Segar banget

Segar banget
bangett

Jumat, 01 Juli 2011

Buat yang sudah punya usaha


Buat yang sudah punya usaha, selamat menjadi wirausahawan. Buat yang mau mulai usaha, selamat memulai usaha, selangkah lebih maju daripada hanya ingin. Buat yang sudah punya keinginan memulai usaha, namun belum juga memulai usaha, selamat punya keinginan, gak apa-apa belum mulai-mulai juga, ingin saja terus. Pengen saja tidak akan membuahkan apa-apa. Mencoba punya resiko gagal, namun juga punya resiko berhasil. Tidak mencoba tidak akan pernah gagal, namun juga tidak akan pernah mendapatkan keberhasilan. Buat yang belum punya keinginan, selamat sudah mampir di webblog UniversitasBisnis.com, tempat belajar wirausaha sukses, di sini akan mengalami “cuci otak” kiri berevolusi kanan. Nah, hari ini di kuliah kali ini kita akan belajar dengan Om Bob Sadino, wirausaha sukses yang telah menjadi guru dari sekian banyak pengusaha dan pebisnis sukses di Indonesia.
Bob Sadino seorang pengusaha sukses yang terkenal berkat usahanya yang besar dan juga berkat penampilannya yang khas yaitu bercelana pendek kapan pun juga dan dimanapun juga (kecuali pas mandi kali yah yang gak pake celana pendek..), seringkali ditanya pertanyaan yang umum ditanyakan oleh orang-orang yang ingin memulai usaha : “Pak, Bagaimana caranya memulai usaha?” Dan Om Bob Sadino tidak menjawabnya langsung, karena memang mencekoki itu gak bagus untuk melatih wirausaha. Dan seorang calon wirausaha pun harusnya gak mau dicekoki, emangnya makan obat apa, mau-maunya dicekoki.
Om Bob Sadino pun meminta orang yang bertanya tadi berdiri, kemudian berkata : “Coba anda ke sini, mendekat ke arah saya, saya akan beritahukan caranya”
Lantas yang bertanya pun berjalan mendekati Om Bob Sadino.
“Nah, itulah caranya,”jawab singkat Om Bob Sadino. “Saya sudah beritahukan caranya”
Ya, bagaimana caranya memulai usaha, ya dengan berjalan melangkah. Mulai saja. Gak perlu banyak pikir. Mulai saja, mikirnya belakangan. Ngapain banyak mikir kalau belum mulai-mulai juga. Inilah yang selalu disampaikan oleh Om Bob Sadino dalam tiap seminar wirausaha yang dibawakannya. Mulai saja.
Ya, mikir boleh, belajar boleh, tapi mulailah segera. Mulai saja, karena dengan mulai, nanti akan terpikir cara-caranya, akan belajar langsung, belajar berpromosi, belajar mengatasi hambatan-hambatan atau tantangan-tantangan usaha. Inilah yang ingin disampaikan oleh Om Bob Sadino pada semua yang ingin berwirausaha. Ingin saja tidak cukup kalau tidak pernah mulai-mulai. Buat yang ingin mulai, namun bingung memilih ide usaha apa, bisa tonton video modul sukses wirausaha yang tersedia di UniversitasBisnis.com bagian download di member premium, miliki segera dan mulailah.

--

Berikut kelanjutan dari topik artikel sebelumnya tentang cara meningkatkan keuntungan usaha.
2. Meningkatkan jumlah customer baru
Cara kedua untuk meningkatkan profit usaha adalah meningkatkan jumlah customer baru. Cara ini adalah cara yang paling umum kita lakukan. Dan sepertinya, cara ini banyak menyita waktu kita untuk meraih profit.
Bagaimana cara untuk mendapatkan customer baru ? berikut ini beberapa langkah yang biasa kita lakukan :
- Menambah biaya marketing. Dengan harapan, jika biaya ditambah, customer baru juga bertambah
- Mencari media alternative untuk pemasaran. Ini dilakukan jika media lama dianggap kurang efektif atau bisa juga untuk membantu media lama.
Meningkatkan customer baru adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan profit perusahaan. Tapi jangan lupa pada langkah berikut ini ….
3. Meningkatkan Jumlah Pembelian Per Customer
Jangan hanya mencari customer baru, sementara customer lama Anda lupakan. Customer lama merupakan orang yang sudah memiliki kepercayaan kepada Anda. Karena itu menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pembelian dari customer lama daripada customer baru.
Beberapa metode untuk meningkatkan jumlah pembelian per customer antara lain :
- Up selling, artinya menawarkan spesifikasi yang lebih besar dengan harga yang lebih mahal. Misalnya Anda menjual computer. Seorang konsumen datang ingin membeli computer dengan harga 3 jutaan. Maka, tawarkan computer yang lebih tinggi spesifikasinya dengan harga yang lebih mahal. Jelaskan manfaat-manfaatnya yang sesuai dengan harapan konsumen tadi
- Cross selling, artinya menawarakan produk yang melengkapi produk utama yang dibeli customer Anda. Misalnya, pembeli computer ditawari asesoris computer. Pembeli makanan di warung, ditawari juga minuman dan makanan pembuka.
- Meningkatkan frekuensi pembelian. Maksudnya, Anda bisa meningkatkan frekuensi pembelian customer dalam jangka waktu tertentu. Kalau saat ini customer membeli 1 bulan sekali, tingkatkan menjadi satu bulan lima kali
Yang selalu harus kita ingat adalah, biaya untuk “merawat” customer lama jauh lebih rendah daripada biaya untuk mendapatkan customer baru. Karena itulah di dunia bisnis ada Customer Relationship Management (CRM).

4. Menjadikan Customer Anda sebagai pemasar
Anda ingin meningkatkan profit dengan cara GRATIS dan menyebar seperti virus ? inilah caranya. Jadikan customer Anda sebagai pemasar produk Anda. Maksudnya bagaimana ?
Berawal dari kepuasan customer akan produk dan pelayanan yang Anda berikan, ia akan dengan sukarela menyebarkan usaha Anda ke orang lain. Ini juga yang disebut pemasaran dari mulut ke mulut (mouth to mouth) atau viral marketing.
Berdasarkan penelitian, orang akan jauh lebih percaya membeli produk Anda jika ada yang mereferensikan. Dan Anda bisa membayangkan, jika satu customer Anda memiliki relasi ratusan orang atau bahkan ribuan orang, berapa customer baru yang akan Anda dapatkan. Terlebih saat ini era internet dan SMS.
Karena itu, kepuasan pelanggan harus Anda wujudkan di bisnis Anda. Produk dan pelayanan Anda harus mampu menjadikan customer memiliki loyalitas tinggi. Dan pada akhirnya produk dan pelayanan Anda harus bisa menjadikan customer sebagai pemasar Anda.
5. Tingkatkan pelayanan dan manfaat, bukannya diskon
Sebuah barang komoditas akan tetap berharga murah manakala tidak ada nilai tambah dari manfaatnya. Ketika sebuah barang komoditas diberi nilai tambah manfaat, maka harga barang tadi akan ikut naik seiring dengan penambahan nilai manfaat. Contohnya, kopi di pasar adalah komoditas yang harganya murah. Tapi setelah kopi dijual di Starbuck, nilainya akan manfaatnya bertambah dan harganya melambung tinggi.
Apapun barang atau jasa yang Anda miliki saat ini, silahkan naikkan nilai manfaat dan pelayannya. Dan setelah itu Anda bisa menaikkan harga sesuai dengan manfaat dan pelayanan yang Anda berikan.
Diskon merupakan salah satu strategi marketing yang bisa meningkatkan omset bisnis. Tapi Anda juga harus ingat, tujuan utama bisnis Anda adalah mendapatkan profit. Pemberian diskon pasti akan menurunkan margin keuntungan Anda, bukan ?
Boleh saja memberi diskon, tapi tentu dengan strategi dan pemikiran yng masak.
Nah, daripada selalu memberikan diskon yang belum tentu memberikan hasil, Anda bisa memberikan manfaat dan pelayanan yang lebih baik dengan harga yang sama atau bahkan lebih tinggi
6. Merancang anggaran bulanan
Kesuksesan harus direncanakan. Termasuk dalam masalah anggaran bulanan bisnis Anda. Rancanglah anggaran bulanan Anda agar pengeluaran Anda bisa lebih terkontrol dan terencana. Tanpa perencanaan, bisa jadi banyak pengeluaran yang mestinya tidak perlu tapi malah Anda lakukan.
Segala hal yang menyangkut masalah pengeluaran uang di perusahaan semestinya sudah direncanakan. Apalagi jika pengeluaran itu sifatnya rutin.
7.Lakukan penghematan 10 %
Lakukan penghematan semua biaya operasional Anda saat ini sebesar 10 %, kalau bisa lebih besar tentu lebih bagus. Silahkan cek semua pos pengeluaran Anda saat ini, saya yakin banyak sekali pengeluaran yang bisa Anda hemat. Uang yang Anda hemat itu bisa Anda gunakan untuk kepentingan yang lebih bermanfaat bagi bisnis Anda
Contoh-contoh pengematan : gunakan listrik seperlunya, beli kebutuhan kantor secara grosir, mengganti barang-barang kebutuhan rutin dengan barang yang harganya lebih murah, dll
8.Hentikan iklan yang tidak efektif
Di tengah persaingan usaha yang demikian sengit, iklan adalah bagian dari bisnis yang banyak memakan biaya. Sebagai pebisnis, tentu Anda mencermati mana saja iklan yang menguntungkan dan memberikan dampak bagi kemajuan bisnis. Tidak semua iklan efektif. Iklan yang tidak efektif wajib Anda tinggalkan sekarang juga.
Ingat selalu, dunia selalu berubah dan berkembang. Demikian juga perilaku konsumen juga berubah. Media yang dulu efektif untuk iklan Anda, belum tentu saat ini bermanfaat untuk bisnis Anda. Karena itu, melakukan pengukuran terhadap efektifitas iklan Anda menjadi sangat penting.
9. Dahulukan menjual barang dengan margin tinggi
Apa yang Anda capai saat ini biasanya adalah hasil dari apa yang Anda memfokuskan diri terhadapnya. Jika Anda menjual aneka macam produk dengan margin yang berbeda-beda, ada baiknya mulai saat ini Anda lebih memfokuskan diri memprioritaskan barang dengan margin keuntungan yang tinggi. Margin yang tinggi akan sangat membantu cashflow bisnis Anda. Beda sekali kan jika Anda menjual barang dengan margin rendah, walaupun volume penjualan banyak.
Fokuskan penjualan Anda pada produk-produk dengan margin yang tinggi.
10. Buat Program Member
11. Berdoa..

--

Ada banyak kisah sukses para pebisnis atau wirausaha yang awalnya bermulai dari usaha kecil. Ada banyak juga faktor motivasi sukses wirausaha. Ada yang memulai usaha setelah mengalami PHK. Ada yang memulai usaha karena selalu ditolak ketika melamar pekerjaan. Ada yang memulai usaha dari hobby. Ada juga yang menjadi pengusaha karena “diperkosa”. haha… Nah, ada juga yang membangun wirausaha karena “dendam”. Bahkan ia menjadi salah satu miliarder dunia yang berusia muda. Siapakah dia? Mungkin sebagian dari pemirsa sudah tau atau bahkan sepersepuluh penduduk dunia menggunakan bisnisnya ini. Bagi yang belum tau, mau tau?
Apakah pemirsa salah satu pengguna Facebook? Tau siapa pendirinya? Mark Zuckenberg (betul gak ya ejaannya..), inilah pemilik Facebook, salah satu social network terbesar di internet ini, selain twitter. Situs web no 2 teramai dikunjungi setelah Google, dan diibaratkan “negara baru” berpenduduk terbesar no.5 di dunia. Mark mungkin juga termasuk salah satu miliarder “kebetulan”. Ya, sukses kadang memang diawali secara kebetulan. Ketika terjepit, ketika ditolak, ketika mengalami “masa gelap, seseorang malah menciptakan sebuah usaha dan akhirnya menjadi kaya. Artikel ini saya tulis dari film Social Network, terlepas dari betul atau tidaknya isi film itu. Kita ambil positifnya saja ya.
Mark mengalami penolakan ketika pdkt dengan cewek idamannya. Namun, ia tidak terpuruk dalam kesedihan. Kesal sih iya, kecewa iya. Namun ia membuat web yang berisikan kumpulan teman-temannya khususnya para gadis kampusnya. Dari sini ia kembangkan, tentunya mengalami berbagai hambatan dan konflik. Tidak ada sukses tanpa penolakan, kegagalan, hambatan ataupun tantangan. Akhirnya sekarang ini web yang awalnya dibuat dari penolakan, sekarang menjadi social network terbesar di dunia, dan pemiliknya, Mark menjadi miliarder di amerika dan dunia. Ya, ini kisah sukses yang berawal dari penolakan gadis pujaan. Bagaimana ya bila cewek yang menolak si Mark meliat Mark yang sekarang? itu saya tidak tau, silahkan pemirsa tebak sendiri… Ha…
Nah, jadi hidup ini, sukses, ataupun membangun usaha, ternyata bisa dibangun dari energi penolakan. Ketika pemirsa ditolak, mengalami PHK mungkin, ditolak oleh calon pacar, dan lain-lain, mungkin itulah saatnya pemirsa bangkit berdiri, dan bilang : “Aha.. mereka yang menolak saya, tidak tau potensi saya… Saya akan keluarkan potensi terbaik saya.. ” Yang penting pemirsa terus berusaha. Apapun ajaran agamanya, Tuhan pasti akan mengangkat orang-orang yang berada di bawah, selama ia terus berusaha dan berdoa.
So, kapan mau jadi miliarder? Saya yakin tidak harus menunggu ditolak oleh wanita pujaan dulu kan? haha..
-

Kontrak harga emas kembali mengalami penurunan. Melorotnya harga emas terkait dengan penurunan harga minyak serta kesediaan pemimpin Uni Eropa untuk menyelamatkan Yunani dari default atas utangnya.

Asal tahu saja, pagi tadi, kontrak harga emas untuk pengantaran terkini mengalami penurunan sebesar 0,3 persen menjadi 1.498,15 dollar AS per troy ounce. Pada pukul 13.28 waktu Singapura, kontrak yang sama berada di posisi 1.500 dollar AS per troy ounce. Sepanjang minggu lalu, kontrak harga emas sempat anjlok 2,4 persen, yang merupakan penurunan terbesar pada minggu yang berakhir 6 Mei lalu. Sementara, kontrak harga emas untuk pengantaran Agustus tak banyak mengalami perubahan di posisi 1.500,50 dollar AS per troy ounce di Comex New York.

"Selain rencana penyelamatan Yunani, harga emas mengalami penurunan seiring penguatan dollar," jelas Hwang Il Doo, senior trader Korea Exchange Bank Futures Co di Seoul.

Sekadar tambahan, dollar menguat 0,3 persen terhadap enam mata uang utama dunia. Kondisi itu menyebabkan terpangkasnya pesona emas sebagai investasi alternatif.

--

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa menyatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan akan penggunaan mata uang yuan yang semakin marak.

"Memang ada satu program antara Indonesia dengan China yang kita sebut dengan swap arrangement. Di mana kita bisa menggunakan rupiah dalam pembelian, China bisa membayar juga dengan yuan untuk itu. Dan ini memang suatu program, dan kita tidak perlu khawatir soal itu. (Bahkan) itu positif," ungkap Hatta kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa ( 28/6/2011 ).

Indonesia dan China memang telah mempunyai perjanjian pertukaran mata uang bilateral (bilateral swap arrangement). Namun, sejauh ini perjanjian tersebut belum aktif.

Sebelumnya, Bank Indonesia pun mendukung penggunaan yuan sebagai bagian dari pendekatan multipolar dalam perdagangan dunia, di mana perdagangan tidak bergantung pada satu jenis mata uang saja.

Mengingat sejauh ini, mata uang yang menjadi basis nilai tukar dalam perdagangan yaitu dollar AS, Euro, Poundsterling Inggris, dan Yen Jepang.

Ketergantungan terhadap satu jenis mata uang ini, menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat Bank Indonesia, Difi Ahmad Johansyah, di Jakarta, Senin ( 27/6/2011 ), dapat menimbulkan instabilitas. "Di sini pentingnya yuan karena yuan berasal dari emerging market (pasar sedang berkembang)," ungkap Difi.

Namun, penggunaan yuan sendiri akan bergantung pada dorongan internasionalisasi yuan oleh bank sentral China. Selain itu pasokan yuan pun harus diperhitungkan, karena dapat berpengaruh pada biaya transaksi dan risiko nilai tukar yuan.


-
Limbah ikan kakap ternyata bisa disulap menjadi aksesori dan pernak-pernik nan cantik dan diminati pasar hingga mancanegara. Dengan sentuhan kreativitas, Theodora menciptakan gelang, bros, anting, bunga dan juga hiasan foto yang semuanya berbahan baku sisik ikan kakap. Dari hasil olahan sisik ikan itu, Ia mampu mendulang omzet hingga Rp 10 juta per bulan.

Barang sisa ternyata tidak selamanya terbuang sia-sia. Dengan sentuhan tangan kreatif, barang sisa atau limbah bisa mendatangkan rezeki. Seperti yang dilakukan Theodora de Lima, yang mengolah sisik ikan kakap yang terbuang menjadi aneka bentuk aksesori dan pernak-pernik perhiasan, seperti gelang, bros, anting, bunga dan hiasan foto.

Lulusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan di Universitas Pattimura ini mengolah sisik beragam ikan kakap, baik ikan kakap berwarna merah, hijau, merah muda, kuning maupun sisik ikan kakap warna putih. Setelah terkumpul, sisik tersebut dirangkai menjadi satu sehingga bisa membentuk salah satu jenis aksesori atau pernak-pernik.

Setelah selesai, Theodora menjualnya dengan harga beragam, tergantung bentuk aksesori yang dia produksi. Harga termurah, Rp 25.000 per unit. Tapi ada juga yang dijual Rp 300.000 per unit.

Dalam sebulan, dia bisa meraup omzet hingga Rp 10 juta. Tapi, untuk mendapatkan omzet tersebut, Theodora harus bertandang ke mana-mana untuk mengikuti pameran. Banyak sudah lokasi pameran yang ia sambangi, bahkan ia juga beberapa kali mengikuti pameran yang berlangsung di negeri Kincir Angin, Belanda.

Tak hanya di luar negeri, dia juga aktif ikut pameran di dalam negeri. Sebut saja pameran yang digelar di Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, Makassar, dan Manado. "Pada setiap pameran, produk kerajinan sisik ikan kami habis terjual," jelas perempuan kelahiran Salatiga, Jawa Tengah 47 tahun silam itu.

Bermula dari pameran itulah, kerajinan tangan Theodora dikenal pembeli mancanegara. Banyak pembeli dari Belanda, Australia, dan Hongkong menghubunginya, bahkan ada yang datang ke kediamannya di Ambon.

Theodora sengaja memilih Ambon menjadi lokasi produksi, karena warga Ambon gemar konsumsi ikan kakap. Alhasil, pasokan sisik ikan kakap terjamin. "Ikan kakap tak hanya memiliki daging yang berprotein tinggi, tapi sisiknya bernilai ekonomi tinggi," tambah Theodora.

Ide mengolah sisik ikan muncul ketika ia berkunjung ke Yogyakarta. Saat itu, dia melihat kerajinan kancing bantal berbahan tempurung kelapa. ”Saat itu muncul ide mengolah sisik ikan menjadi bunga,” tutur pemilik kelompok Usaha Bersama Mama Theodora di Wayame, Ambon ini.

Bicara soal produksi, Thedora mengaku belum bisa mematok target. Sebab, saat ini, produksinya sesuai dengan pesanan yang datang. "Ketika ada permintaan dalam jumlah banyak, kami menjadi kewalahan," kata Theodora.

Selain untuk ekspor, kerajinan sisik ikan kakap juga banyak digemari karyawan perkantoran pemerintah, swasta mau pun dari organisasi masyarakat. Pesanan biasanya datang saat ada acara-acara besar di Maluku, seperti pelaksanaan Sail Banda Agustus 2010 lalu. Tak hanya itu, banyak juga warga keturunan Maluku di Belanda gemar memesan kerajinan sisik ikan itu secara berkala.

Karena bahan baku sisi terbatas, Theodora mendatangkan sisik ikan kakap dari Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Sisik ikan yang berwarna putih itu juga dibuat aneka warna sesuai dengan kebutuhan produksi. Agar pasokan bahan baku lancar, Theodora mempekerjakan tenaga khusus untuk mencari limbah sisik ikan kakap tersebut.

Sementara itu, pekerja terampil yang dia rekrut di bengkel kebanyakan berstatus mahasiswa yang butuh pekerjaan sampingan. "Sudah banyak mahasiswa yang lulus dari sisik ini," kata Theodora.

Saat ini Theodora kesulitan mencari bahan baku pendukung produksi, seperti pengadaan lembaran aluminium, yang harus dia datangkan jauh-jauh dari Pulau Jawa.

-
Pasar uang Indonesia diuntungkan perpanjangan paket stimulus AS hingga Oktober 2011 yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS masih belum mengalami perbaikan.

"Pertumbuhan ekonomi AS yang merosot dari 3,2 persen menjadi 2,7 persen memberikan gambaran bahwa ekonomi global masih dilanda ketidakpastian," kata pengamat pasar uang, Farial Anwar, di Jakarta, Senin (27/6/2011).

Farial yang juga Direktur Currency Management Group, mengatakan, kondisi ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi kawasan Asia, khususnya Indonesia, karena investor asing akan kembali menempatkan dananya di kawasan ini. "Pelaku asing masih belum melihat peluang untuk masuk ke pasar AS maupun Eropa yang masih menerapkan tingkat suku bunga rendah," ucapnya.

Penjualan perumahan yang mengalami kemerosotan, menurut dia, juga merupakan salah satu faktor yang menunjukkan ekonomi AS memang jauh dari harapan. "Bahkan sejumlah perusahaan AS banyak mengalami kerugian," ujarnya.

Meski pelaku pasar asing cenderung memegang dollar ketimbang rupiah yang merosot melewati angka Rp 8.600 per dollar, namun menurut Farial, tekanan pasar hanya sementara karena fundamental ekonomi Indonesia makin bagus.

Peluang investor asing kembali masuk ke pasar domestik, lanjut dia, sebenarnya cukup besar dan akan mendorong rupiah kembali menguat. "Jadi tidak perlu dikhawatirkan bahwa rupiah maupun indeks harga saham gabungan (IHSG) akan terus tertekan bahkan kembali bergerak naik dengan masuknya pelaku asing ke pasar domestik," ujarnya.

-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar