Segar banget

Segar banget
bangett

Sabtu, 02 Juli 2011

Tiga Kata Ajaib









Posted: 01 Jul 2011 09:15 AM PDT
Efesus 4:29
“Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 2; Matius 2; 1 Raja-Raja 17-18

Seorang dosen beragama Kristen di kampus saya pernah memberikan wejangan kepada kami, para mahasiswanya, sebelum memberikan mata kuliah. Beliau mengatakan, bahwa ada tiga kata ajaib yang harus diingat oleh setiap kami sebagai bagian dari kelompok masyarakat, yakni tolong, maaf, dan terima kasih. Menurutnya, meskipun pendek, ketiga kata itu sangatlah bermanfaat saat kami menjalin relasi dengan orang lain.

Salah satu nasihat yang diberikan oleh Paulus untuk jemaat di Efesus adalah agar mereka memerhatikan dengan seksama perkataan yang mereka ucapkan. “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia” (Efesus 4:29).

Membiasakan diri untuk mengucapkan kata ‘tolong’, ‘maaf’, dan ‘terima kasih’ merupakan bagian dari perkataan baik yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus. Selain dapat membangun diri setiap orang yang mendengarnya, kata-kata tersebut dengan ajaib dapat menambah jumlah sahabat, mempererat hubungan dalam keluarga, meningkatkan rasa hormat, bahkan dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Maukah Anda mengalami keajaiban dari perkataan baik yang Anda ucapkan? Jika iya, mulailah hari ini memakai tiga kata tersebut ketika Anda bertemu dengan orang-orang di sekitar Anda. Lihatlah ketika Anda melakukannya, keajaiban demi keajaiban akan Anda alami. Percayalah !

Hidup Anda adalah buah dari perkataan Anda

--

Merebut Tanah Perjanjian
12Share

Merebut Tanah Perjanjian“…Bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan….” Yosua 1:2-3

Memasuki kwartal kedua tahun 2008 ini ada banyak masalah dan goncangan yang menimpa hidup manusia. Tetapi kita sebagai umat Tuhan harus tetap berpegang pada janjiNya. Tuhan berfirman bahwa Dia telah menyediakan Tanah Perjanjian bagi umat-Nya. Tuhan telah berjanji bahwa semuanya disediakan bagi kita yang percaya kepadaNya.

Ada yang harus kita lakukan agar semua janji Tuhan nyata dalam hidup kita.

Bagaimana caranya agar kita dapat merebut Tanah Perjanjian yang telah disediakan bagi kita?

1. PERKATAKAN FIRMAN TUHAN

“Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung ” Yos 1:8

Biarlah firman Tuhan yang menjadi penuntun hidup kita (Maz 119:105), sehingga setiap hal yang kita lakukan menjadi berhasil (Maz 1:1-3).

2. MENGGUNAKAN STRATEGI / RENCANA

“Pengintai-pengintai di Yerikho (judul perikop)” Yosua 2

Yosua tidak asal berperang saja, tetapi dia menggunakan strategi dalam mengalahkan lawan. Dia tahu benar bagaimana keadaan musuhnya.

Susunlah strategi/rencana kita bagi pekerjaan ataupun pelayanan kita (Luk 14:28-32). Sehingga apa yang kita lakukan dapat menuju kepada tujuan yang tepat dan benar.

3. MELANGKAH DENGAN IMAN

“….para imam pengangkat tabut itu mencelupkan kakinya ke dalam air di tepi sungai itu………maka berhentilah air itu mengalir.” Yos 3:14-17

Para imam bangsa Israel melangkah dengan iman untuk menyeberangi sungai Yordan. Sungai Yordan terbelah menjadi kering, sesaat para imam mencelupkan kaki mereka.

Mujizat terjadi pada saat kita melangkah dengan iman, bukan sebelumnya.

Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi, sebelum kita melangkah.

Yosua membawa bangsa Israel merebut Tanah Perjanjian dan Tuhan Allah menyertainya.

Tuhan juga akan menyertai kita dan membawa kita masuk dalam janji-janjiNya.

Perkatakan dan renungkan firmanNya tiap saat. Rencanakan hidup kita untuk masa yang akan datang. Melangkahlah dengan iman, jangan takut akan apa yang akan terjadi.

--

“Lalu katanya kepadaku: “Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu.” Daniel 10:12

Kitab Daniel pasal 10 menceritakan Daniel yang saat itu sedang berpuasa makanan yang sedap seperti daging dan anggur (yang dikenal dengan puasa Daniel) selama tiga minggu penuh dan pada hari ke dua puluh satu ia mendapatkan sebuah penglihatan. Ia melihat seorang malaikat menghampirinya dan menyampaikan pesan dari Tuhan. Malaikat tersebut memberitahu Daniel bahwa doa yang ia naikkan kepada Tuhan sudah didengarNya sejak hari pertama didoakan (Dan 10:12). Tetapi ada yang menghalangi jawaban doa tersebut. Dikatakan bahwa ada pemimpin kerajaan orang Persia (Dan 10:13) yang berdiri menghalangi malaikatNya selama dua puluh satu hari. Tetapi pada akhirnya malaikat yang bernama Mikhael datang menolong.

Dikatakan bahwa Daniel berniat mendapat pengertian dan merendahkan dirinya di hadapan Allahnya (Dan 10:12). Dari ayat ini dapat kita pelajari bahwa setiap doa yang kita naikkan dengan niat yang sungguh-sungguh dan penuh dengan kerendahan hati, maka doa tersebut langsung didengar oleh Tuhan.

Yang menjadi permasalahan adalah adanya kuasa kegelapan yang menghalangi jawaban doa yang sudah Tuhan sediakan bisa sampai kepada kita. Si jahat tidak suka kalau kita menerima jawaban doa dan diberkati oleh Tuhan. Oleh karena itu, dengan segala upayanya, dia akan berusaha dengan keras agar kita tidak mendapatkan jawaban doa tersebut. Bahkan iblis akan berusaha membuat kita berpikir bahwa doa kita tidak didengar oleh Tuhan. Kita akan merasa doa kita sia-sia, sehingga kita akan menyerah dengan begitu saja tanpa perjuangan.

Kita harus terus berdoa untuk pergumulan yang kita alami. Apapun yang menjadi doa-doa kita, harus terus kita naikkan sampai kita menerima jawabannya. Jangan menyerah di tengah jalan. Kita tidak tahu kapan waktunya, tapi yang pasti Tuhan tahu waktu yang terbaik bagi kita. Jangan biarkan iblis merebut berkat yang sudah menjadi hak kita. Raih jawaban doa melalui doa yang berkesinambungan dan tak henti-hentinya (Ef 6:18).

--

Hakim Imas, Bukti Mafia Pengadilan Perburuhan
Penangkapan Imas berkaitan dengan sengketa PT Onamba Indonesia dengan serikat pekerja.
Sabtu, 2 Juli 2011, 10:20 WIB
Aries Setiawan
Palu sidang (e-campusradio.com)
BERITA TERKAIT

* Hakim Imas Dijebloskan ke Rutan Pondok Bambu
* KY: Periksa Ulang Kejiwaan Hakim
* KY Bidik 10 Hakim Nakal
* Hakim Imas Resmi Jadi Tersangka Kasus Suap
* Imas Janji Menangkan Kasus di Tingkat Kasasi

VIVAnews - Penangkapan hakim ad hoc Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), Imas Dianasari oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin menunjukkan dunia hukum ketenagakerjaan juga dijerat para mafia hukum.

Hal ini diungkapkan Ketua Nasional Komite Perhimpunan Rakyat Pekerja, Anwar Ma'ruf, dalam pernyataan sikapnya yang diterima VIVAnews, Sabtu, 2 Juli 2011.

Menurut Anwar, mafia hukum ketenagakerjaan telah terbangun sejak lama.
"Hal ini semakin memperjelas, bahwa mafia hukum ketenagakerjaan yang dibangun antara pemilik modal dan hakim ad hoc Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) semakin menindas para buruh," ujar Anwar.

Dia juga menyatakan, ketika serikat buruh menang dalam sidang PHI atau bahkan di Mahkamah Agung, seringkali eksekusinya harus menunggu tanpa ada kepastian hukum. "Ini juga merupakan suatu kongkalikong dengan mafia hukum ketenagakerjaan agar serikat buruh tidak mendapatkan hasil yang memuaskan dari PHI," katanya.

Dalam perkara PT Onamba Indonesia dengan para buruhnya, diawali adanya mogok kerja yang dilakukan para buruhnya. Mogok kerja dimulai pada 30 September 2010.

Anwar menjelaskan, pemogokan itu karena ada tiga tuntutan, yaitu penyediaan mobil jemputan untuk semua rute bagi para buruh, perubahan kartu asuransi kesehatan untuk buruh dari Blue Inhealt (untuk regional) menjadi Silver Inhealth (untuk nasional), dan pembayaran sumbangan bagi pekerja yang meninggal dunia.

PT Onamba Indonesia merupakan perusahaan investasi Jepang yang memasok kebutuhan kabel wireless untuk perusahaan elektronika seperti, Epson, Kiyokuni, KAI, Sanken, Bando, Toshiba, dan JVC. PT Onamba Indonesia adalah market leader bagi produk tersebut dengan pangsa pasar 65 persen untuk suplai konsumen internasional dan 35 persen lainnya untuk suplai konsumen lokal seperti Epson dan JVC.

Hakim Imas tertangkap tangan di restoran La Ponyo, Cinunuk, Bandung, Kamis malam, 30 Juni 2011, saat menerima uang Rp200 juta dari Odi Juanda yang menjabat Manajer Administrasi PT Onamba Indonesia. Uang tersebut diduga sebagai suap untuk memenangkan perkara PT Onamba Indonesia yang bersengketa dengan serikat pekerjanya. Imas berjanji akan memenangkan PT Onamba Indonesia di tingkat kasasi di MA.

Hakim Imas dijerat dengan Pasal 12 huruf c dan atau Pasal 6 Ayat 2 dan atau Pasal 15 dan Pasal 11 UU Tindak Pidana Korupsi. Adapun Odi, dijerat dengan Pasal 6 Ayat 1 huruf a dan atau Pasal 15 dan atau Pasal 13 UU Tipikor. Saat ini keduanya mendekam di tahanan. Hakim Imas ditahan di Rutan Pondok Bambu, sedangkan Odi di Rutan Cipinang.

--

Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.[1]

Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar mencakup unsur-unsur sebagai berikut:

* perbuatan melawan hukum;
* penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana;
* memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi;
* merugikan keuangan negara atau perekonomian negara;

Selain itu terdapat beberapa jenis tindak pidana korupsi yang lain, di antaranya:

* memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan);
* penggelapan dalam jabatan;
* pemerasan dalam jabatan;
* ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara);
* menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara).

Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah|pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, dimana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

Korupsi yang muncul di bidang politik dan birokrasi bisa berbentuk sepele atau berat, terorganisasi atau tidak. Walau korupsi sering memudahkan kegiatan kriminal seperti penjualan narkotika, pencucian uang, dan prostitusi, korupsi itu sendiri tidak terbatas dalam hal-hal ini saja. Untuk mempelajari masalah ini dan membuat solusinya, sangat penting untuk membedakan antara korupsi dan kriminalitas|kejahatan.

Tergantung dari negaranya atau wilayah hukumnya, ada perbedaan antara yang dianggap korupsi atau tidak. Sebagai contoh, pendanaan partai politik ada yang legal di satu tempat namun ada juga yang tidak legal di tempat lain.

Kondisi yang mendukung munculnya korupsi

* Konsentrasi kekuasan di pengambil keputusan yang tidak bertanggung jawab langsung kepada rakyat, seperti yang sering terlihat di rezim-rezim yang bukan demokratik.
* Kurangnya transparansi di pengambilan keputusan pemerintah
* Kampanye-kampanye politik yang mahal, dengan pengeluaran lebih besar dari pendanaan politik yang normal.
* Proyek yang melibatkan uang rakyat dalam jumlah besar.
* Lingkungan tertutup yang mementingkan diri sendiri dan jaringan "teman lama".
* Lemahnya ketertiban hukum.
* Lemahnya profesi hukum.
* Kurangnya kebebasan berpendapat atau kebebasan media massa.
* Gaji pegawai pemerintah yang sangat kecil.

mengenai kurangnya gaji atau pendapatan pegawai negeri dibanding dengan kebutuhan hidup yang makin hari makin meningkat pernah di kupas oleh B Soedarsono yang menyatakan antara lain " pada umumnya orang menghubung-hubungkan tumbuh suburnya korupsi sebab yang paling gampang dihubungkan adalah kurangnya gaji pejabat-pejabat....." namun B Soedarsono juga sadar bahwa hal tersebut tidaklah mutlak karena banyaknya faktor yang bekerja dan saling memengaruhi satu sama lain. Kurangnya gaji bukanlah faktor yang paling menentukan, orang-orang yang berkecukupan banyak yang melakukan korupsi. Namun demikian kurangnya gaji dan pendapatan pegawai negeri memang faktor yang paling menonjol dalam arti merata dan meluasnya korupsi di Indonesia, hal ini dikemukakan oleh Guy J Parker dalam tulisannya berjudul "Indonesia 1979: The Record of three decades (Asia Survey Vol. XX No. 2, 1980 : 123). Begitu pula J.W Schoorl mengatakan bahwa " di Indonesia di bagian pertama tahun 1960 situasi begitu merosot sehingga untuk sebagian besar golongan dari pegawai, gaji sebulan hanya sekadar cukup untuk makan selama dua minggu. Dapat dipahami bahwa dalam situasi demikian memaksa para pegawai mencari tambahan dan banyak diantaranya mereka mendapatkan dengan meminta uang ekstra untuk pelayanan yang diberikan". ( Sumber buku "Pemberantasan Korupsi karya Andi Hamzah, 2007)

* Rakyat yang cuek, tidak tertarik, atau mudah dibohongi yang gagal memberikan perhatian yang cukup ke pemilihan umum.
* Ketidakadaannya kontrol yang cukup untuk mencegah penyuapan atau "sumbangan kampanye".

[sunting] Dampak negatif
[sunting] Demokrasi

Korupsi menunjukan tantangan serius terhadap pembangunan. Di dalam dunia politik, korupsi mempersulit demokrasi dan tata pemerintahan yang baik (good governance) dengan cara menghancurkan proses formal. Korupsi di pemilihan umum dan di badan legislatif mengurangi akuntabilitas dan perwakilan di pembentukan kebijaksanaan; korupsi di sistem pengadilan menghentikan ketertiban hukum; dan korupsi di pemerintahan publik menghasilkan ketidak-seimbangan dalam pelayanan masyarakat. Secara umum, korupsi mengkikis kemampuan institusi dari pemerintah, karena pengabaian prosedur, penyedotan sumber daya, dan pejabat diangkat atau dinaikan jabatan bukan karena prestasi. Pada saat yang bersamaan, korupsi mempersulit legitimasi pemerintahan dan nilai demokrasi seperti kepercayaan dan toleransi.
[sunting] Ekonomi
Korupsi juga mempersulit pembangunan ekonomi dan mengurangi kualitas pelayanan pemerintahan.

Korupsi juga mempersulit pembangunan ekonomi dengan membuat distorsi dan ketidak efisienan yang tinggi. Dalam sektor privat, korupsi meningkatkan ongkos niaga karena kerugian dari pembayaran ilegal, ongkos manajemen dalam negosiasi dengan pejabat korup, dan risiko pembatalan perjanjian atau karena penyelidikan. Walaupun ada yang menyatakan bahwa korupsi mengurangi ongkos (niaga) dengan mempermudah birokrasi, konsensus yang baru muncul berkesimpulan bahwa ketersediaan sogokan menyebabkan pejabat untuk membuat aturan-aturan baru dan hambatan baru. Dimana korupsi menyebabkan inflasi ongkos niaga, korupsi juga mengacaukan "lapangan perniagaan". Perusahaan yang memiliki koneksi dilindungi dari persaingan dan sebagai hasilnya mempertahankan perusahaan-perusahaan yang tidak efisien.

Korupsi menimbulkan distorsi (kekacauan) di dalam sektor publik dengan mengalihkan investasi publik ke proyek-proyek masyarakat yang mana sogokan dan upah tersedia lebih banyak. Pejabat mungkin menambah kompleksitas proyek masyarakat untuk menyembunyikan praktek korupsi, yang akhirnya menghasilkan lebih banyak kekacauan. Korupsi juga mengurangi pemenuhan syarat-syarat keamanan bangunan, lingkungan hidup, atau aturan-aturan lain. Korupsi juga mengurangi kualitas pelayanan pemerintahan dan infrastruktur; dan menambahkan tekanan-tekanan terhadap anggaran pemerintah.

Para pakar ekonomi memberikan pendapat bahwa salah satu faktor keterbelakangan pembangunan ekonomi di Afrika dan Asia, terutama di Afrika, adalah korupsi yang berbentuk penagihan sewa yang menyebabkan perpindahan penanaman modal (capital investment) ke luar negeri, bukannya diinvestasikan ke dalam negeri (maka adanya ejekan yang sering benar bahwa ada diktator Afrika yang memiliki rekening bank di Swiss). Berbeda sekali dengan diktator Asia, seperti Soeharto yang sering mengambil satu potongan dari semuanya (meminta sogok), namun lebih memberikan kondisi untuk pembangunan, melalui investasi infrastruktur, ketertiban hukum, dan lain-lain. Pakar dari Universitas Massachussetts memperkirakan dari tahun 1970 sampai 1996, pelarian modal dari 30 negara sub-Sahara berjumlah US $187 triliun, melebihi dari jumlah utang luar negeri mereka sendiri. [1] (Hasilnya, dalam artian pembangunan (atau kurangnya pembangunan) telah dibuatkan modelnya dalam satu teori oleh ekonomis Mancur Olson). Dalam kasus Afrika, salah satu faktornya adalah ketidak-stabilan politik, dan juga kenyataan bahwa pemerintahan baru sering menyegel aset-aset pemerintah lama yang sering didapat dari korupsi. Ini memberi dorongan bagi para pejabat untuk menumpuk kekayaan mereka di luar negeri, di luar jangkauan dari ekspropriasi di masa depan.
[sunting] Kesejahteraan umum negara

Korupsi politis ada di banyak negara, dan memberikan ancaman besar bagi warga negaranya. Korupsi politis berarti kebijaksanaan pemerintah sering menguntungkan pemberi sogok, bukannya rakyat luas. Satu contoh lagi adalah bagaimana politikus membuat peraturan yang melindungi perusahaan besar, namun merugikan perusahaan-perusahaan kecil (SME). Politikus-politikus "pro-bisnis" ini hanya mengembalikan pertolongan kepada perusahaan besar yang memberikan sumbangan besar kepada kampanye pemilu mereka.
[sunting] Bentuk-bentuk penyalahgunaan

Korupsi mencakup penyalahgunaan oleh pejabat pemerintah seperti penggelapan dan nepotisme, juga penyalahgunaan yang menghubungkan sektor swasta dan pemerintahan seperti penyogokan, pemerasan, campuran tangan, dan penipuan.
[sunting] Penyogokan: penyogok dan penerima sogokan

Korupsi memerlukan dua pihak yang korup: pemberi sogokan (penyogok) dan penerima sogokan. Di beberapa negara, budaya penyogokan mencakup semua aspek hidup sehari-hari, meniadakan kemungkinan untuk berniaga tanpa terlibat penyogokan.

Negara-negara yang paling sering memberikan sogokan pada umumnya tidak sama dengan negara-negara yang paling sering menerima sogokan.

Duabelas negara yang paling kurang korupsinya, menurut survey persepsi (anggapan ttg korupsi oleh rakyat) oleh Transparansi Internasional di tahun 2001 adalah sebagai berikut:

* Australia
* Kanada
* Denmark
* Finlandia
* Islandia
* Luxemburg
* Belanda
* Selandia Baru
* Norwegia
* Singapura
* Swedia
* Swiss
* Israel

Menurut survei persepsi korupsi , tigabelas negara yang paling korup adalah:

* Azerbaijan
* Bangladesh
* Bolivia
* Kamerun
* Indonesia
* Irak
* Kenya
* Nigeria
* Pakistan
* Rusia
* Tanzania
* Uganda
* Ukraina

Namun demikian, nilai dari survei tersebut masih diperdebatkan karena ini dilakukan berdasarkan persepsi subyektif dari para peserta survei tersebut, bukan dari penghitungan langsung korupsi yg terjadi (karena survey semacam itu juga tidak ada)
[sunting] Sumbangan kampanye dan "uang haram"

Di arena politik, sangatlah sulit untuk membuktikan korupsi, namun lebih sulit lagi untuk membuktikan ketidakadaannya. Maka dari itu, sering banyak ada gosip menyangkut politisi.

Politisi terjebak di posisi lemah karena keperluan mereka untuk meminta sumbangan keuangan untuk kampanye mereka. Sering mereka terlihat untuk bertindak hanya demi keuntungan mereka yang telah menyumbangkan uang, yang akhirnya menyebabkan munculnya tuduhan korupsi politis.
[sunting] Tuduhan korupsi sebagai alat politik

Sering terjadi dimana politisi mencari cara untuk mencoreng lawan mereka dengan tuduhan korupsi. Di Republik Rakyat Cina, fenomena ini digunakan oleh Zhu Rongji, dan yang terakhir, oleh Hu Jintao untuk melemahkan lawan-lawan politik mereka.
[sunting] Mengukur korupsi

Mengukur korupsi - dalam artian statistik, untuk membandingkan beberapa negara, secara alami adalah tidak sederhana, karena para pelakunya pada umumnya ingin bersembunyi. Transparansi Internasional, LSM terkemuka di bidang anti korupsi, menyediakan tiga tolok ukur, yang diterbitkan setiap tahun: Indeks Persepsi Korupsi (berdasarkan dari pendapat para ahli tentang seberapa korup negara-negara ini); Barometer Korupsi Global (berdasarkan survei pandangan rakyat terhadap persepsi dan pengalaman mereka dengan korupsi); dan Survei Pemberi Sogok, yang melihat seberapa rela perusahaan-perusahaan asing memberikan sogok. Transparansi Internasional juga menerbitkan Laporan Korupsi Global; edisi tahun 2004 berfokus kepada korupsi politis. Bank Dunia mengumpulkan sejumlah data tentang korupsi, termasuk sejumlah Indikator Kepemerintahan.

-
Peringkat Korupsi Dunia - Thread Not Solved Yet
Tahun 2003 dan 2004, China ditetapkan oleh para peneliti dan para aktivis anti korupsi menjadi negara paling korup di dunia disusul kemudian Indonesia, India, Brasil dan Peru.

Tahun 2005 China masih menduduki tempat teratas dan disusul oleh India, Brasil, Peru dan Filipina.

Atas hasil penelitian itu, ketika Konferensi Asia Afrika Amerika di Taman Mini, seorang pejabat/delegasi China menyatakan keheranannya kepada seorang pejabat Indonesia yang menemuinya bersama beberapa pejabat negara-negara itu.

Delegasi China, "Hai, Pak Pejabat, sepertinya korupsi di Indonesia hampir menyamai di negeri kami, tapi kok negara Anda bisa keluar dari lima besar, apakah sudah ada gerakan anti korupsi besar-besaran di pemerintahan Anda?".

Delegasi India, Brasil, Peru, dan Filipina, "Iya nih kita juga terkejut deh mendengar itu, bagaimana bisa?".

Dengan senyum ramah dan nada ceria sang pejabat Indonesia menjawab, "Ooo... mudah saja, itu semua gampang diatur.".

Delegasi China, "Caranya Bagaimana?".

Pejabat Indonesia, "Caranya, siapkan uang sepantasnya dan berikan pada para peneliti itu dengan permintaan supaya negara saya diturunkan dari peringkat lima besar...".

Delegasi China, "Oooo... Hebat, itu baru namanya koruptor hebat... masuk akal... hasil penelitian pun bisa di korupsi...".

--

Kredit Apartemen Murah Bank Mutiara, Cicilan Rp 1,1 Juta
Herdaru Purnomo - detikFinance


Foto: dok.detikFinance
Jakarta - PT Bank Mutiara Tbk (Sebelumnya Bank Century) menggandeng PT Duta Paramindo yang merupakan pengembang Apartemen d'Green Pramuka Residences dalam hal pembiayaan kepemilikan apartemen (KPA). Bank Mutiara memberikan KPA dengan cicilan murah dan terjangkau konsumen dengan jangka waktu selama 20 tahun.

"Program pembiayaan KPA ini merupakan bentuk inovasi terbaru Bank Mutiara, setelah sebelumnya kami menawarkan produk KPR/KPA tanpa uang muka dengan bunga 0% saat ini melalui kerjasama pembiayaan KPA tersebut, untuk memiliki unit di d'Green Pramuka Residences, Bank Mutiara mengenakan uang muka sebesar 20 % dari harga jual, serta cicilan berkisar Rp 1,1 jutaan per bulan selama 20 tahun," papar Direktur Utama Bank Mutiara Maryono dalam siaran pers yang diperoleh detikFinance di Jakarta, Kamis (30/6/2011).

Ditambahkan Maryono, melalui kerjasama tersebut konsumen bisa memiliki unit properti dengan cicilan yang terjangkau, sehingga mereka tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup lainnya. d'Green Pramuka Residences yang berlokasi di kawasan strategis Jakarta Pusat, merupakan apartemen 17 Tower dengan ketinggian masing-masing tower 25 lantai.

Apartemen yang menyasar segmen kelas menengah-atas ini juga dilengkapi dengan mal moderen, pasar segar, serta Outbound Adventure Park. Terdapat pula Giant Thematic Garden seluas 10.000 m2 yang akan menjadi kawasan hijau terbuka di Jakarta Pusat.

“Kerjasama dengan PT Duta Paramindo Sejahtera ini menunjukkan makin tingginya kepercayaan dunia usaha kepada Bank Mutiara. Lebih dari itu, kerjasama pembiayaan ini merupakan bagian dari rencana strategis Bank Mutiara dalam meningkatkan penyaluran kredit khususnya KPR/KPA,” ujar Maryono.

KPR/KPA merupakan salah satu fokus kredit consumer Bank Mutiara. Hingga akhir 2011, Maryono menargetkan penyaluran kredit KPR/KPA dapat mencapai Rp 500 miliar, meningkat 77,3 % jika dibandingkan dengan realisasi 2010 sebesar Rp 113,38 miliar.

Sebelumnya, Bank Mutiara juga telah melakukan inovasi dalam mengucurkan KPR dan KPA, berupa fasilitas kredit dengan bunga 0% dan tanpa uang muka untuk sejumlah unit properti yang dikembangkan Gapuraprima Grup.

"Bank Mutiara akan terus meningkatkan kredit KPR/KPA melalui kerjasama dengan pengembang atau developer lainnya, tentunya dengan inovasi baru untuk memudahkan nasabah dalam memiliki rumah dan apartemen," papar Maryono.

Pada kesempatan tersebut, Maryono menjelaskan, sampai dengan Mei 2011, Bank Mutiara telah melayani lebih dari 48.583 rekening nasabah. Total Dana Pihak Ketiga yang diraih Bank Mutiara mencapai Rp 10,141 triliun, atau tumbuh 57,25% dibanding periode yang sama 2010 sebesar Rp 6,449 triliun. Adapun total kredit yang dikucurkan per Mei 2011 mencapai Rp 8,074 triliun meningkat 49,96% dibanding akhir Mei 2010 sebesar Rp 5,384 triliun.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, dalam waktu dekat Bank Mutiara akan merilis layanan internet banking serta bergabung dengan 21 ribu mesin jaringan ATM Prima. Selama ini, selain dapat dipakai di jaringan sendiri, ATM Bank Mutiara telah dapat digunakan di 17 ribu jaringan ATM Bersama.

“Melalui berbagai inovasi tersebut, kami berharap Bank Mutiara dapat menjaga kepercayaan stakeholders dengan terus meningkatkan kinerja yang berkualitas ini,” tutup Maryono.


--

Harga Emas di Pasar Internasional 'Tenggelam'
Wahyu Daniel - detikFinance


Foto: Reuters
Jakarta - Eksepktasi membaiknya ekonomi Eropa pasca paket penyelamatan utang di Yunani membuat emas ditinggalkan oleh investor. Para investor mulai mengembalikan uangnya ke investasi di sektor keuangan.

Hal ini membuat harga emas di pasar internasional turun 1% pada perdagangan Jumat kemarin. Membaiknya ekspektasi ekonomi ini membuat emas menjadi berkurang daya tariknya.

Harga emas di pasar komoditi AS berada di bawah tekanan setelah saham-saham di bursa Wall Street terus melanjutkan lompatan positifnya akibat membaiknya sektor manufaktur. Selain emas, harga minyak juga ikut tertekan.

"Emas tidak mendapatkan dorongan dari membaiknya gambaran ekonomi global. Saat ini emas menjadi tidak menarik lagi dibandingkan satu atau dua bulan yang lalu," ujar Analis Bill O'Neill seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (2/7/2011).

Pada perdagangan kemarin harga emas tenggelam di bawah level US$ 1.500 per ounce, turun di bawa rata-rata harganya dalam 100 hari terakhir. Harga spot emas berada di level US$ 1.478,01 per ounce atau yang terendah sejak 17 Mei.

Sementara perdagangan berjangka emas untuk pengiriman Agustus turun US$ 20,2 menjadi US$ 1.482,6 per ounce.

--

Investor Pede, Wall Street Kinclong di Awal Juli
Wahyu Daniel - detikFinance


Foto: Reuters
Jakarta - Saham-saham di bursa Wall Street AS mengawali bulan Juli dengan memuaskan. Dalam sepekan ini bursa Wall Street mencetak rekor tertingginya dalam 2 tahun terakhir. Didorong kepercayaan diri investor.

Dalam 5 hari berturut-turut, saham-saham di bursa Wall Street terus menguat, meskipun volume transaksi belum sekuat yang diharapkan.

Para investor mulai menunjukan optimismenya setelah muncul sebuah resolusi baru di Yunani terkait penyelesaian utang-utang negara tersebut. Indeks S&P 500 menanjak cukup tajam.

"Kami melakukan gerakan yang positif. Pergerakan ini positif di tengah transaksi yang tak terlalu besar," kata Analis John Norris seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (2/7/2011).

Volume perdagangan di bursa Wall Street, Jumat (1/7/2011) sangat ringan. Saham yang diperdagangkan hanya mencapai 6,2 miliar lembar. Ini di bawah rata-rata transaksi harian di tahun ini yang sebesar 7,55 miliar lembar.

Pada perdagangan kemarin, Indeks Dow Jones naik 168,43 poin (1,36%) ke level 12.582,77. Indeks S&P 500 naik 19,03 poin (1,44%) ke level 1.339,67, dan indeks Nasdaq naik 42,51 poin (1,53%) ke level 2.816,03.

Sepanjang pekan ini, indeks S&P 500 naik 5,6%, sementara Dow Jones naik 5,4%, dan Nasdaq naik 6,2%. Ini merupakan kenaikan tertinggi dalam seminggi semenjak Juli 2009.

Meski begitu, investor masih fokus menunggu data-data ekonomi terbaru AS khususnya di sektor manufaktur.

-

Penduduk Miskin RI 'Ngumpul' di Pulau Jawa
Wahyu Daniel - detikFinance


Jakarta - Jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2011 mencapai 30,02 juta orang atau 12,49% dari total penduduk Indonesia. Dari jumlah ini, sebanyak 16,73 juta orang (55,7%) berada di Pulau Jawa.

Demikian data kemiskinan terbaru per Maret 2011 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip, Sabtu (2/7/2011).

Setelah Jawa, dalam data BPS tersebut tercatat jumlah penduduk miskin kedua terbesar berada di Pulau Sumatera sebanyak 6,451 juta orang.

Berikut daftar penduduk miskin Indonesia per Maret 2011 berdasarkan pulau:

* Sumatera sebanyak 6,451 juta orang.
* Jawa sebanyak 16,726 juta orang
* Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 2,073 juta orang
* Kalimantan sebanyak 969 ribu orang
* Sulawesi sebanyak 2,144 juta orang
* Maluku dan Papua sebanyak 1,65 juta orang

Hingga Maret 2011, jumlah penduduk miskin Indonesia berkurang 1 juta orang. Dari 31,02 juta orang di Maret 2010 menjadi 30,02 juta orang di Maret 2011.

Jumlah penduduk miskin di daerah pedesaan turun lebih besar daripada di daerah perkotaan. Selama periode Maret 2010-Maret 2011, penduduk miskin di daerah pedesaan berkurang sekitar 0,95 juta orang, sementara di perkotaan berkurang 0,05 juta orang.

Berkurangnya jumlah penduduk miskin ini adalah karena pemerintah menaikkan garis kemiskinan di Indonesia. Pemerintah telah menaikan batas garis kemiskinan dari Rp 211.726 menjadi Rp 233.740 per kapita per bulan atau naik 10,39%.

--

Karyawan Tolak Pesangon Pakai Surat Utang, Bakrie Life Cuek
Herdaru Purnomo - detikFinance


Foto: dok.detikFinance
Jakarta - Beberapa karyawan PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) menolak pembayaran pesangon PHK dengan surat utang. Karyawan yang tergabung dalam Forum Karyawan Bakrie Life Menggugat (FKBLM) tetap menuntut manajemen Bakrie Life.

Hal ini disampaikan oleh Perwakilan dari Forum Karyawan Bakrie Life Menggugat (FKBLM) Robby kepada detikFinance di Jakarta, Sabtu (2/7/2011).

"PHK yang dilakukan Bakrie Life merupakan PHK yang dilakukan dengan cara-cara yang berani menentang Undang-Undang Ketenagakerjaan," jelasnya.

Dalam replik yang disampaikan kuasa hukum FKBLM disampaikan perselisihan yang terjadi antara Bakrie Life dan karyawannya adalah mengenai tidak adanya kesesuaian pendapat mengenai PHK antara karyawan dengan pihak perusahaan

Ini diungkap dalam sidang ke-4 di pengadilan hubungan industrial. Dalam sudah keempat tersebut pihak Bakrie Life tidak hadir.

"Alasan yang dipakai Bakrie Life dalam melakukan tindakannya ini adalah karena terjadinya krisis global yang berimbas kepada perusahaan. Alasan ini tidak masuk akal, bagaimana mungkin alasan ini dapat diterima. sementara perusahaan-perusahaan lain atau industri sejenis yang ada di Indonesia segar bugar saja, bahkan beberapa perusahaan sejenis mengalami peningkatan dalam usahanya," tutur Robby.

Menurut Robby, lebih masuk akal bila dikatakan telah terjadi mismanagement yang dilakukan oleh pengurus/dewan direksi perusahaan dalam menjalankan perusahaan yang akibatnya harus ditanggung oleh karyawan.

"Padahal, dalam kondisi yang lebih buruk lagi yaitu perusahaan mengalami kepailitan saja, hak karyawan merupakan suatu hak yang didahulukan bahkan dari piutang para kreditur (pihak ketiga)," imbuh Robby.

Robby membenarkan pernyataan Direktur Utama Bakrie Life Timoer Sutanto yang mengatakan hanya sekitar 20 orang atau tepatnya 17 orang yang tidak setuju pembayaran pesangon dengan surat utang.

"Tetapi, sisanya adalah para karyawan yang diminta untuk mengundurkan diri secara sukarela dan diberi uang pisah sesuai kebijakan perusaan, dan sebagian besar dengan masa kerja di bawah 5 tahun," jelas Robby.

"Pihak karyawan mencoba menyelesaikan maslaah ini melalui mediasi baik melalui kuasa hukum maupun Sudinaker Jakarta Selatan. Namun, hal ini tidak pernah direspons dan ditanggapi dengan baik oleh perusahaan," kata Robby.

Seperti diketahui, Dirjen pembinaan hubungan industrial dan jaminan sosial tenaga kerja kemenakertrans, Myrna M Hanartani mengatakan, sesuai aturan pesangon harus dibayarkan secara tunai dan dalam jumlah yang penuh, dan dengan tegas mengatakan Pemerintah melarang pesangon dibayar pakai surat utang.

--

Jumlah Masyarakat Miskin dan Hampir Miskin Capai 60 Juta Orang
Herdaru Purnomo - detikFinance


Jakarta - DPR-RI melalui Komisi XI menilai telah terjadi perlambatan penurunan tingkat kemiskinan di Indonesia. Pemerintah perlu melakukan kebijakan progresif untuk menurunkan tingkat kemiskinan yang tercatat masih sebesar 30,02 juta orang.

Anggota Komisi XI DPR RI Kemal Azis Stamboel mengatakan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Per Maret 2011 jumlah penduduk miskin sebesar 30,02 juta orang atau 12,49% dari total seluruh penduduk Indonesia. Jika dibandingkan data Maret 2010, penduduk miskin masih 31,02 juta orang atau 13,33%, sehingga terjadi penurunan 1 juta orang dalam setahun.

"Penurunan jumlah penduduk miskin 2011 melambat jika dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya yang berhasil mengentaskan hingga 1,5 juta orang. Padahal pertumbuhan ekonomi kita lebih tinggi dari sebelumnya. Angka 30,02 juta yang berada dibawah garis kemiskinan adalah jumlah yang masih sangat besar," ujar Kemal kepada detikFinance di Jakarta, Minggu (3/7/2011).

Menurut Kemal angka ini belum ditambah dengan katagori masyarakat yang sedikit diatas garis kemiskinan (near poor) atau hampir miskin yang bisa mencapai jumlah yang sama. Tahun sebelumnya near poor mencapai 29,38 juta orang.

"Near poor ini menurut BPS ukurannya adalah 1,2 kali dari garis kemiskinan. Maka jika garis kemiskinan Maret 2011 adalah Rp 233.740 pengeluaran per kapita perbulan, maka yang near poor ini yang pengeluaran per kapita perbulannya di bawah Rp 280.488 atau masih dibawah Rp 10.000 per hari. Jadi total penduduk yang pengeluaranya di bawah Rp 10.000 per hari masih sekitar 60 juta penduduk. Mereka juga sangat rentan dan tentunya masih jauh dari sejahtera. Kita butuh kebijakan yang lebih progresif," paparnya.

Menurut Politisi Fraksi PKS ini, kebijakan progresif perlu diarahkan terutama untuk menyelesaikan masalah di hulu kemiskinan. Kemal mengatakan kemiskinan berakar dari kemiskinan di pedesaan dan pertanian.

Hal ini dikonfirmasi data BPS Maret 2011, yang menyebutkan sebagian besar penduduk miskin berada di perdesaan, mencapai 63,20%. Selain itu 57,78% penduduk miskin juga bekerja disektor pertanian.

Ia juga menjelaskan, kemiskinan kota terutama juga akibat urbanisasi penduduk miskin dari desa, dimana saat ini setiap dua hari diperkirakan lebih dari satu penduduk desa bermigrasi ke kota mencari pekerjaan di luar sektor pertanian dan sebagian besarnya adalah kelompok usia muda.

"Maka hulu penyelesaiannya adalah pembangunan perdesaan dan pertanian. Untuk itu dibutuhkan kebijakan pembangunan perdesaan dan pertanian yang progresif. Setidaknya harus ada tiga hal dalam kebijakan tersebut," paparnya.


--

Harga Minyak Mentah RI Turun Jadi US$ 113,82/Barel
Suhendra - detikFinance


Jakarta - Harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) dalam bulan Juni 2011 mengalami penurunan dibandingkan bulan Mei 2011.

Berdasarkan Tim Harga Minyak Mentah Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM yang dikutip detikFinance Minggu (3/7/2011), harga Minas/SLC turun sebesar US$ 2,57/barel dari US$ 117,89/barel menjadi US$ 115,32/barel. Untuk harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) turun sebesar US$ 1,36/bbl dari US$ 115,18/barel menjadi US$ 113,82/barel.

Penyebab turunnya harga ICP karena perkembangan harga minyak mentah di pasar internasional. Diantaranya dipicu oleh International Energy Agency (IEA) tentang pelepasan cadangan strategis minyak mentah dari sejumlah negara anggotanya sebesar 60 juta barel (2 juta barel per hari selama 30 hari).

Selain itu dipicu adanya masalah kekhawatiran pasar akibat belum adanya penyelesaian yang komprehensif atas krisis hutang di Yunani, rencana Arab Saudi untuk meningkatkan produksinya hingga 10 juta bph setelah OPEC gagal memperoleh kesepakatan peningkatan kuota produksi. Faktor melemahnya perekonomian global yang diindikasikan oleh meningkatnya pengangguran di AS dan menurunnya aktivitas industri di kawasan Eropa khususnya di UK dan Prancis.

Walaupun harga minyak mentah Indonesia mengalami penurunan tetapi tertahan oleh kegagalan negara-negara OPEC memperoleh kesepakatan untuk meningkatkan kuota produksi pada pertemuan 8 Juni 2011 di Viena. Tingginya import minyak mentah China, misalnya pada bulan Mei meningkat 20,8% dibandingkan data tahun lalu turut mempengaruhi.

IEA meningkatkan proyeksi konsumsi minyak dunia tahun 2011 yang mencapai 89,3 juta bph atau meningkat sebesar 0,1 juta bph dibandingkan proyeksi bulan lalu. Juga menurunnya stok minyak mentah AS dan kondisi geopolitik di Afrika Utara dan Timur Tengah, khususnya peperangan yang berkepanjangan di Libya ikut menjadi andil penurunan harga.

Khusus untuk kawasan Asia Pasifik, penurunan harga disebabkan turunnya konsumsi minyak Jepang hingga 0,38 juta bph (data April 2011) pasca bencana besar gempa dan tsunami. Penurunan konsumsi yang terjadi diakibatkan berkurangnya konsumsi produk minyak untuk keperluan penerbangan, transportasi darat dan aktivitas industri. Namun demikian konsumsi minyak jenis direct burning crude di Jepang cenderung meningkat.

Berikut ini perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada bulan Juni 2011 dibandingkan bulan Mei 2011:



* WTI (Nymex) turun sebesar US$ 5,07/bbl dari US$ 101,36/bbl menjadi US$ 96,29/bbl.
* Brent (ICE) turun sebesar US$ 0,61/bbl dari US$ 114,51/bbl menjadi US$ 113,90/bbl.
* Tapis (Platts) turun sebesar US$ 2,16/bbl dari US$ 121,48/bbl menjadi US$ 119,32/bbl.
* Basket OPEC turun sebesar US$ 0,82/bbl dari US$ 109,94/bbl menjadi US$ 109,12/bbl.


--

Dapat Investor Baru, Mandala Belum Diizinkan Terbang Lagi
Wahyu Daniel - detikFinance


Foto: dok.detikFinance
Jakarta - Meskipun sudah mendapatkan investor baru, namun Mandala Airlines belum mendapatkan izin terbang dari Kementerian Perhubungan. Mandala belum siap untuk terbang lagi.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Hubungan Udara Herry Bakti kepada detikFinance, Sabtu (2/7/2011).

"Belum diizinkan terbang. Hal itu tergantung kesiapan Mandalanya sendiri," jelas Herry.

Saat ini saham Mandala Airlines sudah dibeli oleh pengusaha Sandiaga Uno melalui PT Saratoga Investama Sedaya. Sandiaga berharap Mandala segera bisa terbang lagi, paling cepat pada Juni namun rencana tersebut belum bisa direalisasi.

Mandala sudah berhenti beroperasi sejak 13 Januari 2011 akibat gangguan keuangan.

Sandiaga melalui Saratoga akan menguasai 51% saham Mandala. Sementara 33% akan menjadi milik Tiger Airways, dan sisanya 16% akan menjadi pemilik para kreditur.

Mandala Airlines telah berhenti beroperasi sejak 13 Januari 2011 setelah kekurangan dana operasional dan menumpuknya utang hingga mencapai Rp 2,4 triliun. Jumlah utang Mandala Airlines mencapai Rp 2,45 triliun kepada kreditur konkuren yang jumlahnya ratusan, dan utang ke kreditur separatis yaitu Bank Victoria Rp 54,14 miliar.

Berhentinya operasional Mandala sempat mengejutkan karena sebelumnya maskapai ini sempat mencuatkan berbagai rencana ambisius. Berbulan-bulan Mandala harus melakukan negosiasi restrukturisasi utang dengan para krediturnya, termasuk pada pemegang tiket yang meminta refund. Pada Maret lalu, restrukturisasi utang sudah tercapai dan Mandala siap menggaet investor baru.

Sebelumnya untuk menghindari likuidasi, secara garis besar Mandala mengajukan rencana perdamaian yang mencakup ketiga hal berikut:

1. Masuknya investor baru untuk menyuntikkan modal bagi perusahaan.
2. Pengajuan konversi sebagian besar utang kreditur konkuren menjadi saham.
3. Masuknya pengelola baru untuk memulai kembali operasi perusahaan.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar