. Ia mengorbankan dirinya sendiri untuk hal-hal keliru.

Kultur seperti itu sebenarnya perlu dikikis, karena perasaan sungkan ini biasanya berasal dari kebutuhan untuk diterima dan ketakutan untuk ditolak. Ada saatnya kita harus berani berkata tidak, tanpa merasa bersalah. Ingatlah bahwa tidak semua tawaran yang datang kepada kita harus kita terima. Jika memang tawaran atau ajakan itu tidak sesuai dengan prinsip hidup yang kita anut, terlebih lagi tidak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan kita harus berani dengan tegas menolaknya tanpa kompromi sekali.

Berani berkata tidak untuk ajakan dosa justru akan mendatangkan respek bagi diri kita sendiri. Hal ini justru menunjukkan “nilai” kita yang sebenarnya. Jangan takut untuk ditolak karena sikap tegas yang kita ambil. Memang ada kalanya kita mengalami penolakan dari mereka yang merasa tidak “sealiran” dengan kita. Namun biasanya, mereka justru akan lebih menghargai sikap yang memegang prinsip teguh seperti ini.

Semakin kuat kita memegang prinsip kebenaran Firman Tuhan dan tidak mau kompromi sedikitpun dengan dosa, semakin bernilai hidup kita. Baik dihadapan Tuhan, dihadapan iblis, dihadapan sesame, bahkan diri kita sendiri. Di tengah-tengah dunia yang penuh dengan kompromi seperti ini, bisakah kita sebagai orang percaya memiliki prinsip hidup yang berbeda dari orang kebanyakan? Katakan “tidak” tanpa perlu merasa bersalah untuk setiap ajakan dosa, sebab hal itu menunjukkan identitas kita yang sebenarnya sebagai orang percaya.

Katakan “tidak” tanpa perlu merasa bersalah untuk setiap ajakan dosa.

--

Adalah seorang jenderal yang selalu tunduk dan mencintai negaranya, bahkan di saat sang kaisar telah meninggalkan tampuk kepemimpinan negara, ia tetap berjuang untuk negara itu. Saat terjadi pemberontakan dan beberapa jenderal berkhianat untuk mengambil alih negara itu, ia berdiri sendiri untuk melawan mereka, seharusnya ada anak buahnya yang mau berkorban bersama dirinya, akan tetapi ia tidak menghendaki hal itu terjadi, ia berangkat sendiri ke medan perang dan membela pedang tanda tampuk kepemimpinan itu sendirian hingga titik darah penghabisan.
Jika seseorang mencintai sesuatu bukan hanya karena emosi, tetapi sudah mendarah daging, maka ia pasti rela melakukan apapun untuk “sesuatu” itu, termasuk mati. Hal itu juga yang dilakukan oleh seorang Saulus (Rasul Paulus) saat ia bertemu dengan Yesus, ia tidak lagi menganggap dirinya itu miliknya, tapi milik kristus, jadi tidak ada satupun yang ia cintai melebihi Tuhannya. Demikianlah seharusnya kita hidup di jaman akhir ini. Memang kadang tidak mudah untuk mencintai Tuhan dengan segenap hati dan dengan segenap keberadaan kita, karena tantangan yang datang pasti bertubi-tubi, tapi justru itulah yang dituntut dari hidup kita oleh-Nya. Ia tidak mau kita hidup setengah-setengah untukNya, saat kita bilang Tuhan aku mencintaiMu, maka Ia mengharapkan sepenuh hati kita untuk menjadi miliknya.
Bukan berarti kita tidak boleh menikah, atau mempunyai harta lebih, melainkan dimana kita melekatkan hati kita, Itu masalahnya. Pada Tuhan atau yang lain? Jika suatu saat Tuhan memintanya dari kita, sama pada saat ishak diminta Abraham, apakah kita sanggup bersikap sama seperti Abraham? Itulah yang ingin Tuhan tekankan pada diri kita, Dirinya harus menjadi No 1 di hidup kita bukan yang lain.
If Jesus Christ Had Died For Me, Then No Sacrifice Can Be Too Great For Me To Make For Him.

--

John Mott
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belum Diperiksa


Mott pada tahun 1910
John Raleigh Mott adalah seorang tokoh penginjilan di kalangan mahasiswa di berbagai universitas di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.[1] Mott dikenal juga sebagai tokoh ekumene dunia karena turut berperan dalam pembentukan "Dewan Gereja se-Dunia" (World Church Organization).[2][1]
[sunting]Riwayat Hidup

Mott dilahirkan tanggal 25 Mei 1865 di Livingston Manor, New York, Amerika Serikat.[3] Ketika ia berusia 2 tahun, ayahnya, John Stitt Moot beserta seluruh keluarganya pindah ke Postville, Iowa.[3] Ia mulai bergabung ke dalam Gereja Metodis pada usia 13 tahun.[3] Tahun 1881, Mott belajar di Universitas Upper Iowa.[1] Setelah itu, Mott melanjutkan studi ke Universitas Cornell, dan di sinilah ia memulai pekerjaan pekabaran Injil. [1] Mott masuk ke Universitas Cornell pada tahun 1885, tepat ketika usianya beranjak 20 tahun. [3] Di universitas ini jugalah Mott terpilih sebagai wakil ketua "Asosiasi Pemuda Kristen" (Young Men Christian Association) cabang Cornell.[1] Setelah tamat dari Cornell, ia menjadi sekretaris "Asosiasi Pemuda Kristen" Amerika Serikat dan Kanada.[1] Ia mengunjungi seluruh universitas dan perguruan tinggi di kedua negara tersebut.[1] Mott dikenal sebagai tokoh ekumene dunia karena turut berperan dalam pembentukan "Dewan Gereja se-Dunia" (World Church Organization).[4][1]

--

Meruntuhkan Tembok Yeriko (Bag 1)
POSTED ON OCT 23 , 2010 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt Agus Gunawan
Tanggal : 17 Oktober 2010

MeruntuhkanTembok Yeriko (Bag 1)

Ayat bacaan Ulangan 8:18

Tuhan sudah menjanjikan kepada bangsa Israel sejak jaman Abraham bahwa bangsa Israel akan menempati dan tinggal di tanah yang subur akan susu dan madu, tanah perjanjian. Mengetahui akan janji ini bangsa Israel sudah menjadikannya sebagai impian mereka selama mereka tinggal sebagai budak di tanah Mesir bahwa pada suatu hari mereka akan menempati tanah perjanjian tersebut.

Ketika mereka sudah keluar dari tanah Mesir dan akan memasuki tanah perjanjian, mereka harus melewati halangan pertama yaitu kota Yeriko dengan temboknya yang kokoh. Kota Yeriko memiliki dua tembok yang tebal dan tinggi yang kelihatannya tidak mungkin untuk ditembus.

Tembok Yeriko ini juga bisa melambangkan tantangan, halangan, masalah atau kesulitan yang kita hadapi saat ini. Tetapi kita harus belajar seperti bangsa Israel pada waktu itu yang dipimpin oleh Yosua untuk taat dan percaya bahwa bersama Tuhan kita akan mampu meruntuhkan tembok apapun yang ada di hadapan kita. Tembok itu hanya bisa diruntuhkan dengan iman, dan pada bagian pertama ini akan kita pelajari dua hal yang dapat kita lakukan untuk meruntuhkan tembok dengan iman:

1. Awali dengan pujian (Yosua 5:13-15)
Melihat tembok Yeriko, Yosua sadar bahwa ia tidak memiliki orang-orang yang memiliki pengalaman berperang. Ia juga tidak memiliki senjata yang dapat dipakai untuk berperang. Yosua sadar sepenuhnya bahwa ia membutuhkan Tuhan dan ia mau mencari dengan penuh pujian Tuhan. Ketika kita mencari Tuhan dengan pujian, Tuhan akan mengijinkan kita untuk menemukan-Nya.

2. Berserah / ketaatan total
Tuhan memerintahkan kepada Yosua untuk mengumpulkan imam-imam dan berjalan mengelilingi tembok Yeriko satu kali selama enam hari berturu-turut dengan tidak mengeluarkan sepatah katapun ditengah teriakan dan mungkin cemooh dari penduduk Yeriko. Seringkali apa yang diperintahkan Tuhan kepada kita sangat sederhana bahkan cenderung tidak masuk di akal, tetapi inilah yang Tuhan inginkan dari kita ketaatan total kepada perintah-Nya.

--

MeruntuhkanTembok Yeriko (Bag 2)
POSTED ON OCT 30 , 2010 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt Agus Gunawan
Tanggal : 24 Oktober 2010

Ayat bacaan Yosua 6:16 & 2 Korintus 10:4

Senjata yang digunakan oleh bangsa Israel untuk masuk ke kota Yeriko adalah senjata yang Tuhan berikan dan itu bukanlah senjata duniawi. Tetapi senjata yang Tuhan berikan adalah senjata yang diperlengkapi kuasa Tuhan yang sanggup untuk meruntuhkan banteng atau tembok apapun juga. Ada dua senjata yang diberikan Tuhan:

1. Senjata firman
Selama enam hari bangsa Israel mengelilingi tembok Yeriko tanpa mengeluarkan sepatah katapun, tetapi pada hari yang ketuju mereka bersorak dan memperkatakan firman Tuhan. Alkitab tidak mencatat perkataan yang mereka keluarkan, akan tetapi dengan iman kita boleh meyakini bahwa bangsa Israel memperkatakan kebesaran, kedahsyatan, kemurahan, keagungan dan kekuatan dari Tuhan yang mereka sembah. Perkataan firman adalah senjata yang merobohkan tembok Yeriko, perkataan firman jugalah yang akan merobohkan “tembok Yeriko” kita. Firman Tuhan adalah senjata yang kita gunakan untuk menyerang dan menghancurkan tembok di depan kita.

2. Senjata pujian dan penyembahan
Selama enam hari bangsa Israel tidak berkata-kata, tetapi pada hari yang ketuju para imam meniupkan sangkakala yang kemudian diikuti oleh teriakan bangsa Israel. Sangkakala dan teriakan bangsa Israel menandakan pujian dan penyembahan mereka kepada Tuhan dan pada saat mereka memuji dan menyembah Tuhan maka malaikat-malaikat Tuhan juga ikut membantu dan mengelilingi tembok Yeriko. Sangkakala diambil dari tanduk domba jantan, dan ini adalah pengorbanan. Setiap penyembahan selalu disertai dengan pengorbanan. Ketika kita lelah, sakit atau mengantuk marilah kita tetap melakukan pujian dan penyembahan kita kepada Bapa, maka Bapa pasti akan menolong kita merobohkan “tembok Yeriko” kita.

--

Identitas & Tujuan Hidup Kita di Bumi
POSTED ON NOV 13 , 2010 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt Yoanes Kristianus
Tanggal : 7 November 2010

Kata kingdom berasal dari kata king dan dominion yang artinya raja yang berdaulat. Ini berarti kehendak Tuhan diaktifkan di dalam kehidupan sehari-hari kita baik itu di pekerjaan, pikiran kita. Dalam Markus 1:14-15 dituliskan bagaimana kehendak Tuhan dinyatakan di dalam hidup kita.

Kotbah-kotbah Yesus adalah tentang kerajaan Allah. Ia mau agar kita kembali kepada kerajaan Allah (Kisah Para Rasul 1:3).

Lalu pertanyaannya adalah siapakan kita? Kembali kepada tujuan dari jati diri kita secara komunitas, yaitu gereja. Gereja-gereja dipanggil untuk memerintah dan dalam Wahyu 5:10 ditulskan identitas kita yang sebenarnya. Kita adalah milik Tuhan yang sudah dibayar lunas. Wahyu 20:6 adalah identitas kita di dalam kerajaan 1000 tahun dan Wahyu 22:5 adalah identitas kita di kekekalan atau Yerusalem baru.

Kemudian kita adalah anak Raja, maka kita juga harus memiliki ciri-ciri raja:
1. (Matius 5:5) Memiliki karakter raja segala raja
Kita mempunyai otoritas anak Raja yang berarti kita juga memiliki kuasa anak Raja, tetapi kita juga harus memiliki kerendahan hati yang juga lemah lembut.

2. (Kejadian 1:28) Menaklukan bumi
Sebagai anak Raja kita juga harus mengelola bumi dengan baik agar teratur dan damai sejahtera. Kita adalah pemilik jadi cintailah bumi. Mulailah dari sekeliling kita, tetangga kita, kota kita karena jika kita mensejahterakan kota kita maka tidak akan ada kemiskinan dan kejahatan.

-

MeruntuhkanTembok Yeriko (Bag 3)
POSTED ON NOV 06 , 2010 IN SERMON
Ringkasan Kotbah : Pdt Agus Gunawan
Tanggal : 31 Oktober 2010

Ayat bacaan Yosua 6:10

Yosua memerintahkan kepada bangsa Israel untuk tidak mengeluarkan sepatah katapun selama mereka mengitari tembok Yeriko. Mengapa ia memberikan perintah seperti itu? Itu dilakukan agar bangsa Israel tidak mengeluarkan perkataan padang gurun dan bahasa Mesir, seperti yang dilakukan oleh orang tua mereka. Perkataan menggerutu, berkelahi, tidak puas dan sebagainya yang tidak berkenan dihadapan Allah.

Tuhan memberikan mulut kepada kita untuk kita melakukan mujizat dan perkara-perkara yang ajaib. Mulut kita harus selalu memperkatakan perkataan iman. Mulut kita harus menjauhi perkataan yang menggerutu dan protes.

Mari kita mulai berhenti menggerutu. Terkadang dalam hidup ini Tuhan mengijinkan perkara-perkara kecil yang tidak enak untuk terjadi dalam hidup kita, tetapi hendaklah kita selalu mengeluarkan perkataan yang manis dan ucapan syukur dan perkataan iman dan pengharapan akan pertolongan dan anugrah Tuhan.

Jika kita ingin merobohkan “tembok Yeriko” maka kita harus berhenti total dari perkataan kotor yaitu perkataan yang tidak beriman, pahit, amarah, gossip dan gerutu) dan mengeluarkan perkataan yang membangun.

--

Tiga Tingkat Pertumbuhan Rohani"
Pembicara: Pdt. Amos Hosea,MA (Dosen STT Petamburan, Jakarta)
Tanggal 22 Februari 2009 Ibadah Raya III
Ayat Alkitab: 1 Korintus 2:14

Tuhan Yesus menghendaki agar kehidupan rohani kita bertumbuh. Kehidupan rogani kita akan bertumbuh jika kita mengerti dan memahami kebenaran Firman Tuhan. Pada sore ini kita akan belajar Firman Tuhan bahwa ada tiga tingkatan pertumbuhan rohani.
Tiga tingkat pertumbuhan rohani itu yaitu:
1. Manusia Jiwani
(1 Korintus 2:14).Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.
Ciri-ciri dari akhir jaman adalah banyaknya bermunculan navbi-nabi palsu dan ajaran sesat. Agar kita tidak mudah disesatkan oleh ajaran sesat, maka kita harus bertumbuh di dalam Kristus. Orang-orang Kristen yang duniawi tidak mengalami perkara-perkara yang rohani.
Perkara-perkata rohani tidak dapat dipahami dengan akal pikiran kita, hanya orang-orang yang sudah mengalami lahir baru yang dapat memahami perkara-perkara rohani. Manusia yang belum mengalami kelahiran baru, mata rohani mereka dibutakan oleh ilah-ilah jaman ini (Yohanes 8:43-44; 2 Korintus 4:3; Yohanes 16:8-9).
2. Manusia Kedagingan (1 Korintus 3:1)
Manusia duniawi disebut juga sebagai manusia kedagingan. Type orang Kristen yang masih kedagingan adalah masih hidup dalam dosa. Manusia duniawi adalah orang Kristen yang belum dewasa di dalam Kristus. Oleh sebab itu kita harus mempunyai komunitas yang sehat, karena pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik (1 Korintus 15:33).
3.Manusia Rohani (1 Korintus 2:15-16)
Agar kita dapat menjadi manusia rohani, maka kita harus:
a.Menerima "makanan" yang keras (1 Korintus 3:2)
b.Menyalibkan daging kita setiap hari (Galatia 5:24)
c.Menuruti kehendak Roh Kudus (Galatia 5:16)
Fokus hidup kita akan menentukan apa yang akan kita dapatkan. Untuk dapat menjadi pengikut Kristus yang berhasi;, kita harus menjadi manusia rohani.
Kalau hidup kita hanya fokus pada Kristus, maka kita akan menjadi orang-orang yang lebih dari pemenang (Roma 8:37).
"Hidup Dalam Perubahan"
Pembicara: Pdt. Agus Lutan
Tanggal 15 Februari 2009 Ibadah Raya III
Ayat Alkitab: 1Tawarikh4:9-10

Yabes>br> Hal yang paling sangat hakiki dalam hidup kekristenan adalah perubahan.Kata perubahan dalam bahasa yunaninya adalah metonia.Orang yang bertobat adalah orang yang berubah atau mengalami perubahan. Sekalipun hidup kita masih mengalami perubahan, namun Allah kita adalah Allah yang tidak pernah berubah dahulu, kemarin, hari ini bahkan sampai selama-lamanya.
Allah kita adalah Allah yang sangat ahli dalam membawa perubahan. Tokoh dalam Alkitab yang sangat berhasil dalam menjalani perubahan adalah Yabes (1Taw 4:9-10) bagi orang Yahudi nama memiliki arti yang sangat penting.Nama Yabes sendiri artinya kesakitan,kelemahan atau kekurangan karena ibunya melahirkan dia dalam keadaan sakit tetapi ada hal yang sangat luar biasa yang dilakukan Yabes sehingga ia tidak menerima begitu saja keadaannya tetapi mau berubah.
Ada 3 rahasia yang harus kita lakukan untuk mengalami perubahan :
1. mempunyai tujuan (destination)
orang yang tidak bisa berubah adalah orang tidak mempunyai tujuan.Orang yang mempunyai tujuan pastilah hidupnya mengalami perubahan.1 hal yang menghalangi perubahan adalah kesombongan.Orang yang sombong adalah orang yang tidak bisa menerima kritik atau dinasehati,karena ia merasa dirinya paling benar tidak pernah salah dan paling pintar. Selama ini ada 2 hal yang sering membuat istri merasa disakiti yaitu : a.suaminya selingkuh dan b. kata-kata kasar dari suaminya.Kata-kata kita mempunyai power jadi berhati-hatilah terhadap perkataan yang kita ucapkan.
2. mempunyai tekad yang kuat
perubahan itu terjadi dalam diri sendiri.kita harus menjadi orang yang tidak mudah menyerah pada keadaan.Yabes adalah orang yang tidak mudah menyerah pada keadaannya, ia mempunyai tekad yang kuat agar ia dapat berubah.1 hal lagi yang menghalangi kita mengalami perubahan adalah kemapanan. orang yang merasa mapan atau settle dan merasa sangat puas dengan keadaannya kadang merasa tidak perlu berubah.kalau kita mempunyai tekad yang kuat berubah kita pasti akan berubah.
3. datang kepada Tuhan
untuk kita dapat berubah kita harus datang kepadaTuhan.Ijinkan Tuhan memproses hidup kita mengalami perubahan dan nama Tuhan dipermuliakan.Di dalam 2 Kor 3:18 dikatakan bahwa untuk kita mengalami perubahan kita harus membuka selubung atau topeng di dalam hidup kita atau kata lain kita jangan hidup dalam kemunafikan.
"Menjadi Maria-maria di Akhir Jaman"
Pembicara: Pdt. Kristina Faraknimella
Tanggal 08 Februari 2009 Ibadah Raya I
Ayat Alkitab: Lukas 10:38-42

Tahun ini adalah tahun mujizat yang kreatif. Ada satu perkara yang Tuhan ingin kita lakukan dengan sungguh, yaitu kita harus berbuah lebat melalui keintiman dengan Tuhan, dalam hal ini kita harus menjadi "Maria" di akhir jaman.
Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menjjadi Maria akhir jaman:
1. Lukas 10:38-42:
Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku."
Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."
Maria duduk dekat kaki Tuhan dan terus menerus mendengar perkataan Tuhan Yesus.
Kita harus banyak tinggal dalam hadirat Tuhan, dengan cara ini, kita dapat terus fokus mendengarkan suara Tuhan. Tuhan mau agar kita terus menerus mendengarkan suara Tuhan, jangan biarkan masalah, berkat bahkan pelayanan mengalihkan perhatian kita sehingga kita tidak fokus mendengarkan suara Tuhan.
Jam doa kita juga harus ditambah agar roh kita senantiasa menyala-nyala untuk melayani Tuhan. Kita juga harus selalu mengucap syukur agar kita mengalami kemenangan. Di saat kita mengalami kemenangan, maka kita akan berada di bawah "Open Heaven" (Surga terbuka).
Ada tiga hal yang harus dilakukan untuk mengalami "Open Heaven", yang biasa disingkat 3 P:
1.Praise it down (Memuji Tuhan sampai sesuatu terjadi). Ketika kita memuji Tuhan, ada damai sejahtera dan sukacita mengalir dalam hidup kita.
2. Pray it down (Berdoa sampai sesuatu terjadi). Kita berdoa, tetapi bukan kehendak kita yang jadi. Kehendak Tuhanlah yang terjadi, kita hanya berusaha.
3. Pull it Down (Menarik janji Tuhan) melalui perkataan kita. Perkatakanlah perkataan yang sesuai dengan Firman Tuhan dan perkatakan hal yang positif.
Matius 26:6-13. Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan. Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: "Untuk apa pemborosan ini? Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin."
Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."Kita harus seperti Maria yang mengerti isi hatinya Tuhan. Maria tahu bahwa Tuhan Yesus akan berkorban di kayu salib, oleh karena itu ia mengurapi kaki Yesus dengan minyak narwastu yang mahal harganya.
Yohanes 11:20- Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah.
11:21 Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. 11:22 Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya." 11:23 Kata Yesus kepada Marta: "Saudaramu akan bangkit." Kata Marta kepada-Nya: "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman."
Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"
Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia." Dan sesudah berkata demikian ia pergi memanggil saudaranya Maria dan berbisik kepadanya: "Guru ada di sana dan Ia memanggil engkau."
Mendengar itu Maria segera bangkit lalu pergi mendapatkan Yesus. Tetapi waktu itu Yesus belum sampai ke dalam kampung itu. Ia masih berada di tempat Marta menjumpai Dia. Ketika orang-orang Yahudi yang bersama-sama dengan Maria di rumah itu untuk menghiburnya, melihat bahwa Maria segera bangkit dan pergi ke luar, mereka mengikutinya, karena mereka menyangka bahwa ia pergi ke kubur untuk meratap di situ. Setibanya Maria di tempat Yesus berada dan melihat Dia, tersungkurlah ia di depan kaki-Nya dan berkata kepada-Nya: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati." Ketika Yesus melihat Maria menangis dan juga orang-orang Yahudi yang datang bersama-sama dia, maka masygullah hati-Nya. Ia sangat terharu dan berkata: "Di manakah dia kamu baringkan?" Jawab mereka: "Tuhan, marilah dan lihatlah!" Maka menangislah Yesus. Kata orang-orang Yahudi: "Lihatlah, betapa kasih-Nya kepadanya!" Marta dan Maria mengucapkan kata yang sama, tetapi Maria sebelum berkata, tersungkur di kaki Yesus. Kita harus banyak tersungkur, kita harus banyak menyembah Tuhan. Menyembah Tuhan punya dua arti:
1.Arti sempit: Menyembah dengan kata-kata
2.Arti Luas: Menyembah Tuhan melalui kehidupan sehari-hari yang taat terhadap Firman Tuhan dan melakukan kehendak-Nya.
"Miskin Di Hadapan Allah"
Pembicara: Pdt. Suryadi Soenarko
Tanggal 01 Februari 2009 Ibadah Raya III
Ayat Alkitab: Kejadian 26:12-13

Ishak menjadi kaya bahkan kian lamamenjadi sangat kaya, itu terjadi karena Ishak pernah dijadikan miskin di hadapan Allah. Arti miskin adalah tidak punya sesuatu untuk mencukupi kebutuhan. Dan miskin di hadapan Allah adalah orang yang menganggap Allah lebih dari segalanya dan yang berkata walaupun aku memiliki banyak teman tetapi tidak ada gunanya kalau Allah tidak menyertai aku.
Allah mengijinkan kita menjadi miskin di hadapanNya supaya Dia mudah memberkati kita. Pada saat kita kita menjadi miskin di hadapan Allah, kita menjadi bergantung pada Allah. Musa adalah tokoh yang diandalkan dan bangsa Israel sangat tergantung pada Dia. Ada masa dalam hidup ini ketika sesuatu yang kita andalkan "mati". Allah ijinkan Musa mati di perjalanan agar bangsa Israel miskin di hadapan Allah.
Agar Allah dapat bekerja dalam hidup kita, kita harus miskin seperti anak kecil yang tidak punya apa-apa. Kalau kita miskin di hadapan Allah maka kita akan memiliki kerajaan Allah. Seperti Musa yang sangat terkemuka di Mesir sebagai anak pangeran, tetapi ia tahu bahwa tanpa Allah yang menyertainya, semua itu tidak ada gunanya. Kerajaan Surga bukan cuma menyangkut hal-hal yang akan datang saja, tetapi juga masa kini. Dan kerajaan surga adalah Yesus sendiri, bila Tuhan Yesus hadir maka kerajaan surga akan hadir juga.
Kalau kita punya kerajaan surga dalam hidup kita, kita tidak akan tergoncangkan denganb keadaan-keadaan yang sulit. Sekalipum kita menghadapi masalah yang sangat sulit, Allah pasti tolong kita, Dia tak akan tahan melihat penderitaan kita. Kalau kita membuka hati untuk Allah maka kita akan memiliki kerajaan surga
"Pesan Tuhan di Tahun 2009"
Pembicara: Pdt. Budi Cahyadi
Tanggal 01 Februari 2009 Ibadah Raya I
GBI Intercon, Meruya- Jakarta Barat
Ibadah Raya I
Segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan kita, tidak ada yang kebetulan, semuanya terjadi atas kehendak Tuhan, baik itu keadaan yang baik ataupun keadaan yang buruk.
Dunia di mana kita hidup hari-hari ini adalah dunia yang penuh dengan berita buruk , tidak ada berita yang baik, namun ada satu berita yang baik yaitu berita yang datang dari Tuhan kita Yesus Kristus.
Tuhan Yesus adalah Tuhan yang setia, ia tidak pernah lepas kendali di dalam kehidupan kita.
1. Memasuki tahun 2009, pesan Tuhan :"Jangan takut (Lukas 1:13 a). Mengapa Tuhan berkata jangan takut? Karena rasa takut dapat membunuh potensi kita dan dapat membunuh iman kita. Rasa takut dan kuatir bukan berasal dari Allah (2 Timotius 1:7). Oleh sebab itu kita tidak perlu takut dan kuatir lagi karena Tuhan mempunyai rencana yang indah bagi hidup kita.
2.Tahun 2009 adalah tahun penggenapan janji Tuhan bagi kita (Lukas 1:13b). Tahun ini adalah tahun Samekh Teth, tahun berbuah untuk kita. Kehidupan kita harus menghasilkan buah dan tidak mandul. Mandul di dalam Alkitab adalah suatu aib, artinya tidak mampu menghasilkan atau berproduksi. Jadi apapun yang Tuhan janjikan di tahun ini, kita harus yakin bahwa Tuhan akan menggenapinya.
Mungkin orang dunia akan berkata bahwa tahun ini penuh dengan kemustahilan, tetapi kita sebagai orang percaya, kita mempunyai Tuhan yang ahli dalam hal-hal yang mustahil. Tuhan dapat mengubah hal-hal yang mustahil menjadi hal-hal yang tidak mustahil.
3.Tetap percaya kepada Tuhan (Mazmur 126:1-5).
Kalau manusia saja bisa memberikan yang baik dalam hidup kita, apalagi Tuhan kita.

--

KASIH BUAH ROH
Friday, 15 May 2009 21:33 Pdt. Dr. Tommy Mambu
Para penulis Alkitab telah menggunakan berbagai lambang untuk menyatakan keberadaan manusia.  Salah satu dari lambang-lambang itu adalah pohon.  Karena pohon ada yang baik dan yang buruk, demikian pun dengan keadaan manusia,  ada yang baik dan ada yang jahat. Pemazmur di dalam Mzm 1:3  menggambarkan umat Allah "seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil."  Di Mzm 37:35-36 ia menyaksikan seorang fasik yang gagah dan sombong, yang tumbuh mekar seperti pohon aras Libanon; yang ketika ia lewat, ia telah lenyap, walaupun ia mencarinya, tetapi tidak ditemui.

Di zaman Perjanjian Baru Yesus menyaksikan  di dalam Yoh 15:8 bahwa BapaNya dipermuliakan oleh pengikut-pengikutNya sebagai pohon yang berbuah banyak.  Buah yang banyak itu menjadi bukti bahwa mereka adalah murid-murid Yesus.  Tentu buah-buah mereka adalah yang baik kualitasnya.

Secara alamiah buah itu adalah hasil dari sebuah pertumbuhan.  Buah tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi melalui suatu proses pertumbuhan yang panjang.  Dan pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik, sedangkan pohon yang tidak baik akan menghasilkan buah yang tidak baik.

Sebagaimana buah-buahan yang kita makan adalah hasil dari sebuah proses pertumbuhan alamiah, maka buah Roh itu juga adalah hasil dari sebuah proses pertumbuhan rohani di dalam diri seseorang.  Buah Roh itu juga akan melalui sebuah proses pematangan. 

Seperti buah yang alamiah, buah apel yang masih kecil tetap disebut buah apel walaupun belum matang.   Demikian juga dengan perkembangan buah Roh itu di dalam kehidupan pengikut-pengikut Kristus.  Proses pematangan ini akan terjadi di dalam hidup seseorang dari hari ke hari dengan pertolongan Roh Kudus. 

Paulus menggambarkan di dalam Galatia 5:22-23 tentang buah Roh yang harus dimiliki oleh setiap umat Kristen.   Pernahkah anda memperhatikan bahwa ayat-ayat ini tidak menyatakan adanya buah-buah Roh tetapi hanya buah Roh?  Padahal yang tercatat di dalam ayat-ayat tersebut lebih dari satu buah saja?  Alasannya adalah karena  di dalam bahasa aslinya (Yunani) buah Roh itu memang disebutkan dalam bentuk tunggal bukan jamak.

Sekarang, apakah ada maknanya bila itu disebutkan di dalam bentuk tunggal dan bukan dalam bentuk jamak?  Tentu.  Bentuk tunggal ini memberikan penekanan bahwa seseorang tidaklah dapat disebut memiliki buah Roh itu bila ia hanya memiliki salah satu dari kualitas buah Roh itu.

Bila seseorang mengatakan bahwa ia memiliki kasih, sukacita, dan damai sejahtera, tetapi tidak memiliki kualitas lain seperti kesabaran atau kemurahan, maka secara spontan ia belum memiliki buah Roh itu.  Seorang yang telah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah yang hidupnya telah dituntun oleh Roh Allah, pasti akan memiliki semua kualitas yang ada di dalam buah Roh itu.

Berbeda dengan perbuatan daging yang disebutkan mendahului ayat-ayat tentang buah Roh itu.  Seseorang sudah dapat disebut sebagai orang berdosa dengan hanya melakukan salah satu dari perbuatan yang disebutkan di dalam ayat-ayat tersebut; seperti percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri dan lain-lain.

Kualitas buah Roh yang pertama disebutkan adalah kasih.  Mengapa sampai kasih itu disebutkan paling awal?  Karena kasih kata Paulus di dalam 1 Korintus 13 adalah yang terbesar.



Kasih dan manusia

Setiap orang yang hidup di dunia ini membutuhkan kasih.  Fakta menyatakan bahwa hal yang paling disenangi dan memori yang paling indah untuk dikenang adalah kasih.  Kasih adalah tema dari seluruh buku-buku di dalam Alkitab.  Kata orang kalau saja keseluruhan buku-buku di dalam Alkitab ini dapat diperas seperti juice, maka akan meleleh darah Kristus dari dalamnya.

Tema kasih telah mendominasi tema di berbagai bidang, seperti: perfilman, kesusasteraan, dan musik.  Banyak buku novel yang laris karena tema ini.  Itulah sebabnya adalah penting bagi kita untuk mengetahui arti kasih yang sesungguhnya yang disebutkan di dalam Gal 5:22 dan 1 Korintus 13.  Berikut ini kita akan membahas bermacam-macam kasih.

           

Macam-macam kasih

Sejak kecil hingga menjadi uban, kita membutuhkan kasih.  Namun ada perbedaan-perbedaan arti kasih di kalangan anak-anak, orang-orang muda,  dan orang tua.  Singkatnya semua kita tidak terlepas dari kebutuhan ini. 
Ada beberapa macam kasih yang kita ketahui:

1. Eros –  adalah kasih yang dimotivasi oleh keinginan fisik untuk kesenangan atau kenikmatan.  Kasih ini terjalin antara laki-laki dan perempuan.  Kata ini tidak ditemukan di dalam PB.
2. Stergo – adalah kasih yang terjalin antara penguasa dan rakyat yang diperintahnya.  Kasih ini dimotivasi oleh wewenang atau posisi seseorang.   Sebagaimana kata Eros, kata ini juga tidak ditemukan penggunaannya di dalam PB

3. Phileo – adalah kasih persaudaraan yang dimotivasi oleh keindahan dan keakraban persahabatan.  Kata ini digunakan sebanyak 20 kali di dalam Perjanjian Baru

4. Agape – adalah kasih yang agung, kasih tanpa memberi syarat-syarat untuk dikasihi.  Kasih ini dimotivasi oleh Allah yang kita sembah.  Kata ini digunakan lebih dari 150 kali di dalam Perjanjian Baru. 


Berhubung buah Roh di dalam Gal 5  menyinggung tentang kasih Agape, maka pembahasan kita akan difokuskan pada kasih jenis ini. Ada 3 ciri khas kasih Agape:  pertama, kasih Agape tidak bergantung pada keadaan dari objek kasih itu.  Contohnya, Allah telah mengasihi kita bukan karena kita layak untuk dikasihi, atau karena kita adalah sahabatNya.  Malah, kita yang tadinya dikategorikan sebagai "seteru" telah diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, dan diselamatkan oleh hidup-Nya.

Tentu kasih seperti ini sangat berbeda dengan apa yang kita jumpai sehari-hari.  Biasanya kita mengasihi orang yang mengasihi kita, atau yang layak kita kasihi.  Kasih kita kepada seseorang akan sangat bergantung pada keadaan orang yang akan kita kasihi itu.
Ciri khas kedua dari kasih Agape adalah bahwa, kasih ini bukan semata-mata emosi atau perasaan saja.    Kasih Agape adalah kasih yang dipraktekkan dengan rencana dan komitmen.  Kasih ini tidak terjadi secara kebetulan.  Kasih Agape dilaksanakan untuk keuntungan orang yang dikasihi itu.  Karena itu Yesus telah datang ke dunia ini untuk keuntungan manusia yang telah jatuh di dalam lumpur dosa.

Ketiga, kasih Agape berani mengambil resiko untuk menderita kerugian, materi, atau hidup sekalipun.  Yesus telah buktikan bentuk kasih itu di bukit Golgota.  Ia rela mati untuk keselamatan orang berdosa.

Berkaitan dengan hal ini, rasul Paulus menguraikan arti kasih Agape itu secara panjang lebar di dalam 1 Kor 13:4-7: "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.

Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu."

Dalam pasal ini Paulus menyimpulkan bahwa kasih adalah yang terbesar (1 Kor 13:13).  Dan sebagaimana Allah itu kasih adanya, demikian pun umatNya harus memiliki kasih model ini.

Selanjutnya, kita perlu mengetahui apa yang dinyakatakan oleh rasul Paulus di dalam 1 Kor 13:7.  Ia menegaskan bahwa kasih itu menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, dan sabar menanggung segala sesuatu. 



Kasih Menutupi Segala Sesuatu

Di dalam praktek kita sehari-hari, apa-apa sajakah yang biasanya kita tutupi?  Makanan contohnya.  Itu ditutup dengan maksud agar jangan sampai dihinggapi lalat, atau untuk menghindari debu dan kotoran lainnya.  Contoh lainnya, pintu rumah kita tutup untuk mencegah supaya pencuri tidak masuk ke dalam rumah kita, atau agar anak kita yang masih kecil jangan sampai keluar rumah tanpa pengawasan kita, yang dapat membahayakan dirinya sendiri.

Nah untuk kasih Agape, apa yang ditutup olehnya?  Rasul Petrus menulis di dalam 1 Pet 4:8 bahwa kasih itu "menutupi banyak sekali dosa."  Bagaimana caranya sampai kasih Agape boleh menutup banyak sekali dosa?  Salah satu caranya adalah dengan mengikuti anjuran Yesus di dalam menangani orang yang berbuat dosa. Yesus menganjurkan agar di dalam menangani dan menyelesaikan masalah-masalah dosa umatNya, Ia mintakan agar itu diselesaikan di hadapan orang dalam jumlah yang paling minimal.  Bilamana dosa itu dilakukan secara terang-terangan, maka itu dapat diselesaikan dengan melibatkan lebih banyak atau seluruh anggota jemaat.
Yesus menceriterakan tentang perumpamaan tentang domba yang hilang  dan bagaimana besarnya sukacita gembala atas ditemukankannya kembali domba tersebut. Yesus kemudian berkata "demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang" (Mat 18:14).

Yesus melanjutkan pembicaraanNya di ayat 15-17 dengan berkata "apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan.."

Disini prinsip kasih Agape diungkapkan bahwa dosa seseorang perlu ditutupi bukan untuk di sebarluaskan.  Untuk maksud menyelamatkan orang itu, bahkan untuk seluruh keluarga yang terkait dengan orang tersebut, dosanya tidak perlu diterompetkan kepada semua orang.

Namun di dalam praktek sehari-hari, dosa yang dibuat seseorang, apalagi orang yang kita kenal, atau yang terkenal karena berbagai alasan, seperti kaya, rohani, rajin, lemah lembut dll, menjadi bahan gossip yang paling diminati orang.  Kata-kata pendahuluan seperti "tahu ngak si A katanya selingkuh" merupakan kata-kata yang sangat menarik untuk didengar dan diketahui orang.   "Tahu nggak, si ketua jemaat ini, atau si pendeta itu, ada berita-berita kurang enak untuk diceriterakan."  "Kurang enak untuk diceriterakan" tetapi kenyataannya adalah sangat bertentangan dengan apa yang ia katakan.  Berita gossip itu sangat enak ia ceriterakan, dan sangat enak didengar orang.  Apalagi kalau gossip itu telah ditambah dengan bumbu-bumbu penyedap telinga. Si pembawa berita itu rasanya bagaikan pahlawan pulang perang setelah menceriterakan issue sensasional itu.  Ia begitu bangga dapat memberitahukan rumor hangat yang kebenarannya belum terbukti.

Praktek ini sebenarnya bertentangan dengan sifat kasih Agape itu..  Ada anjuran yang mengatakan bahwa walau pun berita itu benar, kita tidak perlu menceriterakan itu kepada orang yang lain. Yang perlu kita lakukan adalah mendoakan orang tersebut.  Kalau memungkinkan kita datang ke rumahnya dan mendoakan orang tersebut bersama seluruh keluarganya.

Lebih-legih lagi kalau ceritera dan issue yang beredar adalah semata-mata rumor yang tidak benar.  Betapa besar efek merusak yang telah diadakannya.

Diceriterakan mengenai seorang yang mempunyai kebiasaan buruk menggossip.  Dia sadar bahwa kebiasaan itu tidak baik dan perlu dihentikan.  Untuk mengatasi itu ia pergi kepada seorang yang bijaksana agar mendapat pertolongan dari padanya.  Orang yang bijaksana itu ingin memberikan pelajaran penting kepadanya dengan berkata bahwa hari pertama ia harus pergi ketempat peternakan bebek dan mengambil bulu-bulu bebek yang halus yang telah jatuh, hitung dan masukkan ke dalam keranjang.  Hari kedua, bawa bulu-bulu bebek itu ke setiap rumah di kampung ini, dan taruh di halaman rumah tersebut .  Pada hari ketiga engkau datang kembali kepadaku dan aku akan memberikan instruksi berikutnya.

Orang ini melakukan hal-hal yang dikatakan orang bijaksana itu dan pada hari ketiga ia kembali  menghadap.  Ia bertanya apa lagi yang harus ia lakukan.  Si orang bijaksana itu berkata kepadanya: pergilah kembali ke setiap rumah dimana engkau telah letakkan bulu-bulu bebek itu, dan kumpul kembali semuanya di dalam keranjang, dan hitung kembali jangan ada yang kurang.   Dan ia pun pergi.  Di sore hari dia kembali dengan muka murung, karena ia hanya dapat mengumpulkan kembali sebahagian kecil dari apa yang ia sudah sebarkan.  Bulu-bulu itu telah ditiup dan diterbangkan angin dan tidak diketahui kemana itu telah terbang.  Si orang bijaksana itu memberi nasehat, demikian pula yang terjadi dengan gossip yang engkau sebarkan.  Efek yang terjadi tak dapat sepenuhnya engkau perbaiki.  Sangat banyak yang engkau tidak dapat tarik kembali dari peredaran gossip, entah itu benar atau pun tidak benar.
Orang yang memiliki kasih Agape akan menghindar diri dari gossip-gossip semacam ini.  Gantinya menggossip, ia akan mendoakan atau melawat orang-orang yang digossipkan untuk melindungi nama baik mereka, terlebih agar mereka dapat diselamatkan dalam Sorga.



Kasih percaya segala sesuatu

Apakah maksudnya kasih Agape itu percaya pada segala sesuatu?  Bukankah ini sangat berbahaya?  Apakah kita akan mempercayai semua orang yang datang ke rumah kita, diundang ataupun yang tidak diundang?

Tentu saja tidak.  Maksudnya adalah bahwa orang yang punya kasih Agape mempercayai bahwa setiap manusia yang diciptakan Allah mempunyai peran penting di dalam dunia ini.  Allah telah memberikan talenta kepada setiap orang menurut kesanggupannya.  Setiap orang mempunyai potensi.

Berdasarkan pada pemikiran ini, setiap pengikut Tuhan yang punya kasih Agape akan percaya pada segala sesuatu dalam arti bahwa ia percaya dalam keadaan apa saja, Tuhan dapat membantu setiap orang yang bermohon kepadaNya untuk menjadi umatNya.  Dengan kasih Agape seorang akan menghargai orang yang lain, apapun keadaannya.  Ia melihat potensi yang baik pada setiap orang yang ia jumpai setiap hari.  Ia tidak akan menganggap dirinya melebihi orang lain sehingga sifat Lucifer, yakni kesombongan akan dapat dihindarinya.

Kasih Mengharapkan Segala Sesuatu

Kita hidup di dunia yang penuh kesusahan, kekerasan, penyakit, bahkan kematian.  Sering keadaan-keadaan ini melemahkan semangat hidup kita.  Keadaan-keadaan ini sering menggoda kita untuk mempercayai bahwa dunia ini dalam keadaan yang tak terkendali, bahwa Allah itu tidak dapat lagi mengontrol dunia yang bergelimang dosa ini.
Namun bila kita dengan tekun membaca Alkitab dan melihat kegenapan nubuatan-nubuatan yang tertera di dalamnya, maka kita yakin bahwa Allah tetap dalam kontrol.  Apa yang Ia katakan sudah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi.  Yang baik mau pun yang tidak baik sudah terjadi sesuai yang Ia telah sabdakan. 

Namun ada yang baik yang Ia sediakan bagi setiap umatNya yang setia, yang masih akan terjadi pada waktu Yesus datang kedunia ini untuk kali yang kedua.  Dan mereka yang memiliki kasih Agape mempercayai hal ini dan mengharapkan bahwa segala sesuatu akan kembali menjadi seperti yang Ia telah rencanakan.  Umat Allah yakin bahwa apa yang disediakanNya  adalah nyata dan benar.

Dengan keyakinan seperti ini, sebagai umat Allah, kita akan dapat menjalani hidup sehari-hari kita di tengah-tengah dunia yang jahat ini dengan pengharapan yang teguh.  Karenanya, orang yang memiliki kasih Agape akan memiliki ciri khas berikut ini.



Kasih itu Sabar Menanggung Segala Sesuatu

Orang yang memiliki kasi Agape sabar menanggung segala sesuatu, menyenangkan atau menyusahkan. Ini menyangkut komitmen kita. Mzm 27:14 "Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!"  Kita percaya bahwa Allah di dalam segala sesuatu dapat memberikan yang terbaik bagi kita.  Kesusahan boleh melanda dan menggoncang umatNya, tetapi dengan kasih Agape yang ia miliki, ia dapat tahan menghadapinya. 



Rangkuman

Kasih Agape adalah kasih yang perlu kita teladani dari Allah.  Kasih ini adalah ekspressi tabiatNya.  Kasih yang sama harus juga menjadi ekspressi terbesar umatNya kepada sesamanya.
Umat-umatNya yang telah dilahirkan dari atas, yang telah lahir baru memiliki kasih Agape.  Mereka akan dapat menilai orang lain seperti Tuhan menilai setiap orang..  Nilai setiap orang dilihat dari kematian Yesus di Golgota.Umat-umatNya akan membenci kejahatan dalam segala bentuknya, dan menghindari diri dari segala nafsu keduniawian (Mzm 97:10 dan 1 Yoh 2:15-17).

Orang-orang yang memiliki kasih Agape adalah orang-orang yang menyatakan bahwa asalnya dari Allah karena Allah itu kasih adanya.  (1 Yoh 4:8,16).  Semoga kasih Agape itu nyata dalam hidup anda dan saya sekarang dan selamanya.

--

Kata "buah" yang ditulis dalam Galatia 5:22 itu ditulis dalam bentuk tunggal/single, yaitu "BUAH" ; bukan jamak "BUAH-BUAH" sehingga berdiri sendiri ada buah pisang, buah anggur, buah delima dll. Maka kiasan diatas kurang tepat.


* Galatia 5:22-23

5:22 LAI TB, Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
KJV, But the fruit of the Spirit is love, joy, peace, longsuffering, gentleness, goodness, faith,
TR, hο δε καρπος του πνευματος εστιν αγαπη χαρα ειρηνη μακροθυμια χρηστοτης αγαθωσυνη πιστις
Interlinear, ho de {tetapi} karpos {buah, noun - nominative singular masculine } tou pneumatos {Roh} estin {adalah} agapê {kasih} chara {sukacita} eirênê {damai-sejahtera} makrothumia {kesabaran} chrêstotês {kemurahan hati} agathôsunê {kebaikan hati} pistis {kesetiaan}

5:23 LAI TB, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
KJV, Meekness, temperance: against such there is no law.
TR, πραοτης εγκρατεια κατα των τοιουτων ουκ εστιν νομος
Interlinear, praotês {kelemah-lembutan} egkrateia {penguasaan diri} kata {nenentang} tôn {hal-hal} toioutôn {demikian} ouk {tidak} estin {ada} nomos {hukum}


Penting sekali kata "BUAH" itu dalam bentuk tunggal/single. Artinya daftar kebajikan yang dirincikannya dalam Galatia 5:22-23 itu merupakan kesatuan dan kepaduan dari hidup didalam Roh.

Buah Roh , 'satu buah sembilan rasa' adalah wujud kematangan rohani, dan kesembilan sifat (kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri) itu tidak berdiri sendiri-sendiri. Ke-9 nya secara simultan (bersama-sama) tampak dan terbukti.

Seorang tidak bisa dikatakan dewasa rohani dimana misalnya disatu sisi ia seorang yang penuh dengan sukacita, tetapi di-lain sisi ia tidak dapat menguasai-diri, Atau ada seorang yang penuh suka-cita tapi tidak setia dan tidak dapat menguasai diri, dan seterusnya.

Kesembilan sifat-sifatnya harus manunggal dalam pola hidup orang-orang percaya.
I put no stock in religion. By the word "religion" I've seen the lunacy of fanatics of every denomination be called 'the will of God'.

--

Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil
Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan

Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu
Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah
Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda

Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani
Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat
Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan

Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat
Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan
Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang

Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri
Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukan saat muda.

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat
berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita
kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan
Orang-orang yang minta gaji lebih biasanya tidak dapat lebih, tapi yang melakukan lebih dan berkualitas akan mendapat lebih. Jangan takar tenaga yang Anda keluarkan berdasarkan gaji yang Anda dapatkan tetapi berdasarkan hasil yang dapat Anda kontribusikan bagi kelangsungan dan keuntungan perusahaan Anda.

Siapa bilang untuk menjadi kaya dan sejahtera harus punya modal yang banyak? Kalau saja Anda cermat melihat peluang yang ada, ada banyak celah yang bisa menjadi jalan untuk meraih kesejahteraan yang diinginkan. Yang dibutuhkan cuma kemauan untuk menjadi sukses” Info lengkap klik disini!
Biodata Mario Teguh

Nama Asli: Sis Maryono Teguh (Mario Teguh)
Tempat/ Tanggal Lahir: Makasar, 5 Maret 1956
Agama: Islam
Istri: Linna Teguh
Anak: Audrey
Pendidikan

New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, AS, 1975
Jurusan Linguistik & Pelajaran Bahasa Inggris, IKIP Malang (S-1)
Jurusan Interaksi Bisnis, Sophia University, Tokyo, Jepang
Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (Operations System, MBA)
Pengalaman Profesional

Citibank Indonesia (1983 – 1986) as Head of Sales
BSB Bank (1986 – 1989) as Manager Business Development
Aspac Bank (1990 – 1994) as Vice President Marketing & Organization Development
Exnal Corp Jakarta (1994 – present) as CEO, Senior Consultant
Spesialisasi

Business Effectiveness Consultant

--

MEMILIKI kendali penuh terhadap uang yang dimiliki merupakan salah satu cara membuat orang merasa bahagia, terlepas dari berapa jumlah kekayaannya. Dengan mengadopsi sejumlah kebiasaan yang baik, sertiap orang dapat merasa lebih bahagia tentang kehidupan finansialnya secara keseluruhan.

Berikut ini adalah sejumlah kebiasaan finansial yang baik yang dapat Anda terapkan, seperti terungkap dalam buku berjudul ‘The Ten Commandements of Financial Happiness’:

Terorganisasi
Lakukan sistem pengarsipan sehingga Anda dapat lebih mudah mencatat pemasukan dan pengeluaran. Dengan demikian, lebih banyak waktu dan energi yang dapat Anda simpan.

Bayar langsung tagihan
Jangan menunggu sampai semua tagihan menumpuk lantas baru membayarnya sekaligus. Sebaiknya, bayar langsung begitu tagihan datang. Membayar selusin tagihan sekaligus bisa membuat Anda terpukul melihat begitu banyak uang yang terkuras dari tabungan. Sebaliknya, membayarnya satu persatu begitu tagihan datang tidak akan membuat Anda terlalu terperanjat melihat jumlahnya.

Tabungan lima persen
Sisihkan setidaknya lima persen dari pendapatan perbulan untuk tabungan. Hal itu dapat membuat Anda otomatis dipenuhi kebahagiaan finansial. Anda daoat langsung menyisihkan lima persen pendapatan sebelum membelanjakannya untuk keperluan lain. Begitu sudah terbiasa menabung, Anda dapat meningkatkan jumlahnya secara bertahap menjadi 10 persen atau lebih tinggi.

Buat dan capai tujuan
Mencapai kebahagiaan bukan melulu masalah telah mencapai tujuan atau belum, tapi soal membuat kemajuan. Buat satu atau dua tujuan finansial setiap waktu, dan bekerja keraslah untuk membuatnya menjadi kenyataan. Rasakan kebahagiaan yang Anda nikmati ketika melalui prosesnya.

Beramal
Orang yang mengamalkan sebagian hartanya akan merasa lebih bahagia dan sehat lahir batin. Mereka cenderung tidur lebih nyenyak dan berolah raga lebih sering sehingga memiliki pikiran yang lebih sehat. Selain itu, memberikan sebagian harta kepada orang lain juga menjauhkan diri dari rasa tamak dan tidak puas. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih bersyukur atas kenikmatan hidup yang dimiliki saat ini.

--


Tips dan Motivasi Mario Teguh
1) Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian anda dapat

2) Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan

3) Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang yang berbakat Kita lebih menghormati orang miskin yang berani daripada orang kaya yang penakut. Karena sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai.

4)Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan bila anda sedang takut, jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan anda

5) Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

6) Anda hanya dekat dengan mereka yang anda sukai. Dan seringkali anda menghindari orang yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah Anda akan mengenal sudut pandang yang baru

7) Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan

8) Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang di idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan

9) Jangan menolak perubahan hanya karena anda takut kehilangan yang telah dimiliki, karena dengannya anda merendahkan nilai yang bisa anda capai melalui perubahan itu

10)Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila cara-cara anda baru

11)Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan. Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong bila sikap anda salah

12)Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda

13)Hanya orang takut yang bisa berani, karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan punya kesempatan untuk bersikap berani

14)Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

--

Harapan adalah doa dalam tindakan. Dia yang lupa berdoa tetapi bertindak, lebih berhak untuk berharap; daripada dia yang hanya berdoa tetapi tidak bertindak.
Apa pun yang anda kerjakan dengan sungguh-sungguh hari ini adalah pembentuk keberhasilan anda di masa depan, terutama bila anda cerdas memilih yang anda kerjakan hari ini.
Setia mengupayakan penyelesaian adalah pembuka semua kemungkinan. Batu besar harus dipukul terus sebelum ia pecah. Maka hati anda harus lebih kuat daripada masalah anda.
Sebuah komputer dapat menggantikan peran dari 100 orang biasa. Tapi tidak ada komputer yang akan bisa menggantikan peran dari seorang yang luar biasa, seperti anda.
Sikap yang tepat adalah penentu utama semua keberhasilan. Apapun yang besar dan berkualitas tinggi tetapi tanpa sikap yang tepat, akan menjadi pemborosan besar.
Perhatikanlah. Hampir semua masalah kita datang karena kita hanya menyesuaikan diri dengan masalah, tetapi tidak menyelesaikannya. Apapun masalah anda, hadapi sekarang.
Tidak ada jumlah upaya yg bisa buat anda berhasil pada cara dan jalan yg salah. Pastikanlah pilihan metode, karir, dan bisnis tepat menuju kepada cita-cita anda.
Berketetapanlah dalam memilih ; dan memilih, berketetapanlah. Ketetapan bertindak akan mudahkan keberhasilan dan perbaiki kesalahan dalam memilih.
Sebuah rencana kecil yang diselesaikan dengan baik, lebih bernilai daripada langkah-langkah impian yang tidak pernah dilaksanakan. Yg lebih bertindak, yang lebih dihargai.
Apakah orang menyetujui anda karena pangkat, uang, atau jabatan anda; ataukah karena anda benar? Apakah jadinya bila anda berpangkat, kaya, berkuasa, dan benar?
Bila anda miliki waktu untuk mengeluh, pasti ada waktu untuk bekerja keras menghilangkan sumber keluhan itu. Yang genting muncul karena kita mengabaikan yang penting
Para pemimpin yang berhasil, utamakan penyelesaian pekerjaan apapun sebaik-baiknya, karena keberhasilan dicapai lewat penyelesaian baik dari semua pekerjaan
Mengetahui apa yg harus dilakukan, kemudian segera melakukannya, adalah dua hal yg berbeda. Hanya pribadi hebat yg tegas dan bersegera lakukan keduanya
Janganlah berkecil hati bila anda hanya sendiri dan minoritas dalam pendapat. Satu orang dengan pendapat tepat dan kesungguhan yg kuat bisa menjadi mayoritas
Bangunlah ketertarikan untuk menjadikan yang tadinya dianggap ”tidak mungkin menjadi mungkin”. Reputasi sebagai pemungkin adalah reputasi terkuat di muka bumi.
Konsentrasi adalah kemampuan untuk berfokus pada satu prioritas, melakukan hanya prioritas itu, dalam satu waktu yg utuh, dan dengan sebaik-baiknya.
Sebuah keadaan jadi masalah bila anda berfokus pada bagaimana ia menghalangi anda, tetapi akan jadi tantangan bila anda berfokus pada bagaimana ia jadikan anda lebih kreatif.
Kunci pembuka pintu kecermelangan finansial dan kehidupan bukanlah kecerdasan atau modal, tetapi kesungguhan utk setia pada proses-proses yg benar di setiap waktu.
Dalam perenungan yang sunyi, siapapun bisa temukan ide yg cemerlang. Tetapi hanya yang jalankan ide itu dalam kesibukan kehidupan yang akan mencapai kecemerlangan.
Bersungguhlah saat harapan anda kecil. Lebih bersungguhlah saat anda mungkin kalah dan makin bersungguh-sungguhlah saat anda tdk mungkin menang. Itulah iman.

--

Rasanya hampir semua orang malas menghadapi hari Senin. Kecuali, mungkin, bila Senin ini adalah jadwal Anda menerima gaji. Rasa malas biasanya muncul karena akhir pekan sebelumnya Anda menghabiskan waktu dengan bersantai atau liburan bersama keluarga. Hal itu terasa lebih bila Anda melihat bahwa minggu yang menjelang ini akan berat karena beban pekerjaan.

Namun menurut penelitian terbaru, hari yang membuat kita stres ternyata bukan hanya Senin, melainkan juga hari-hari di tengah minggu. “Stres dari Senin dan Selasa membuat orang terpuruk, sementara akhir pekan rasanya masih lama,” ungkap Augustine Kposowa, PhD, penulis studi sekaligus dosen di University of California at Riverside.

Tentu, menghindari pekerjaan yang menuntut waktu, tenaga, dan pikiran tersebut tak akan ada gunanya. Tak ada cara lain untuk melaluinya, kecuali dengan menghadapinya. Namun, agar Anda bisa melaluinya dengan lebih santai, coba ikuti beberapa trik berikut:

Lakukan “quickie sex” pada pagi hari. Anda tahu kan, hubungan seks bisa melepaskan hormon oksitosin dan dopamin. Keduanya kerap disebut sebagai “hormon cinta” yang memberikan efek menenangkan. Bahkan, sentuhan ringan, seperti usapan, tepukan di pundak, atau pelukan, sudah cukup untuk membuat otak memproduksi hormon ini dan mengirimkannya ke sistem tubuh. Ketika ini terjadi, tingkat hormon stres pun akan berkurang, tekanan darah menurun, dan rasa kedekatan muncul.
Taburkan bubuk kayu manis dalam cangkir kopi Anda. Kayu manis tak hanya akan menimbulkan penampilan yang lebih menggugah selera. Aromanya juga dapat mengurangi kegelisahan dan menstimulasi bagian dari otak yang memberi sinyal kepada Anda untuk tetap waspada.
Makan siang di luar. Anda biasa membawa bekal makan siang dari rumah atau makan siang di warteg yang itu-itu saja? Cobalah untuk mencari tempat makan yang lain dari biasanya. Mampir ke kafe di bagian lain gedung perkantoran Anda akan mendorong adrenalin yang membantu mendongkrak mood Anda.
Dengarkan musik sepanjang perjalanan. Kemacetan lalu lintas tentu akan membuat hari Anda semakin melelahkan. Segera pasang playlist berisi lagu-lagu favorit Anda atau dengarkan siaran pagi dari penyiar favorit Anda. Paling tidak, Anda bisa tertawa-tawa dulu sebelum memulai pekerjaan yang membuat stres.
Buka situs-situs gaya hidup atau buka “Kompas Female”. Berita-berita atau artikel yang segar dan bermanfaat akan membuat Anda lupa sejenak pada ketegangan. Siapa tahu Anda juga mendapat info tentang diskon merek sepatu idaman Anda atau kursus fotografi gratis yang sudah lama ingin Anda ikuti.
Buat rencana untuk hari Sabtu. Justru karena sibuk, hari-hari sebenarnya jadi terasa cepat berlalu. Hal ini terasa lebih bila Anda berencana melakukan sesuatu pada hari Sabtu. Misalnya, membuat rencana nonton bareng teman-teman atau barbeque dengan keluarga. Bayangkan bagaimana nanti Anda akan melakukan perjalanan bersama para keponakan di pantai atau nongkrong sambil ngopi bersama suami.
Kirim SMS mesra untuk si dia. Anda bisa mengirim teks, seperti “Ingin dicium di leher atau di pundak?” atau apa pun kebiasaan yang sering Anda lakukan dengan pasangan. Saling menanti SMS dari orang tercinta akan mempercepat waktu dan menyediakan energi bagi Anda untuk sesi yang lebih istimewa nantinya.
Penuhi hasrat “impulse buying”, hanya hari ini. Anda tidak harus shopping atau membelanjakan sesuatu yang berharga mahal. Bisa saja membeli CD, DVD, novel, atau pernak-pernik untuk ditaruh di meja kamar. Coba beli sesuatu yang berwarna karena warna tertentu juga membantu memperbaiki mood. Contohnya kuning, yang mendorong rasa happy, atau merah, yang menekankan excitement.
Ganti “background” pada monitor “desktop” Anda, entah itu gambar adegan dalam film romantis yang Anda sukai atau foto-foto saat liburan minggu sebelumnya. Hal ini akan menjadi pengingat tentang pengalaman menyenangkan bersama teman-teman atau keluarga.
Siapkan makanan yang menjadi “guilty pleasure” Anda, entah itu cokelat, cookies, atau keripik kesukaan Anda. Tentu Anda tahu berbagai manfaat yang terkandung dalam cokelat. Sumber makanan antioksidan ini juga mengandung zat besi yang dapat mencegah kelelahan, iritabilitas, dan sakit kepala. Kecukupan zat besi juga membantu Anda untuk lebih mampu berkonsentrasi. Mengonsumsi 1,5 ons dark chocolate sehari selama dua minggu juga bisa mengurangi kadar hormon stres Anda, lho.

--

Masa muda yang tidak digunakan untuk membaikkan diri, akan menjadi masa dewasa yang MASIH muda, tetapi yang lemah dan penuh kegelisahan. Hanya dua puluh tahun selepas masa remaja, kita sudah harus membayar biaya mahal dari penelantaran masa muda kita. Perhatikanlah berapa banyak orang dewasa yang sebetulnya masih muda, yang hari ini takut akan masa depannya. Janganlah bereksperimen dengan hidup Anda.
Jangan ijinkan masa lalu menguasai masa kini Anda, karena ia akan juga menguasai masa depan Anda. …Janganlah meniru orang yang memilih menikmati penderitaan masa lalu, daripada menikmati keseharian yang ceria dan produktif. Jangan lagi ijinkan penyesalan masa lalu merampas kedamaian Anda dari kehidupan yang sesungguhnya. Hiduplah sepenuhnya hari ini, Anda berhak untuk berbahagia.

Tuhanku, terimalah hatiku yang bersyukur karena kini ku mengerti, jika aku sepenuhnya ikhlas menyerahkan diri dan hidupku kepada-Mu, maka sesungguhnya aku tak lagi memiliki diri dan hidupku sendiri…. Dengannya, diri dan kehidupanku adalah milik-Mu, sehingga Engkau tak akan melupakanku, tak akan membiarkanku sedih, dan pasti akan menyejahterakan dan membahagiakanku. Tuhan, aku ini milik-Mu, bahagiakanlah aku.
Saat Anda marah karena hinaan atau pengkhianatan seseorang, sebelum Anda membalas dan melukai orang itu, pikirkanlah sebentar, …Apakah pembalasan Anda, lebih merugikan Anda atau menguntungkannya? Janganlah turun dan berlaku sama rendahnya. Mungkin dia termasuk jenis orang tak berguna yang harus Anda abaikan. Berfokuslah meneruskan kehidupan dengan jiwa-jiwa yang Anda sayangi dan yang menyayangi Anda.

Pernahkah Anda mengalami ini: Orang yang tadinya sahabat, partner, kekasih, atau pasangan hidup; tetapi setelah berpisah, …mereka kemudian sibuk berbicara dan berupaya merendahkan Anda? Jika ya, damailah Itu adalah cara Tuhan untuk menunjukkan bahwa Anda sangat beruntung tidak terus berhubungan dengan mereka. Marilah kita berdoa agar Tuhan memelihara kita dari kedengkian orang yang berhati dengki.
Sahabat hati saya, Janganlah bekerja keras untuk meyakinkan orang yang tidak meyakini Anda….Bekerja keraslah untuk membuktikan bahwa yang Anda yakini adalah pembaik kehidupan Anda dan kehidupan mereka yang Anda layani. Mulailah dengan membaikkan hidup Anda sendiri. Jika Anda tidak baik bagi diri Anda sendiri, Anda tidak mungkin bisa menjadi baik bagi siapa pun.

Tuhanku, kekasih hidupku. Sekarang aku mengerti, hatiku tak akan pernah merasakan kedamaian jika aku selalu berupaya mengendalikan …semua hal dan dan setiap kejadian dalam hidupku. Jalan indah menuju kedamaian hidupku adalah mengetahui keadaan dan kejadian yang sebaiknya ku abaikan agar aku hanya memikirkan dan mengerjakan yang penting. Tuhan, selalu peliharalah aku dalam pengertian yang mengindahkan hidupku. Amien
Ada orang yang mengumpulkan dan membawa puing-puing kegagalannya di masa lalu, untuk menghalangi perjalanannya ke masa depan. Yang terjadi di masa lalu adalah pelajaran bagi penguatan Anda, dan tidak boleh digunakan sebagai beban dan pelemah upaya Anda hari ini. BERDAMAILAH DENGAN MASA LALU ANDA. … Jadilah pribadi yang damai, jujur, dan bekerja keras bagi masa depan yang baik.

“Orang berharta dari cara yang tidak jujur, di mata manusia yang lemah adalah tokoh teladan, tetapi dalam pandangan Tuhan adalah orang miskin yang besar hartanya adalah penanda besarnya hukuman. Orang miskin harta tetapi tetap jujur dan ikhlas, di mata manusia yang baik adalah tokoh tegar yang harus diteladani, dan dala…m pandangan Tuhan adalah orang kaya yang hartanya tidak dimengerti oleh manusia.”
Sahabat saya yang kebaikan hatinya menentukan kebaikan hidupnya, Pengetahuan yang paling dibutuhkan oleh orang yang mengeluhkan rezeki, adalah mengetahui bahwa pikiran, sikap, dan tindakan yang tidak baik PASTI membatalkan rezeki. …Setelah kita lebih patuh, rezeki menjadi sangat logis. Karena, ORANG BAIK, REZEKINYA BAIK.

4 LANGKAH MENJADI PRIBADI DENGAN REPUTASI BERNILAI
Tetapkan nilai dan kualitas yang akan menjadi reputasi kita.
Tetapkan sikap dan perilaku yang mewakili nilai dan kualitas pribadi itu.
Ikhlaslah untuk berbicara dan berlaku yang menumbuhkan sikap dan kualitas itu dalam diri kita.
Bersabar dan jadilah pribadi yang lebih kuat daripada yang menghalangi dalam perjalanan naik itu.
Sahabat saya yang keikhlasannya menentukan kualitas rezekinya, Ikhlas itu sederhana, kita hanya tinggal menerima yang terjadi sebagai perintah untuk memperbaiki diri, dan segera melakukan yang kita ketahui benar. Yang sulit adalah MENINGGALKAN KENYAMANAN dari kebiasaan bersikap dan berlaku yang selama ini tidak mendamaik…an dan menguatkan. Super formula: MENUNDA IKHLAS = MELANJUTKAN GELISAH

Sahabat hati saya, Janganlah takut merasa kecewa karena orang lain tidak menghargai kebaikan Anda. Marilah kita takut mengecewakan Tuhan karena menghindari perilaku yang menjadikan kita ORANG BAIK, yang menjadi ALASAN BAGI TUHAN UNTUK MEMPERBAIKI REZEKI KITA…. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama, dan sebaik-baik pembayar adalah Tuhan. Ikhlas is beautiful!
Kedamaian akan menjadi warna hatimu, jika engkau menghentikan pengejaran terhadap kekayaan duniawi untuk membanggakan diri di atas sesamamu. …Bersungguh-sungguhlah hidup untuk mengindahkan hati sesamamu, karena hanya dengannya engkau menjadi bernilai dalam pandangan Tuhan. Janganlah kegelisahanmu itu hanya untuk mencapai yang belum kau miliki. Gelisahlah jika engkau belum bermanfaat bagi sesamamu.

Aku berdiri termangu memperhatikan hiruk pikuk khalayak yang mengejar kegemerlapan dan memuja harta sebagai pemeringkat sesama…. Tuhanku Yang Maha Memelihara, Jauhkanlah hatiku dari ketertarikan untuk meniru jalan yang gemerlapnya menipu, damaikanlah jiwaku dalam keindahan kasih sayang, kejujuran, dan penghormatan kepada sesama dan alam. Bebaskanlah aku dari pengejaran yang tidak mendekatkanku kepada-Mu. Amien
Jika engkau ingin keluar dari rasa marah dan gelisahmu, janganlah kau kobarkan iri di hatimu saat kau lihat orang lain lebih mampu darimu…. Janganlah bicara getir dan semena-mena menuduhkan ketidak-adilan kepada mereka, dan menyalahkan semua yang tak kau mengerti sebagai penyebab deritamu. Sudah baikkah dirimu? Ikhlaskanlah dirimu untuk menjadi pribadi baik yang mudah dibaikkan hidupnya oleh Tuhan.

--

Kita menilai diri dari apa yang kita pikir bisa kita lakukan, padahal orang lain menilai kita dari apa yang sudah kita lakukan. Untuk itu apabila anda berpikir bisa, segeralah lakukan
Bukan pertumbuhan yang lambat yang harus anda takuti. Akan tetapi anda harus lebih takut untuk tidak tumbuh sama sekali. Maka tumbuhkanlah diri anda dengan kecepatan apapun itu.

Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan bila anda sedang takut, jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan anda
Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil
Anda hanya dekat dengan mereka yang anda sukai. Dan seringkali anda menghindari orang yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah Anda akan mengenal sudut pandang yang baru
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang di idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan
Jangan menolak perubahan hanya karena anda takut kehilangan yang telah dimiliki, karena dengannya anda merendahkan nilai yang bisa anda capai melalui perubahan itu
Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila cara-cara anda baru
Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan. Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong bila sikap anda salah
Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda
Hanya orang takut yang bisa berani, karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan punya kesempatan untuk bersikap berani
Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian anda dapat
Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan
Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang yang berbakat
Kita lebih menghormati orang miskin yang berani daripada orang kaya yang penakut. Karena sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai
Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita ketahui, kapankah kita akan mendapat pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan
Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik dari yang mungkin anda capai.
Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang baik, maka andalah yang akan dicari uang
Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita mungkin menua dengan berjalanannya waktu, tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus mengubah diri kita sendiri
Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi orang tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda.
Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan

--

“Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: “Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa..”

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 5; Yohanes 15; 1 Tawarikh 23-24

Sportivitas adalah sebuah prinsip yang sangat dipegang oleh setiap olahragawan. Kemenangan besar tetapi apabila diraih dengan cara yang curang maka semuanya itu adalah sia-sia. Tak ada kebanggaan waktu kita mengangkat piala atau dikalungkan medali jika dalam prosesnya kita berlaku licik.

Sportivitas tidak hanya berlaku dalam dunia olahraga saja, tetapi juga diperlukan dalam berbagai segi kehidupan. Dalam tingkatan tertentu, ketidakmampuan untuk bersikap sportif bisa berakibat fatal, membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Raja Saul tidak cukup sportif untuk mengakui bahwa Daud, penggantinya kelak, lebih baik darinya. Prestasi Daud mengalahkan berlaksa-laksa musuh membuatnya iri hati, bahkan dicatat dalam Alkitab bahwa ia berusaha untuk membunuh menantunya itu. Lebih dari sekali Raja Saul mencoba untuk membunuh Daud, namun hal tersebut selalu gagal karena Allah sendiri yang menyertai serta melindungi Daud. Seandainya Saul dapat bersikap sportif dan tidak memusuhi Daud, mungkin hidupnya tidak akan berakhir dengan Tragis (I Samuel 31).

Sikap tidak sportif dalam pekerjaan dapat menimbulkan keinginan untuk menjatuhkan karir sesama karyawan karena iri hati dengan prestasi yang diraih orang lain. Sikap sportif juga dapat menambah sahabat karena kita mau mengakui keunggulan orang lain. Sikap sportif selalu berdampak positif.

Ingatlah selalu, sportivitas mendatangkan dua hal besar dalam kehidupan seseorang: yang pertama, kehidupan akan semakin berhasil, dan yang kedua adalah kasih dan dukungan dari manusia akan menjadi bagian kita (I Samuel 18:15-16). Apakah Anda mau mengalaminya?

Jabatlah tangan orang yang lebih baik daripada Anda, kemudian belajarlah darinya.

--

Pada musim pertandingan baseball 2001, Greg Maddux dari Atlanta Braves mencatatkan prestasi yang luar biasa. Padahal pada saat itu ia hanya memilik rata2 pukulan 235 dan itu tergolong biasa saja. Tetapi sebagai pitcher (pelempar bola) ia menjatuhkan 173 batters (pemukul bola) pada tahun sebelumnya. Bukan pukulannya yang membuat ia terkenal, melainkan lemparannya yang mencapai 120km/jam !! Greg tetap melatih pukulannya, tetapi tidak menghabiskan waktunya untuk melatih pukulannya, karena ia tahu bahwa bukan di situ keahliannya. Dia tahu benar akan kelebihannya dan ia berlatih intensif pada lemparannya.
Sudahkah anda menemukan "harta karun" dalam diri anda? Setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing2. Anda akan menjadi seseorang yang spesial saat anda dapat mengembangkan dan melakukan apa yang menjadi kelebihan anda. Dan sebaliknya, anda akan menjadi seseorang yang biasa-biasa saja saat anda berusaha mengembangkan dan belajar sesuatu yang jelas-jelas anda tidak mampu melakukannya.

Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita. Jika karunia itu adalah untuk memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin. (Roma 12:6,8)
Anda selalu bisa melakukan lebih pada apa yg menjadi kelebihan anda dan lakukanlah dengan konsisten


--

Sering Kita ingin segala sesuatu saat ini juga. Kita selalu Tergesa-gesa. Saat kita berdoa/memimpikan sesuatu kita itu terjadi sesuai dengan harapan, keinginan dan waktu kita. Anak saya yang pertama berumur 8 tahun. Dia sedikit kurang sabar. Minggu yang lalu saat saya berjanji untuk membawanya ke arena bermain ia ngotot dan menagih janjinya tidak peduli saya sedang ada tamu. Dia mau saat ini juga saya harus membawanya ke arena bermain. Terkadang kita seperti itu. Sehingga waktu apa yang kita inginkan, doakan dan harapkan tidak terjadi sesuai dengan waktu dan keinginan kita maka kita menjadi marah, frustasi, jengkel, mengeluh dan selalu bertanya, KAPAN dan KAPAN?

Segala sesuatu dalam hidup ini perlu waktu. Tanaman perlu waktu untuk bertumbuh. Kita tidak bisa mengharapkan benih jagung yang kita tanam hari ini dan mau menikati hasilnya minggu depan, Imposible.

Demkian pula ada waktu bagi apa yang kita tanam/tabur dalam kehidupan ini bertumbuh.



Pengkhotbah 3:11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. (CEV) God makes everything happen at the right time.



Bagi anda hari ini yang sedang menanti dan terus-menerus bertanya Kapan dan kapan suami saya berubah, istri saya berubah, rumah tangga saya dipulihkan, anak saya yang terlibat narkoba diubahkan hidupnya, pekerjaan saya menjadi lebih baik, bisnis saya meningkat, keuangan saya mengalami peningkatan, penyakit saya atau anggota keluarga saya disembuhkan dan sampai hari ini anda masih belum melihat kenyataannya dan sedang bertanya KAPAN, dan KAPAN Tuhan.



Kabar baik buat anda adalah bahwa ALLAH BERKUASA DAN MENGUASAI SEGALA SESUATU itu sebabnya anda perlu memiliki keyakinan akan kuasa Allah tersebut. Sekalipun saat ini anda sedang tidak melihat segala sesuatu berjalan seperti yang anda harapkan atau bahkan sedang tidak terjadi apa2 namun percayalah bahwa Allah berkuasa dan Ia sedang bekerja sekalipun pekerjaan-Nya tidak terlihat oleh anda. Allah sedang bekerja di balik layar untuk mempersiapkan segalanya. Ia berkuasa atas waktu.

Allah sedang mempersiapkan setiap potongan-potongan puzzle dan menyusunnya sehingga tibda waktunya potongan-potongan puzzle tersebut akan terlihat sebagai sebuah gambar yang indah dan menakjubkan. Keadaan anda mungkin sama seperti 3 bulan lalu, anda tidak merasakan/melihatnya tetapi Ia sdg bekerja. Ia sdg mengumpulkan semua potongan2 puzzle dan suatu hari pada waktu yang tepat anda akan melihat puncak dr apa yg Ia lakukan, keadaan anda akan berubah.


Kebenaran berikut adalah berusahalah untuk MENUNGGU DENGAN SABAR. Tuhan tidak seperti mesin ATM. Dimana anda tinggal memencet kode tertentu lalu mendapatkan apa yang anda inginkan. Kalau mau jujur kebanyakan kita bukan orang yang sabar. Pernah waktu Saya ngatri isi bensin disebuah SPBU, saya berusaha untuk mendahului. Si SPBU tersebut ada dua jalur untuk sepeda motor. Waktu saya ngantri di jalur yang kiri karena kelihatannya sedikit padat saya berusaha untuk pindah ke jalur kanan yang kelihatannya tidak begitu padat. Namun apa yang terjadi ternyata, saya mengangtri lebih lama karena ada masalah dengan meterannya. Seandainya saya tetap di jalur kiri, maka saya sudah selesai lebih cepat, tapi karena tidak sabar akhirnya saya harus menunggu lebih lama.

Sahabat ingatlah bahwa kita tidak punya kuasa untuk merubah segala keadaan. Dan jika kita sadar bahwa kita tidak mampu merubah segalanya. Mengapa kita tidak menunggu sambil menikmati kehidupan kita tanpa merah/mengeluh. Bersabar artinya menikmati setiap detik dalam hidup ini dengan sukacita.

Misalkan saat anda pergi menonton sebuah konser musik dan anda lupa apakah anda telah mengunci sepeda motor anda atau belum. Jika itu yang terjadi maka anda tidak akan menikmati konser tersebut karena pikiran dan tubuh anda tidak selaras.



Dalam Kitab Suci terdapat sebuah tokoh yang bisa kita pelajari bersama pengalaman hidupnya. Tokoh tersebut adalah Daud.

Sama seperti kita, Daud menginginkan sebuah perubahan. Ia telah diurapi menjadi raja namun ia masih tetap mengembalakan ternak ayahnya. ia menghabiskan tahun-tahun hidupnya sebagai seorang gembala. Ada banyak kesempatan ia tergoda bahwa Tuhan melupakannya dan ia lari dari proses Tuhan. Namun Daud tetap sabar. Ia setia dan pada waktunya Tuhan, Tuhan membawa ia keluar dari padang. Ini saatnya bagimu Daud, kata Tuhan. Daud mengalahkan goliat dan akhirnya jadi ia menjadi raja. Dalam sepersekian detik, secara tiba-tiba, dalam waktunya Tuhan, Tuhan mampu merubah segalanya.

Sama seperti daud, mungkin anda punya Impian untuk memiliki pernikahan yang lebih baik, punya bisnis sendiri, menolong orang, disembuhkan dari penyakit, keuangan anda meningkat dll. Namun secara manusia tidak ada apapun yang terjadi. Tetaplah Setia, dan SABAR menunggu maka pada waktu yang tepat dalm waktunya Tuhan Ia mewujudkan impian anda. Daud menunggu dengan sabar kurang lebih 13 tahun lamanya. ALLAH TIDAK PERNAH TERLAMBAT SEDETIKPUN. Biarkan Tuhan memulai sesuatu, dan menyelesaikan dengan cara Tuhan. Jika kita keluar dari waktu Tuhan berarti kita keluar dari kehendaknya. Di tahun yang baru ini jangan pernah berhentiu untuk berharap dan percaya kepada Tuhan untuk impian dan harapan-harapan anda.

--

Jim Rohn seorang Filsuf bisnis nomor satu Amerika berkata,”Kau harus bertanggung jawab atas kehidupanmu. Kau tidak bisa mengubah keadaan, musim atau angin, tapi kau bisa mengubah diri sendiri.” Saya sangat setuju dengan hal ini, bahwa kita
bertanggung jawab penuh bagaimana kehidupan kita. Apakah diri kita ingin sukses? Tergantung bagaimana kita mengelola kehidupan kita. Atau anda hanya mau menjadi orang yang biasa-biasa saja juga tergantung dari bagaimana diri kita
menata kehidupan ini. Tuhan telah menetapkan kehidupan kita dalam kehidupan yang penuh dengan damai sejahtera dan penuh dengan pengharapan. Namun manusia tidak diam begitu saja, Tuhan meminta kita juga turut mengambil bagian terhadap
hidup ini. Hal ini dapat dilakukan dengan mengusahakan dan bertanggung jawab atas kehidupan kita.

Ketika seseorang bertanya kepada kita, apakah kita bertanggung jawab penuh terhadap kehidupan kita, tentunya semua orang akan berkata “Sangat bertanggung jawab”. Tetapi benarkah demikian ? Jack Canfield dalam bukunya “The Success Principles” memberikan masukan kepada kita bagaimana kita tahu bahwa diri kita bertanggung jawab penuh tentang kehidupan kita.

Pertama, Kita bertanggung jawab penuh atas kehidupan kita jika kita berhenti berdalih. Berhenti berdalih berarti berhenti mengeluh menjadi korban, berhenti menggunakan semua alasan mengapa kita tidak bisa,
berhenti menyalahkan keadaan diluar diri kita. Hal ini memang mudah untuk dikatakan namun bukan berarti tidak dapat dilakukan. Tanpa kita sadari ternyata kita lebih sering menyalahkan keadaan di luar diri kita ketika sesuatu terjadi
tidak seperti yang kita harapkan. Berhentilah berdalih …. Karena itu salah satu bukti diri kita bertanggung jawab penuh atas kehidupan kita.

Kedua, Kita bertanggung jawab penuh atas kehidupan
kita jika kita berhenti menyalahkan. Semua sikap menyalahkan hanyalah membuang waktu. Sebanyak apapun kesalahan orang lain yang kita temukan, dan sebanyak apa pun kita menyalahkan mereka, hal tersebut tidak akan mengubah keadaan kita.

Ketiga, Kita bertanggung jawab penuh atas kehidupan
kita jika kita berhenti untuk mengeluh. Mengapa seseorang dapat mengeluh ? karena mereka memiliki acuan untuk sesuatu yang lebih baik yang diinginkan namun tidak bersedia mengambil resiko yang ada untuk meraihnya. Bertanggung jawab atas kehidupan kita dibuktikan dengan berani mengambil resiko atas
sesuatu yang ingin kita capai. Jangan mengeluh. Bahkan seringkali kita juga mengeluh kepada orang-orang yang salah.

Sekarang kembali kita melihat diri. Apakah kita termasuk orang yang sudah bertanggung jawab penuh terhadap kehidupan kita? Bagaimana melihatnya cek melalui ketiga hal tersebut… jika masih ada yang dilakukan … jangan putus asa. Ubahlah segera…. Karena kehidupan kita dipengaruhi dengan bagaimana kita bereaksi terhadap kehidupan itu sendiri.

--

Dunia ini dipenuhi oleh orang-orang yang selalu mengeluh setiap harinya. Ada saja hal-hal yang membuat mulut mereka mengucapkan kata-kata yang sia-sia setiap harinya. Pekerjaan yang berat, keluarga yang terlalu banyak menuntut, sahabat-sahabat yang kurang solider, anak-anak yang sulit diajar merupakan beberapa contoh dari banyak problema yang dihadapi manusia.

Orang-orang yang mengaku dirinya kristen pun tak terlepas dari sikap suka mengeluh. Kata-kata yang tertulis di dalam Alkitab seringkali dipakai ketika berdoa untuk melegalkan tindakan bersungut-sungut yang kita lakukan. Namun, kabar baiknya hati Tuhan tidak pernah tersentuh dengan perkataan-perkataan kita seperti itu. Hati-Nya justru tergerak ketika melihat anak-anak-Nya hidup dengan ucapan syukur.

Tuhan bukanlah tidak mengetahui keadaan kita seperti apa sekarang ini atau masalah besar apa yang sedang kita hadapi. Dia tahu semuanya. Bahkan Dia tahu seberapa besar kekuatan kita ketika rintangan datang menghadang.

Tuhan memang Mahabesar dan Mahadahsyat, tetapi Dia tidak mau umat-Nya menjadi umat yang bermental tempe yang sebentar-bentar mengeluh, sebentar-sebentar bersedih dan akhirnya lupa untuk mengucap syukur. Dia ingin kita menjadi orang-orang yang kuat di dalam-Nya yang tidak gampang bersungut-sungut ketika ada masalah dan selalu menghargai setiap pemberian dari-Nya dengan hati yang tulus dan ucapan terima kasih.

Kehidupan ini suatu saat akan berakhir. Ketika itu tiba maka tidak ada lagi waktu untuk menyesali diri dan berangan-angan untuk kembali ke masa lalu. Selagi masa ada kesempatan, mari kita menjalani hidup dengan ucapan syukur kepada Tuhan dan mengerjakan apa yang menjadi bagian kita di dunia ini dengan sebaik mungkin.

Orang yang mengucap syukur adalah orang yang dapat menikmati setiap pemberian Tuhan dalam hidupnya.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar