Segar banget

Segar banget
bangett

Senin, 04 Juli 2011

Sukses Tanpa Ijazah




Tentu kita sepakat bahwa pendidikan merupakan hal yang penting bagikehidupan dan bisnis. Dalam institusi pendidikan formal, kita mengenal selembar kertas yang disebut ijazah sebagai tanda kelulusan dalamproses belajar. Ijazah pun sering kali dijadikan acuan tingkat kecerdasan seseorang dan seberapa ia akan berhasil.Fungsi dan peran ijazah memang begitu besar, meski demikian tidak jarang kita temui orang-orang yang berhasil meraih sukses tanpa bermodalkan ijazah. Beberapa diantaranya ialah seorang entrepreneur.Berikut beberapa tokoh Indonesia yang dikabarkan tidak memiliki ijazah,namun bisa meraih kesuksesan.

1. Abdullah Gymnastiar Kiyai pengasuh pesantren Daarut Tauhid di Bandung ini ternyata juga sukses menjadi pengusaha.walaupun sudah lulus, tapi dikabarkan sampai saat ini belum mengambilijazahnya. Kini ia pun terus mengembangkan bisnisnya yang berlabel MQ(Manajemen Qabu) ke segala bidang, mulai dari air mineral kemasansampai stasiun radio.

2. Andi F. NoyaPimpinan Redaksi Metro TV, sekaligus hostacara Kick Andy ini, ternyata belum lulus sarjana. Satu hal yangmenarik, Andy sebenarnya adalah lulusan STM. "Sejak kecil saya merasajatuh cinta pada dunia tulis menulis. Kemampuan menggambar kartun dankarikatur semakin membuat saya memilih dunia tulis menulis sebagaijalan hidup saya," tutur Andy.

3. Andrie WongsoAnak ke-2 dari 3 bersaudara ini terlahir dari sebuah keluarga miskin di kota Malang. Di usia 11 tahun (kelas 6 SD), terpaksa harus berhenti bersekolah karena sekolah mandarin tempat andrie kecil bersekolah ditutup. Maka SDTT, SekolahDasar Tidak Tamat, adalah gelar yang disandangnya saat ini. Masa kecilhingga remajanya pun kemudian dilalui dengan membantu orang tuanyamembuat dan berkeliling berjualan kue ke toko-toko dan pasar.Tapi seperti yang kita tau Beliau sekarang menjadi salah satu motivator besar di indonesia

4. Bob Sadino Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob mewarisi harta kekayaan keluarganya. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia dan tidak melanjutkan kuliah. Padatahun 1967, Bob kembali ke Indonesia. Ia membawa serta 2 mobil miliknya. Salah satunya dijual untuk membeli sebidang tanah di Kemang,Jakarta Selatan. Setelah beberapa lama tinggal di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.

5. Buya Hamka HAMKA adalah akronim dari HajiAbdul Malik bin Abdul Karim Amrullah. Ia adalah seorang ulama, aktivispolitik dan penulis. Hamka mendapat pendidikan rendah di Sekolah DasarManinjau sehingga kelas dua. Walaupun tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi, namun berkat kecerdasan dan dedikasinya, beliau diberikan gelarDoktor Kehormatan dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

6. Dahlan Iskan Pria kelahiran Magetan 59 tahunsilam, dikabarkan hanya lulus SMA. Ia mengawali karier sebagai reporterdi Samarinda, kemudian menjadi wartawan Tempo, sampai akhirnyamendirikan Jawa Post Group. Pada akhir 2009 ia menjadi Dirut PT PLN menggantikan Fahmi Mochtar.

7. Hendy Setiono Hendy Setiono (kebab BabaRafi) mengawali usaha tahun 2003 di Surabaya. Modalnya hanya Rp 10 juta atau sebuah gerobak burger. Kini bisnisnya berkembang pesat dengan menu makanan utama kebab serta santapan ala koboi (burger serta hotdog).Jumlah cabangnya setiap tahun terus bertambah. Terakhir, terdapat 140 outlet tersebar di 25 kota.

8. Purdi E ChandraPurdi E. Chandra adalah pendiri Bimbingan Belajar (Bimbel) Primagama yang kini memiliki 181 cabang di 96 kota. Pengusaha yang dikenal dengan kenekatan nya untuk berhenti kuliah ini pernah kuliah di 4 jurusan yang berbeda, Psikologi,Elektro, Sastra Inggris dan Farmasi di UGM dan IKIP. Hanya saja ia merasa tidak mendapatkan apa-apa dengan pola kuliah yang menurutnya membosankan. Ia yakin, gagal meraih gelar sarjana bukan berarti gagal meraih cita-cita. Purdi muda yang penuh cita -cita dan idealisme inipun nekad meninggalkan bangku kuliah dan mulai serius untuk berbisnis.

Dari luar negeri pun kita tahu bahwa pendiri Micorosoft (BillGates), Apple (Steve Jobs), dan Blacberry (Mike Lazaridis) tidak merampungkan pendidikan tinggi mereka, namun mereka tetap bisa berhasil. Semoga contoh di atas membuat Kita lebih optimis dan berani berwira usaha. Salam semangat.


--
Mencari Pasangan Sempurna
Di tengah gaya hidup Hedonis yang kian merebak belakangan ini, menemukan pasangan hidup jadi kian sulit.
Semakin tingginya tuntutan standar hidup membuat standar yang dikenakan seorang pria atau wanita untuk mencari pasangan hidupnya juga mengalami inflasi besar - besaran
Seperti ilustrasi berikut ini:

Seorang pria yang sangat tampan dan sempurna merasa bahwa Tuhan pasti menciptakan seorang perempuan yang sempurna pula untuk jodoh nya.
Lalu ia berkelana mencari jodoh nya, dan bertemu dengan seorang petani tua bijak yang mempunyai tiga anak perempuan dan semuanya sangat cantik .
Pria tersebut menemui bapak petani dan mengatakan bahwa ia ingin mengawini salah satu anak nya , tapi bingung mana yang paling sempurna. sang petani menganjurkan untuk mengencani mereka satu persatu , dan si pria setuju . Hari pertama ia pergi berduaan dengan anak pertama . ketika pulang ia berkata kepada bapak petani " anak pertama bapak memiliki satu cacat kecil , yaitu jempol kaki kirinya lebih kecil dari jempol kanan."

Hari berikutnya ia pergi dengan anak ke dua dan saat pulang ia berkata " anak kedua bapak juga punya cacat yang sebenarnya sangat kecil, kelingkingnya bengkok."
Akhirnya pergilah ia dengan anak ketiga . begitu pulang ia dengan gembira mendatangi petani dan berkata " inilah yang saya cari-cari , ia benar - benar sempurna."

Lalu menikahlah si pria dengan anak ketiga petani . tak lama kemudian si istri melahirkan . penuh semangat , si pria menyaksikan kelahiran anak pertamanya . ketika si anak lahir , ia begitu kaget dan kecewa karena anak nya sangat jelek . ia menemui bapak petani dan berkata " kenapa anak saya bisa sejelek ini pak. anak bapak cantik dan saya tampan , kenapa anak saya bisa sejelek itu ?" petani menjawab " karena istrimu punya satu cacat besar yang tidak kelihatan . ia sudah hamil duluan!"
Apa yang dikatakan salomo , seorang yang penuh hikmat? KEMOLEKAN ADALAH BOHONG DAN KECANTIKAN ADALAH SIA - SIA , TETAPI ISTERI YANG TAKUT AKAN TUHAN DIPUJI - PUJI ( AMSAL 31:30 )

Secara jujur manusia tidak bisa lepas dari keinginan untuk memuaskan hasrat kedagingan, saat memilih pasangan tidak dapat dipungkiri , "Pandangan pertama" memainkan peran penting. tapi mari kita lihat teladan baik dalam mencari pasangan hidup dapat dilihat dari apa yang dilakukan oleh Abraham untuk Ishak ( Kej.24 )
Pada catatan ini kita menemukan bahwa paras tidak menjadi hal yang utama tetapi prilaku yang menjadi standarnya . masih kah kita menempatkan wujud fisik sebagai standar kesempurnaan pasangan?

--

Setiap pergantian tahun, penulis kerap diminta memprediksi akan apa yang terjadi, terutama di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. Dengan mengetahui arah, sekiranya ada panduan yang bisa dipegang.

Tulisan kali ini akan fokus membahas arah di industri teknologi informasi Indonesia pada 2011. Saya kira, akan ada dua isu krusial utama yang akan intens dibicarakan sepanjang tahun kelinci emas ini.

Pertama, makin membuminya teknologi cloud computing (komputasi awan). Apa pasal?

Tingkat kesadaran publik terhadapnya kian meningkat, imbas masih mahalnya biaya konsep manajemen modal (capital expenditure/capex).

Komputasi awan akan membuka mata dan pikiran, terutama kalangan korporasi, bahwa konsep capex bukan saja menguras duit, namun juga kurang relevan dengan spirit efisiensi yang diusung perangkat teknologi informasi.

Pada tahun 2011 ini, konsep manajemen operational expenditure/opex melalui teknologi bernama cloud computing akan mulai difahami, ditelisik, sebelum akhirnya menyeruak di pelbagai sendi kehidupan.

Dengan situasi seperti ini, penulis menilai perusahaan skala kecil dan menengah-lah yang akan lebih agresif menerapkannya dibandingkan skala besar. Sebab, secara nature, perusahan kecil-menengah lebih ingin/terbiasa hemat.

Kalkulasi penulis menunjukkan penghematan biaya bisa sampai 50 persen dari biasanya. Bahkan, semakin besar kebutuhan komputasi, penghematan biaya TI yang diperoleh melalui penggunaannya akan semakin besar.

Perusahan kecil menengah semacam BPR atau toko, lebih berminat pada teknologi yang bisa dikostumisasi dengan mudah, biaya operasionalnya murah, dan tak ada investasi awal seperti ditawarkan teknologi satu ini.

Mereka juga akan lebih agresif sebab pasarnya keseluruhan lebih terbuka dari segmen lainnya. Dari sekitar 50 juta UKM di Indonesia saat ini, sekitar 30 juta-35 juta di antaranya belum memanfaatkan teknologi informasi.

Di sisi lain, fleksibilitas perusahan besar sendiri relatif rendah sehingga sulit masuk metode baru dalam sistem eksisting yang demikan mapan, rigid, dan kerap masuk kontrak pengadaan sekian tahun lamanya.

Kendala lain bagi perusahaan besar adalah soal privasi data —yang dalam konsep komputasi awam dipercayakan penuh ke pihak ketiga. Metode software as a service justru memudarkan kerahasian tersebut.

Meski demikian, bukan berarti perusahan besar akan menihilkannya. Mengingat berbagai keunggulan cloud computing dibandingkan sistem eksisting, mereka akan coba gunakan pada sistem yang sifatnya komplementer.

Atas potensi-potensi ini, riset Sharing Vision menunjukkan potensi pasar cloud computing 2011 mencapai Rp 280 miliar-Rp 1,6 triliun. Atau sebesar 0,7 persen hingga 2 persen dari total belanja TI nasional tahun ini Rp 40 triliun-Rp 80 triliun.

Dengan asumsi moderat, potensi pasar komputasi awan terserap maksimal Rp 500 miliar. Namun angka ini sangat mungkin bertambah, bergantung agresivitas pelaku usaha dalam mensosialisasikan layanannya.

Kedua, isu security jaringan teknologi informasi makin ramai tahun ini. Berita-berita semacam pembajakan account di situs media sosial populer seperti Facebook dan Twitter, bakalan makin nyaring terdengar.

Apalagi, dengan akumulasi jumlah pengguna kedua situs tersebut di Indonesia yang akhir tahun lalu sudah hampir 40 juta. Facebook, misalnya, sudah digunakan lebih dari 30 juta orang Indonesia, sehingga jadi rangking dua dunia menyalip Inggris.

Dengan demikian, cracker dan kaum kriminil dunia maya takkan tinggal diam melihat 'potensi' yang demikian besar ini. Dengan segala modus dan akal bulus, mereka akan berupaya mengambil keuntungan.

Juga, ada pula potensi kian rapuhnya keamanan sistem pembayaran berbasis Internet mulai dari kartu ATM, kartu kredit, dan e-commerce seperti Paypal. Masih ingat kasus pembobolan ATM di Bali? Potensi itu masih ada tahun ini.

Karenanya, ancaman keamanan jaringan terjadi merata di sektor publik maupun korporasi. Penyikapan yang jelas dari pemerintah dalam mengantisipasi kerugian masyarakat, amat perlu ditegakkan sejak dini. Kita berharap.

-

Apa yang akan terjadi di tahun 2011 nanti berkaitan dengan keamanan IT? Threat atau ancaman apa saja yang harus kita waspadai dan akan seperti apakah wajah dari ancaman tersebut di tahun 2011?

Simak prediksi para pakar keamanan dari ESET. Prediksi ini disusun David Harley, Director Malware Intelligence di ESET serta para analis di Cyber Threat Analysis Center (CTAC), sebuah badan yang menganalisis ancaman dunia maya, sekaligus bagian dari badan riset yang baru dibentuk oleh ESET tentang trend 2011.

Menurut analisis tersebut, media jejaring sosial masih akan menjadi target utama serangan sebagaimana yang telah dialami selama tahun 2010 baik oleh para pengguna Google maupun Facebook. Bahkan akan mengalami kecenderungan meningkat di tahun 2011 terhadap situs-situs media sosial lainnya seperti LinkedIn, Orkut, dan Twitter. Demikian pula terhadap search engine seperti Bing and Yahoo.

Kemunculan Facebook di sisi lain juga memunculkan masalah baru, dan masalah tersebut akan tetap ada jika upaya pembasmian threat hanya terbatas pada gejala-gejalanya saja dengan cara menyediakan menu privacy di media sosial tersebut sebagaimana diinginkan oleh penggunanya, sehingga keamanan data tetap menjadi tanggung jawab konsumennya tetapi pembasmian tidak sampai ke "penyakitnya". Bahaya di Facebook masih ada namun masih tersamar.

Serangan terhadap perangkat bergerak akan mengalami peningkatan: brands tertentu yang melengkapi produknya dengan applikasi untuk perlindungan akan semakin rentan terhadap serangan malware tetapi, yang pasti adalah serangan dari jejaring sosial palsu akan terus berlanjut.

Sementara itu, belum akan ada botnet baru yang akan muncul, botnet lama masih akan berkeliaran dan meningkat selama tahun 2011. Menurut pihak Shadowserver data, volume peredaran botnet masih akan meningkat, sementara itu, ThreatSense.Net data menyatakan pertumbuhan volume bot malware masih berlanjut, dimana hal tersebut menunjukkan infeksi zombie akan meliputi proporsi yang lebih tinggi dibanding infeksi pada sistem lainnya.

Berita yang agak menyenangkan belakangan ini adalah keberhasilan meredam tingkat infeksi botnet dan pada tahun 2011 akan terus berlanjut, bahkan upaya meredam botnet tersebut akan semakin meningkat. Para analis di Cyber Threat ESET menyatakan bahwa botnet akan tetap menjadi masalah utama, tetapi diharapkan ke depan, akan semakin banyak pengguna komputer yang menyadari bahwa botnet yang sepertinya kecil, dan jinak juga memiliki ancaman yang membahayakan sebagaimana botnet yang selama ini dikenal. Kesadaran tersebut menjadi poin penting meskipun botnet yang sebelumnya menyedot perhatian dari para peneliti keamanan dunia maya saat ini sudah mulai dilupakan oleh pembuatnya.

Kemunculan Boonana yang menyerupai Koobface, dan potensial menginfeksi lebih dari satu OS. Kondisi tersebut memungkinkan lebih banyak malware yang berbasis Java untuk bekerja dengan beberapa platform; contohnya, botnets yang menggunakan zombie dan mampu bekerja di dua OS Windows and non-Windows operating systems.

BlackHat SEO (Search Engine Optimization), terkadang tampil sebagai index virus atau index pembajakan, dan peluang blackhats untuk mengoptimalkan cara kerjanya akan semakin terbuka dalam mengendalikan lalu-lintas malware dengan pencarian real time terutama karena penggunaan media jejaring sosial, topik masalah ini telah menjadi materi diskusi utama di Konferensi Virus Buletin 2010.

Media jejaring sosial masih akan menjadi salah satu masalah terbesar, tidak hanya pada konteks malware. Sebagian besar malware akan tetap bergentayangan dan menginfeksi melalui jalan yang sama seperti lewat email, malicious URLs, forum komunitas, newsgroups dengan cara mebujuk calon korban untuk mengklik sesuatu. Salah satu yang mungkin juga akan cukup mengejutkan adalah kerentanan pada .LNK juga akan meningkat dari waktu ke waktu meskipun telah lama berselang sejak kerentanan tersebut di temukan.

Serangan dalam bentuk pencurian data SCADA juga masih akan ada, tetapi kemungkinan akan menggunakan spear-phishing dan malware jejaring sosial atau malah 0-days, dan Trojans daripada me-replikasi malware-malware seperti Win32/Stuxnet. Tetapi sayangnya kekuatan utama Stuxnet’s sepertinya sudah di lemahkan meskipun Stuxnet code juga bisa dengan mudah beradaptasi untuk menyerang semua instalasi yang tidak berhubungan sehingga bisa dipastikan bahwa penggunaan malware untuk tujuan sabotase masih bersifat spekulatif dan penyelidikan secara aktif masih tetap dilakukan. Tambahan lagi, scrapping tools pada situs-situs jejaring sosial seperti biasa digunakan untuk mencuri data, akan mengurangi beban untuk melakukan serangan spear phishing, yang akan membawa pada serangan-serangan pada target-target strategis lainnya.

"Dengan semakin aktifnya pengguna jejaring sosial di Indonesia, diharapkan setiap pengguna memiliki kesadaran melakukan proteksi account dan komputernya masing-masing. Kebanyakan situs jejaring sosial memberikan tanggung-jawab proteksi data kepada pemilik account. Untuk keamanan komputer, ESET telah mengantisipasi melalui kemampuannya mendeteksi malware dari third party program pada jejaring sosial. Untuk masyarakat Indonesia, ESET Indonesia juga menyediakan blog ESET Indonesia sebagai sarana edukasi publik," Demikian menurut Yudhi Kukuh, Security Consultant PT Prosperita-ESET Indonesia.

Perusahaan-perusahaan keamanan yang memberi perhatian khusus pada anti malware akan cenderung semakin menaruh kepercayaan terhadap cloud-based telemetry untuk reputational analysis dan penjadwalan pemrosesan malware. Dalam sebuah workshop yang diadakan oleh CARO pada Mei 2010 di Helsinki, jumlah sampel malware yang menonjol mencapai 40 juta sampel. Untuk tahun 2011 kemungkinan akan mencapai angka 50 juta. Angka tersebut terbilang konservatif, karena mendapatkan angka yang akurat juga tidak mudah karena beberapa faktor diantaranya perbedaan dalam cara penghitungan di masing-masing perusahaan keamanan dan tidak cukup waktu untuk memeriksa apakah ada double counting sample.

--

Operator seluler masih mengandalkan prabayar sebagai pelanggan utama. Berdasarkan riset yang dilakukan Yankee Group Oktober silam, total konsumen ponsel secara global mencapai 5 miliar pelanggan. Dari jumlah itu, pelanggan prabayar masih menguasai 75,82 persen dari total pelanggan ponsel.

Hingga 2014 mendatang, konsumen ponsel diperkirakan akan mencapai 6,2 miliar pelanggan. Dari jumlah itu, pelanggan prabayar diperkirakan akan mencapai 77,34 persen. Khusus di Asia Pasifik, jumlah pelanggan prabayar dari tahun ini hingga 2014 malah diperkirakan menguasai 80-84 persen dari total pelanggan.

Khusus di Indonesia, lembaga riset Wireless Intelligence GlobalComms memaparkan, hingga kuartal I-2010 lalu total konsumen ponsel mencapai 171 juta pelanggan. Ini setara dengan 72,3 persen penetrasi terhadap total penduduk Indonesia.

Wireless Intelligence memperkirakan, tahun 2012 mendatang penetrasi ponsel di Indonesia akan mencapai 100 persen. Karena, pertumbuhan pelanggan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di Indonesia saban tahun melebihi 10 persen.

Teguh Prasetya, Kepala Grup Pemasaran Merek PT Indosat Tbk mengatakan, tren prabayar masih akan mendominasi hingga beberapa tahun ke depan. "Masyarakat Indonesia suka kemasan kecil, karena itulah voucher dengan harga terjangkau masih menjadi primadona," kata Teguh, Kamis (2/11/2010).

Sepanjang Januari-September 2010 lalu, total pendapatan Indosat mencapai Rp 14,84 triliun. Pencapaian ini tumbuh 8,1 persen dari pendapatan periode sama tahun 2009 yang sebesar Rp 13,73 triliun. Sementara hingga awal November silam konsumen Indosat sudah menyentuh 40 juta pelanggan. Menurut Teguh, sebanyak 95 persen pendapatan ini berasal dari pelanggan prabayar.

Menurut Teguh, pelanggan prabayar mendominasi karena proses yang dibutuhkan pelanggan untuk menikmati layanan operator mudah. Pelanggan hanya tinggal registrasi via ponsel, tanpa perlu menunggu klarifikasi dari Indosat. Dengan proses yang mudah ini, pelanggan juga bisa menikmati layanan yang hampir sama dengan pascabayar.

Membaca tren pelanggan prabayar yang dominan, perusahaan terus menggenjot promosi segmen tersebut. Salah satunya dengan menyediakan pembelian start pack senilai Rp 5.000. Lalu, Indosat juga menyediakan layanan isi ulang mulai Rp 2.000. Secara khusus, IM3 tengah melakukan program promosi telepon Rp 24 per menit serta gratis 240 SMS per hari.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) juga mengandalkan pelanggan prabayar sebagai tulang punggung pendapatan. Eddy Kurnia, Wakil Presiden Humas dan Pemasaran Telkom mengatakan, masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di segmen menengah ke bawah membuat sistem pembayaran dengan voucher lebih diminati. Selain itu, tak menutup kemungkinan pelajar, mahasiswa, serta masyarakat yang tidak berpenghasilan juga menggunakan ponsel.

"Dengan voucher, pelanggan yang belum berpenghasilan atau yang berada di segmen menengah ke bawah bisa mengontrol pengeluaran komunikasi," kata Eddy. Sepanjang Januari-September 2010 lalu, pendapatan Telkom mencapai Rp 52,12 triliun. Pencapaian ini tumbuh 3,9 persendari pendapatan periode sama tahun 2009 yang sebesar Rp 50,1 triliun.

Adapun konsumen Telkomsel hingga November lalu sudah menyentuh 95 juta pelanggan. Sementara konsumen Flexi sudah mencapai 16,5 juta dan pelanggan telepon rumah mencapai 8,6 juta. Menurut Eddy, lebih dari 90 p0ersen pendapatan berasal dari pelanggan prabayar. Dia meramal, komposisi ini akan bertahan hingga akhir tahun. Di akhir tahun Telkom menargetkan konsumen Telkomsel akan mencapai 100 juta pelanggan dan Flexi mencapai 17,5 juta pelanggan.

Demi memanjakan pelanggan prabayar, kemarin PT Melon Indonesia, perusahaan patungan Telkom dan SK Telecom meluncurkan layanan musik tanpa batas yang bisa dimainkan di ponsel, PC, atau MP3 player. Pelanggan bisa memilih layanan ini mulai seminggu, dua minggu, atau sebulan. Pelanggan Telkomsel dan Flexi dapat langsung mencoba layanan ini gratis sebulan.

Di sisi lain, PT Natrindo Telepon Seluler (Axis) pun mengandalkan pelanggan prabayar. Syakieb A Sungkar, Wakil Presiden Penjualan dan Distribusi Axis bilang, perusahaan baru menjajal bisnis pascabayar enam bulan terakhir. Itu sebabnya, sebanyak 99 persen pendapatan Axis masih disumbang oleh pelanggan prabayar. "Pelanggan pascabayar kami baru 1 persen," kata Syakieb.

--

Sebut saja Nani, pekerja rumah tangga Indonesia di Uni Emirat Arab, dijebloskan majikan ke penjara karena kedapatan memiliki handphone dan ada SMS dari seorang laki-laki Banglades.

Temuan penelitian Pusat Kajian Wanita dan Jender UI menunjukkan, memiliki handphone adalah larangan besar begitu masuk rumah majikan. Sekitar 80 persen TKW Indonesia mendekam di penjara UEA karena tuduhan kasus asusila. Setelah diselidiki, ternyata berupa hubungan dengan laki-laki, termasuk hubungan bermesraan melalui handphone (ponsel).

Terdapat jurang antara kultur Arab dan kultur Indonesia yang tidak dipahami banyak pihak terkait ”bisnis” migrasi. Secara budaya, pekerjaan domestik dianggap pekerjaan tambahan, kotor, berbahaya, ”undangan kerja dalam keluarga”, dan tidak dianggap layak masuk sebagai pekerjaan formal sehingga dianggap tidak perlu ada hukum khusus yang mengatur. Padahal, ketiadaan hukum ini adalah sumber utama berbagai persoalan.

Pemantauan dari representasi negara pengirim berhenti sampai pintu rumah majikan karena ketidakseimbangan dengan negara penerima. Selanjutnya, apa yang terjadi di dalam rumah adalah perwujudan relasi kuasa berdasarkan perbedaan kelas, ras, bangsa, dan jender.

Pembedaan

Ketiadaan hukum khusus dalam sektor domestik, baik di negara pengirim maupun penerima, menyebabkan pembedaan perlakuan yang sangat timpang antara pekerja formal dan informal. Salah satunya urusan TKW ditempatkan di kantor imigrasi, di bawah kementerian dalam negeri, bukan kementerian ketenagakerjaan.

Di rumah aman KBRI Abu Dhabi setiap hari selalu terdapat 60-70 orang TKW yang lari dari rumah majikan karena berbagai sebab dan sekitar 100 orang di Konjen RI Dubai. Kasus lari dari majikan adalah kasus terbesar, yang oleh negara penerima dianggap merugikan.

Pemerintah mengatasi persoalan ini dengan mensyaratkan kontrak yang harus ditandatangani TKW di depan kantor imigrasi UEA. Artinya, ada multikontrak yang menyebabkan ketidakpastian hukum. Pertama, kontrak di Tanah Air seperti dipersyarakatan UU Nomor 39/2004. Kedua, kontrak antara majikan dan TKW di depan pejabat imigrasi (dalam praktiknya dapat ditandatangani di mana saja, bahkan di jalan). Ketiga, kontrak antara majikan dan agensi di UEA yang sama sekali tidak melibatkan TKW, di UEA ditulis dalam bahasa Inggris dan Arab.

Di UEA keberadaan TKW Indonesia sangat diinginkan karena sifat patuh, loyal, pekerja keras, dan beragama sama. Namun, sekaligus mereka dilekati stereotip tidak menguntungkan sebagai ”mudah berpacaran”, ”imoral”, dan senang ”mejik”, yang semua menunjukkan jurang budaya.

Relasi ras, kelas, jender

Fenomena keberadaan TKW di UEA dapat dijelaskan dari kultur Arab dan klasifikasi yang dibangun berdasarkan identitas. Secara jelas kultur mereka membedakan ”orang Arab” dan ”bukan Arab” dalam kedudukan tidak setara. Kultur mereka juga menempatkan perempuan (istri, anak, apalagi ”pembantu rumah tangga”) sebagai ”milik” laki-laki.

Mengacu pada persoalan identitas, secara sosial-budaya TKW dilihat sebagai ”liyan” karena perbedaan ras, kelas, dan seksualitasnya sebagai perempuan. Mereka juga dilihat sebagai warga dari bangsa ”miskin”. Di rumah aman di UAE, kekerasan tidak hanya fisik, tetapi juga verbal dengan penyebutan ”bangsa asal” yang merendahkan. Pelaku kekerasan adalah juga (staf) agensi, yang di UAE terdiri atas berbagai bangsa dan kalangan (termasuk ningrat).

Relasi kelas ditunjukkan dengan adanya kekerasan seksual, dilakukan majikan laki-laki dan perempuan. Pembedaan terhadap perempuan Arab dan bukan Arab secara umum kelihatan dari keharusan TKW Indonesia menyerahkan biodata lengkap, termasuk foto wajah, badan, tanpa dan dengan penutup kepala. Padahal, perempuan berfoto tidak diperkenankan bagi perempuan Arab. Biodata dengan foto inilah yang menentukan apakah seorang TKW dipilih atau tidak oleh calon majikan di kantor agensi.

Ekonomi global

Jutaan rumah tangga telah menjadi keluarga multibangsa dengan kehadiran para TKW. Mereka menyumbang remitansi ke negara asal dan ekonomi global. Peran mereka dalam rumah tangga memungkinkan produksi barang dan jasa dalam perputaran ekonomi global terus berjalan. Mereka juga memperkenalkan budaya kuliner Indonesia ke rumah tangga Timur Tengah, yang potensial menjadi industri masa depan. Keberadaan mereka menggiatkan bisnis perbankan, pengiriman barang dan uang, penerbangan, serta firma hukum.

Remitansi sosial juga dihasilkan. Setelah mereka pulang, ada yang memanfaatkan akumulasi modal untuk berwirausaha atau keterampilan berbahasa asing dan pengetahuan umum yang mengantarkan beberapa di antaranya menjadi kepala desa.

Memahami keberadaan fenomena migrasi dari berbagai sisi sepertinya menunjukkan upaya penghentian pengiriman bukan solusi terbaik. Apalagi, membekali mereka dengan ponsel.

Yang dibutuhkan penguatan perlindungan hukum berupa perjanjian bilateral dengan negara penerima. Tak kalah pentingnya, akses keadilan berupa pengetahuan hukum (yang melindungi dirinya), jaminan terhadap identitas hukum (memegang paspor dan kontrak), serta mekanisme bantuan hukum.

-

Dunia telekomunikasi kian melebarkan "sayap" tidak hanya pada sektor komunikasi lewat suara ataupun teks. Perpaduan antara telekomunikasi dan internet, seperti pernah diungkapkan Presiden Direktur Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, akan menjadi tren menarik pada tahun ke depan.

Faktanya, menurut ABI Research, lalu lintas suara dan data pada akhir 2010 oleh pengguna mobile menghasilkan lebih dari 3,7 miliar gigabyte. Lima tahun kelak, pada 2015, diperkirakan akan mencapai 20,4 miliar gigabyte.

Jake Saunders, VP untuk Forecast, lembaga riset pada ajang Huawei Asia Pacific CTO Forum keempat yang berlangsung di Hongkong, tempo hari bilang, "Pada tahun 2012, sekitar 2,6 miliar gigabyte untuk trafik jaringan yang dihasilkan di wilayah Asia Pasifik akan melebihi gabungan total trafik jaringan mobile dari Eropa Timur, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika."

Indikasinya, menurut Suanders, "Semua orang menyukai ponsel pintar dan kemudahan yang ditawarkan seperti mengirim e-mail, menginstal aplikasi game, mengakses Facebook, dan mengikuti gosip bintang film favorit mereka di Twitter."

Jika melihat peningkatan lalu lintas ini, rasanya para operator (bersama pendukungnya) perlu melakukan persiapan optimal. Sebab, penggunaan industri seluler telah menampakkan perubahan yang signifikan. Huawei melihat pertumbuhan internet bergerak sangat membutuhkan ketersediaan dan koordinasi antara terminal, pipa, dan cloud platform yang juga tengah menjadi tren.

Tak heran jika Presiden LTE Network Product Line up Huawei Technologies, Weimin Ying, menyebutkan bahwa tanpa hal itu semua, produk bernama ponsel pintar atau tablet internet hanya akan menjadi sebuah alat atau mainan orang dewasa yang mahal semata. Dengan kata lain fungsinya tak bisa digunakan secara optimal.

"Industri mobile broadband sedang menghadapi masa transformasi yang menyeluruh. Layanan cloud computing akan semakin meningkat. Sementara konsumen memerlukan layanan dan mobilitas yang stabil. Karena itu, industri harus mampu mengatasi permintaan konsumen dan menampung layanan mobile broadband yang meningkat sampai 500 kali," ujarnya.

Lantas apa yang harus dilakukan operator di masa mendatang?

Ying menyebut tiga kunci utama, yaitu melakukan investasi ke teknologi terbaru seperti LTE secepatnya untuk meningkatkan efisiensi spektrum. Kedua, memperluas sumber spektrum. "Dan menyediakan infrastruktur yang tepat sehingga menjangkau ke daerah-daerah hotspot," ujarnya.

Lonjakan pemakaian jaringan seluler untuk kebutuhan data memang makin besar. Di sisi lain, tampaknya operator lokal juga sedang dilanda dilema, antara mengucurkan investasi yang besar untuk menyediakan jaringan LTE dan apa yang diharapkan untuk mengisi jaringan ini kelak.

--

Saat ini, dengan jumlah lebih dari 400 juta Facebookers aktif di dunia, 25 persen di antaranya mengakses melalui telepon seluler. Angka ini dua kali lebih aktif dari akses melalui komputer personal/laptop. Di sisi lain, lebih dari 100 operator telekomunikasi di 60 negara di dunia, telah mempromosikan mobile Facebook untuk layanan mereka.

Berdasarkan riset kami, Indonesia adalah negara urutan ke-3 ditinjau dari keaktifan Facebooker-nya. Saat ini, lebih dari 47 persen pengguna internet di dalam negeri mengakses situs tersebut. Jumlah Facebooker aktif di Indonesia mencapai 18,9 juta, dengan trafik menempati posisi ke-8 dunia.

Melihat potensi pasar yang demikian dahsyat, secara ekonomi, sudah seharusnya situs jejaring sosial terbesar ini mendekati pelanggan agar respon lebih cepat dirasakan. Pendekatan ini juga berarti berbagi rejeki dengan daerah-daerah lokal di mana pelanggan berada.

Pertanyaannya kemudian, dengan jumlah pelanggan sebanyak ini, mengapa Facebook tidak meletakkan data center atau kolokasi (collocation) di Indonesia? Ada apa gerangan? Ini tentu amat merugikan bagi Indonesia; yakni, hilangnya kue bisnis, dan kedua, kebutuhan bandwidth koneksi internet internasional terus meningkat.

Coba mari kita hitung bersama. Saat ini, dengan jumlah "ummat" begitu besar, Facebook dikabarkan mempunyai 60 ribu web server, dengan pengeluaran mendekati Rp 500 miliar di tahun 2010 guna biaya sewa. Jika kita anggap setiap user aktif mempunyai space yang sama, berarti tiap user mendapat alokasi biaya sewa data center sebesar Rp 1.250 per tahun. Jika demikian, jatah sewa data center untuk Facebooker Indonesia adalah sebesar Rp 23,6 miliar per tahun!

Itu baru satu situs. Belum dengan Twitter, Friendster, BlackBerry, Yahoo, Google, dll. Rumor menyebutkan Facebook meletakkan data center-nya di Singapura. Tentu, di samping situs buatan Mark Zuckerberg ini, top internet site lainnya melakukan duplikasi data di negeri jiran ini. Otomatis, ini mendorong ketertarikan semua industri global untuk collocation di sana. Maka, betapa untungnya Singapura dan betapa ruginya Indonesia.

Ada empat dugaan mengapa Singapura lebih dipilih ketimbang Indonesia untuk hunian data center. Pertama, national security-safety. Harus diakui, tingkat keamanan dan iklim investasi di negeri ini belum setinggi negara tetangga kita.

Kedua, kualitas data center di Indonesia masih tertinggal, baik dari sisi konfigurasi bangunan maupun manajemen operasi. Inilah yang sebenarnya menjadi faktor kunci.

Data Sharing Vision menunjukkan kebutuhan data center oleh industri global rata-rata tier-3. Maksudnya data center dengan segala infrastruktur pendukungnya mempunyai redundansi sebanyak (N+1), sehingga jika data center membutuhkan 2 cooling system dalam operasinya, maka data center tersebut akan mempunyai 3 cooling system. Disamping itu, tier-3 mempunyai multiple path untuk distribusi power dan cooling meski hanya satu saluran yang aktif. Ini membuat proses perawatan dapat dilakukan tanpa mengganggu operasional. Dengan ketentuan di atas, tier-3 mempunyai availability sebesar 99,96 persen atau hanya 1,6 jam waktu down yang diperbolehkan selama satu tahun.

Guna melihat seperti apa data center kelas dunia, sangat penting bagi kita untuk belajar dan melakukan studi banding langsung ke data center paling top di dunia. Itulah yang melandasi Sharing Vision melakukan workshop Visiting World Class Data Center di Singapura pada 2-3 Desember mendatang.

Ketiga, belum jelasnya konsep pemasaran negara dan strategi pemasaran industri teknologi informasi nasional. Menurut data www.datacentermap.com, tercatat ada 9 data center di Indonesia yang dikomersialkan. Konon, dari 9 data center tersebut ada yang telah mendekati tier-3, namun cara pemasarannya ke industri global belum terdengar jelas.

Ini patut disayangkan, perhitungan Sharing Vision menunjukkan pasar layanan data center di Indonesia pada tahun 2011 mencapai sekitar Rp 1,5 triliun. Sebab, kian banyak perusahaan di Indonesia yang sadar pentingnya data center dan data recovery center dengan infrastruktur memadai.

Keempat, ketidakpastian regulasi. Ini bisa kita lihat dari perbandingan implementasi WiMax di Indonesia dengan keberanian pemblokiran layanan BlackBerry di Arab Saudi, misalnya. Empat faktor inilah yang membuat Facebook dkk masih memilih Singapura sebagai tempat kolokasi, meski pengguna di Indonesia jauh lebih besar.

Ironis, memang. Dengan demikian, jelas adanya pesan tulisan ini, "Mari tingkatkan pengelolaan dan kualitas data center nasional seraya meningkatkan pasar data center nasional, agar tercipta keseimbangan aliran bandwidth dalam dan luar negeri yang akan menyejahterakan Indonesia!"

--

Banyak cewek yang mengeluh tentang kekasih mereka yang kecanduan video game. Ada satu alasan sederhana mengenai fenomena ini yang tidak dimengerti oleh kaum hawa yaitu bermain game itu sangatlah menyenangkan. Bermain game memberikan alasan untuk menghabiskan waktu luang bersama dengan pasanganmu.

Tidak seperti di era tahun '80-an dan '90-an, video games tidak lagi diciptakan khusus hanya jenis pertarungan/perkelahian, atau hanya untuk cowok. Zaman sekarang, banyak video game yang dibangun untuk merangkul berbagai ragam profil pemain yang tidak terbatas jumlahnya baik tua, muda, pria, wanita, anak-anak, dewasa.

Para pengembang permainan mempertimbangkan semua hal untuk semua orang! Contohnya, permainan seperti Bejeweled atau Fishdom tidak diciptakan dengan level dan kontrol yang luar biasa rumit, namun pengembang sadar bahwa permainan seperti itulah yang diminati para pemain yang menjadi target mereka, baik pria maupun wanita.

Konsep sederhana inilah yang menjadikan game sebagai salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu dengan pasanganmu, baik siang ataupun malam hari.

Kompetisi yang sehat Konsol seperti Nintendo Wii dapat menambahkan dimensi baru dalam suatu hubungan. Jika kamu berencana membelinya, pastikan kamu mengikutsertakan pasangan kamu untuk bermain bersama. Hal tersebut merupakan cara yang baik untuk memperoleh waktu sendiri sebagai pasangan sambil berkompetisi dengan sehat.

Jangan khawatir jika ternyata cewek kamu meraih hasil yang lebih baik di Wii Fit dibandingkan dengan kamu, hanya kalian berdua saja yang perlu tahu hal itu. Selain itu, lebih baik kamu kalah di game daripada kalah dalam lomba angkat beban di Pusat Kebugaran, bukan? (dan tentu saja lebih memalukan...senyum).

Dan pasangan yang paling berbahagia sekalipun seharusnya sekali-kali berkompetisi satu sama lain. Selain itu, jika kamu berdua sering berdebat tentang di mana seharusnya makan malam (atau menonton film apa), mengapa tidak memutuskannya dengan melihat siapa yang mendapatkan skor yang lebih tinggi dalam permainan video game?

Hadiah yang pas Berapa kali kamu mengalami kesulitan berpikir mengenai apa yang harus dibeli untuk pasanganmu di hari ulang tahun mereka? Lagipula, berapa banyak anting-anting, sepatu, tas atau cincin yang benar-benar mungkin dapat kamu hadiahi (belum lagi mempertimbangkan desain atau gaya apa yang dia suka…oh…tidak)? Nah, jika kamu dan pasanganmu adalah pasangan yang suka bermain game, maka hal itu benar-benar membuat daftar kemungkinan hadiah yang dapat diberikan bertambah dengan pesat.

Coba pikirkan kemungkinan yang ada: Apakah cewekmu sedang memikirkan konsol atau aksesoris game terbaru? Bam. Ini salah satu ide hadiah.

Apakah cewekmu menyukai permainan Farm Frenzy atau Party Beach Craze? Bam. Belikan untuknya game-game tersebut.

Apakah cewekmu sangat bersemangat bermain game sosial terbaru? Bam. Ini salah satu ide hadiah lagi, tambahkan virtual koin untuk dia, jadi dia bisa membeli barang-barang kesukaannya untuk hewan kesayangannya di permainan Pet Party atau di permainan Happy Kitchen.

Apakah cewek kamu suka berolah raga? Bam. Hadiahkan game fitness terbaru untuk meningkatkan dan memperkaya rutinitas olah raganya.

Cuman jagalah jangan sampai kalian berdua mempunyai pikiran yang sama untuk membeli konsol terbaru sebagai hadiah Natal untuk satu sama lain, kecuali tentu saja bila salah satu dari kalian memiliki adik yang juga benar-benar menikmatinya.

Kamu tidak pernah bisa membayangkan betapa menyenangkan bisa bermain dengan pasanganmu. Tidak ada cara untuk mengetahuinya kecuali kamu mencoba bermain game dengannya. Banyak yang berpikir bahwa pasangannya tidak akan pernah bisa menguasai atau menikmati game yang sedang mereka geluti…eitt….jangan merendahkan dulu….

Sekilas berita, beberapa pemain game terbaik di dunia adalah cewek! Tidak peduli apapun ganra yang sedang kamu bicarakan. Apakah itu game kasual, sosial, pemain tunggal atau multi-pemain, para gadis telah membuktikan selama dekade terakhir ini bahwa mereka bisa mengalahkan cowok yang meremehkan mereka!

Banyak gadis yang sangat mahir dalam game seperti World of Warcraft ataupun permainan kasual seperti Bejeweled 2. Dalam kenyataanya, menurut taksiran ESA (Assosiasi Software Hiburan) America, sekitar 40 persen dari para pemain game yang ada adalah wanita. Walaupun angka tersebut sangatlah berkesan, ada satu data statistik lagi yang bahkan lebih mengejutkan: Wanita berusia lebih dari 18 tahun jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari total populasi pemain game pria dibawah umur 17 (34% dibandingkan dengan 18%)

Angka ini tidak hanya saja terbatas di negara Amerika. Coba pikir, berapa banyak teman-teman cewek kamu yang kamu tahu main game? Taruhan jumlahnya lebih besar dari yang pernah kamu bayangkan.

Dan banyak lagi yang bisa menguasai game yang lain, jika kamu memperkenalkan permainan-permainan tersebut kepada mereka. Kamu tidak akan pernah tahu kamu mungkin saja mempunyai "Penyembuh" (salah satu peran dalam permainan multi-pemain terkenal) duduk di sebelah server kamu, menunggu saatnya mereka memenuhi "panggilan tugas" mereka.

Hanya saja jangan mencak-mencak bila sang kekasih tanpa ampun membantaimu di Guitar Hero.

-

Kehadiran iPad, komputer tablet buatan Apple, kembali mendapat pujian. Kali ini pujian datang dari Rupert Murdoch, taipan media pimpinan kelompok grup media News Corp.

"Ini merupakan penemuan yang fantastis," kata Rupert Murdoch memuji iPad di depan umum saat menjadi pembicara dalam pembukaan New York Forum, Selasa (22/6/2010), seperti dilansir situs Business Week. Menurut dia, iPad berhasil memadukan berbagai kelebihan sehingga bisa menyajikan berbagai jenis media untuk semua kalangan dari anak usia tiga tahun hingga orang tua berusia 100 tahun.

Murdoch percaya iPad akan mendorong munculnya perangkat tablet lebih banyak lagi. Bahkan, ia meyakini ratusan ribu perangkat tablet semacam itu akan menjadi barang bawaan banyak orang di seluruh dunia.

Munculnya iPad secara langsung maupun tidak memang diyakini akan menyelamatkan bisnis media. Selama ini, Murdoch termasuk tokoh utama yang menentang model konten gratis karena dinilainya membunuh masa depan media cetak. Situs Wall Street Journal, salah satu media yang kini dimilikinya, masih bertahan dengan menarik bayaran kepada pelanggannya untuk mengakses konten secara penuh.

"Saya yakin dalam lima tahun akan ada ratusan ribu iPad dan perangkat sejenis iPad di seluruh dunia. Ini merupakan pasar baru yang besar," tegas Murdoch sebelum mengulas topik-topik lainnya seperti kebijakan politik dan ekonomi AS pimpinan Presiden Barack Obama.

New York Forum merupakan acara pertemuan para CEO, pembuat keputusan, dan pemimpin berbagai organisasi di AS untuk menghasilkan rekomendasi bagi perbaikan ekonomi di AS. Forum ini digagas Richard Attias yang juga penyokong Forum Ekonomi Dunia yang rutin digelar setiap tahun di Davos, Swiss.

-

Kritikan berbagai pihak soal kebijakan pengaturan privasi yang mencla-mencle, membingungkan, dan terus berubah di Facebook ditanggapi langsung sang CEO Mark Zuckerberg. Ia mengatakan, semua yang dilakukan Facebook saat ini demi mengikuti kebutuhan orang di era internet yang terbuka.

"Cara orang berpikir soal privasi sedikit mengalami perubahan. Yang dibutuhkan kebanyakan orang bukan lagi privasi yang komplit. Bukan serba rahasia yang mereka inginkan. Mereka hanya butuh mengontrol apa saja yang bisa dibagi dan apa yang tidak," ujar Mark Zuckerberg dalam wawancara dengan Time yang dilansir situs Telegraph, Jumat (21/5/2010).

Ia mengatakan bentuk transformasi paling besar yang terjadi pada generasi saat ini adalah semakin banyak informasi yang dibagikan kepada publik. Menurut pandangannya, perubahan kebutuhan berbagi tersebut malah sedang dimulai dan Facebook berusaha melayaninya.

"Bagian penting yang sedang kami lakukan adalah menyiapkan apa yang diperlukan orang di masa depan dan menyediakan sarana untuk menggunakannya," ujar Zuckerberg. Ia mengaku tak khawatir dengan keresahan jutaan orang yang mengeluh dengan pengaturan privasi di Facebook untuk saat ini.

Beberapa kali pengaturan privasi di Facebook dikeluhkan karena sering berubah dan membingungkan. Facebook juga menerapkan pengaturan privasi opt-out, di mana pengguna harus memilih siapa yang tidak boleh melihat informasi yang ditampilkannya ketimbang pendekatan lebih aman secara opt-in atau untuk siapa konten dibagi. Ribuan orang mengancam akan keluar dan menghapus akunnya di Facebook pada 31 Mei 2010 sebagai bentuk protes dan tekanan kepada Facebook.

--

Tak bisa dipungkiri Flash telah menjadi bagian penitng di dunia maya saat ini. KOnten-konten multimedia yang menyajikan animasi hingga video memanfaatkan teknologi Adobe tersebut. Namun, seiring perkembangan teknologi, Flash yang bersifat propietary mlai disaingi teknologi lainnya yang lebih fleksibel.

Bahkan, Apple, salah satu pemain utama di binsis komputer dan smartphone saat ini menolak Flash di semua perangkatnya. Alasannya Flash sulit berkembang dan tidak cocok dengan tuntutan zaman. Sebaliknya Adobe tetap bertahan bahwa dengan banyaknya konten web yang sudah menggunakan Flash, tindakan seperti yang dilakukan Apple hanya memberikan kekecewaan terhadap konsumen.

Tapi, CEO Apple Steve Jobs meyakini kalau Apple meninggalkan Flash tidak akan mengurangi pengalaman akses web secara penuh. Menurut Jobs hal tersebut tak benar karena selain Flash, sebagian besar video di web juga mendukung standar H.264 sehingga tanpa Flash pun tidak terlalu masalah.

"Kami sangat yakin semua standar yang mendukung web harus terbuka. Ketimbang menggunakan Flash, Apple lebih memilih mengadopsi HTML5, CSS, dan JavaSCript-semuanya standar terbuka," kata Jobs dalam tulisan di website Apple, Kamis (29/4/2010) yang menyoroti cacat Flash dan lasan Apple meningglakannya. Apple bahkan menciptakan standar terbuka untuk web yang disebut Webkit, mesin pembaca HTML5 berbasis open source yang kini sudah digunakan broser Android, Nokia, dan belakangan BlackBerry.

Menurutnya Flash adalah teknologi masa lalu yang hanya cocok buat komputer yang menggunakan mouse tapi tidak cocok untuk perangkat berlayar sentuh yang menjadi tren saat ini dan masa depan. Ia optimistis HTML5 akan mengungguli Flash tidak hanya di perangkat genggam tapi juga di komputer.

"Standar terbuka yang dibuat di era mobile seperti HTML5 akan menang di perangkat mobile bahkan juga PC. Mungkin Adobe harus lebih fokus mengembangkan perangkat pendukung HTML5 untuk masa depannya dan mulai mengurangi kritik kepada Apple," tutup Jobs.

--

Media sosial atau situs jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, dan Koprol sudah menjadi lebih dari sekadar ajang berteman. Media sosial juga bisa berfungsi sebagai media membangun kepedulian dan memasarkan produk. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk tujuan itu?

Danny Wirianto, Chief Marketing Officer KasKus, forum internet terbesar di Tanah Air, mengungkapkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai pemasaran di media sosial. Pertama, kata Danny, "Read before write." Artinya, proses pemasaran lewat media sosial harus didahului dengan riset.

Riset akan mengefektifkan mekanisme pemasaran yang dilakukan. Riset bisa berkisar tentang karakter pengguna media sosial, misalnya dengan melihat cara komunikasi dan apa yang dikomunikasikan dalam media itu.

"Kenali apa yang mereka bicarakan," kata Danny. "Setelah tahu, lalu buat analisis. Susun strategi kecil dan lemparkan. Lakukan inception, persis seperti yang ada di film Inception itu," papar Danny dalam ajang SparxUp Seminar bertema "Understanding Social Media 2011" di Jakarta, pekan lalu.

Untuk melakukannya, berbagai cara bisa diaplikasikan. Danny mencontohkan satu langkah yang bisa diterapkan. Caranya, mengomunikasikan secara personal sehingga produk baru seolah dianggap rahasia. Dengan cara itu, orang akan dianggap istimewa.

"Informasi yang tadinya dianggap rahasia nantinya pasti malah disebarkan. Untungnya ada pada kita. Secara tidak langsung kita berhasil menyebarkan berita tentang produk kita," kata Danny. Setelah itu, lihat apa yang terjadi. Kalau enggak berhasil, ubah strateginya.

Dalam pemasaran lewat media sosial, dia juga menggarisbawahi bahwa setiap media sosial unik. Jadi, cara pemasaran di setiap media sosial mesti memiliki strategi yang berbeda sesuai dengan karakter penggunanya. "Jangan pukul rata. Jadi, kalau di Facebook, misalnya, jangan lalu pasang hasil scan pamflet promosi dan di-tag ke banyak nama. Kalau caranya seperti itu, pasti akan diabaikan oleh pengguna," papar Danny.

Sementara itu, Danny juga mengemukakan pentingnya membangun engagement (keterikatan) dengan konsumen. Hal ini berguna untuk mempertahankan relasi dengan konsumen, membangun kepercayaan dan loyalitas produk. Dalam membangun engagement, memberi konsumen pengalaman bisa menjadi senjata. Ia mencontohkan aplikasi game yang digarap beberapa situs sebagai salah satu cara membangun engagement.

"Seperti jejaring sosial Facebook. Pengguna tidak pernah lupa karena pernah memainkan Farmville. Ini yang jadi satu nilai lebih untuk Facebook sekarang sehingga masih bisa bertahan," kata Danny.

Dalam skala yang lebih luas, media sosial bisa berfungsi sebagai media untuk melakukan engagement. Media sosial menjadi cara ampuh mengetahui isu-isu tentang produk yang beredar di masyarakat. "Kalau ada produk yang dijelekin, obrolannya pasti ada di social media. Jadi, pihak perusahaan harus seperti PR (humas), harus juga memantau social media, tidak hanya koran-koran besar," katanya.

Engagement bisa dilakukan dengan merespons secara cepat masalah yang muncul. Klarifikasi yang cepat dalam menangani masalah sangat berpengaruh pada citra produk.

-

Teknologi telekomunikasi seluler memang ajaib. Hanya dalam waktu tak kurang dari dua dekade, penetrasinya diperkirakan bakal menembus angka 100 persen. Pencapaian ini mungkin tidak terbayang saat jaringan telekomunikasi baru menggunakan kabel tembaga.

Menurut Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia yang juga Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, tingkat penetrasi seluler di Indonesia diperkirakan menembus 100 persen tahun depan. Ia mengatakan, saat ini jumlah pelanggan seluler mencapai sekitar 185 juta pelanggan dari jumlah penduduk sekitar 230 juta jiwa.

"Fenomena penetrasi 100 persen di seluler tidak berhenti, beda dengan fix line. Kalau tahun depan kami perkirakan 100 persen, kurva masih naik lagi. Kami estimasi bisa mencapai 130 persen," ujar Sarwoto dalam perbincangan dengan pekerja media di sela-sela peluncuran Palangkaraya sebagai Kota Broadband oleh Telkomsel, pekan lalu.

Sarwoto mengatakan, tingkat penetrasi yang tinggi didukung ketersediaan jaringan yang sudah mencakup sebagian besar populasi. Sementara itu, Telkomsel, kata Sarwoto, saat ini sudah melayani 96 persen populasi dengan jaringan yang dibangun dalam 15 tahun terakhir.

"Ada sekitar 10 juta penduduk yang masih blank spot belum terkena sinyal. Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) kita semua," ujar Sarwoto. Kalau tahun 2005 Telkomsel mencanangkan kampanye bahwa semua ibu kota kecamatan di Indonesia berdering, maka tahun ini pihaknya menargetkan setiap kelurahan di Indonesia berdering didukung program universal service obligation (USO) yang disubsidi pemerintah dan program internal bertajuk Telkomsel Merah Putih.

Selain itu, penetrasi yang tinggi sebenarnya juga disebabkan oleh perkembangan perangkat telekomunikasi yang semakin beragam, seperti smartphone, modem, dan komputer tablet. Akibatnya, satu pelanggan mungkin menggunakan lebih dari satu perangkat dan layanan seluler. Misalnya, satu perangkat untuk telepon, satu perangkat lainnya untuk akses data dan aplikasi berbasis data.

"Di Jakarta, penetrasi sim card sudah lebih dari 140 persen. Artinya, satu orang bawa satu, dua, tiga, atau empat sim card," kata Sarwoto. Fenomena yang sama juga terjadi di luar Jawa, seperti di Kalimantan Tengah, yang saat ini tercatat memiliki 14,5 juta pelanggan seluler, padahal populasinya hanya 14 juta jiwa.

--

Ribuan orang antre membeli tablet SamsungGalaxy Tab 10.1 di Pacific Place, Jakarta, Sabtu (2/7/2011). Bahkan menurut petugas jaga, antrean sudah terjadi sejak Jumat (1/7/2011) pukul 20.00 WIB.


Kami tidak menyangka animo masyarakat terhadap produk Samsung Galaxy Tab 10.1 akan sebesar ini. Kami cuma menyediakan 1.000 nomor antrean dan nomornya sudah habis pas penjualan dibuka pukul 10.00 tadi.
-- Adwina Hargini

"Kami tidak menyangka animo masyarakat terhadap produk Samsung Galaxy Tab 10.1 akan sebesar ini. Kami cuma menyediakan 1.000 nomor antrean dan nomornya sudah habis pas penjualan dibuka pukul 10.00 tadi," kata Adwina Hargini, Media Relation Arc/Samsung, saat ditemui Kompas.com, di stan penjualan Samsung Galaxy Tab 10.1, Pacific Place Mall, Sabtu (2/7/2011) siang.

Meskipun nomor antrean telah habis, calon pembeli masih terus berdatangan hingga tengah hari. Banyaknya masyarakat yang tertarik untuk membeli hari ini pun tidak lepas dari ada potongan harga yang diberikan kepada konsumer.

Menurut Adwina, ini merupakan strategi promo, selain itu juga mengenalkan produk kepada masyarakat. "Tapi potongan harga tersebut hanya untuk hari ini," tambah Adwina.

Dari pengamatan Kompas.com tidak sedikit konsumer yang membeli dua hingga empat unit Galaxy Tab 10.1 sekaligus. Beberapa mengaku membeli untuk keluarganya. "Saya sudah mengantre dari pukul 06.00 WIB, dan baru dapat siang ini," kata Ny Alan (41) yang mengaku membeli produk ini untuk diberikan kepada anaknya yang baru berusia 13 tahun.

Selain harga yang tidak terlalu tinggi, tambah Alan, produk ini pun memiliki aplikasi yang lebih baru dan fitur-fitur yang lengkap. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Samsung Galaxy Tab 10.1 menggunakan sistem operasi Android 3.0 Honeycomb dan menggunakan prosesor 1 Ghz Tegra2 dual core dan dua antena wi-fi terpisah untuk pengiriman ataupun penerimaan data secara nirkabel. Perangkat ini juga ditunjang dengan teknologi 4G dan HSPA+ berkecepatan hingga 21 Mbps. (Roderick Adrian M)

0-
Pola Permainan dalam Futsal
Posted on February 11, 2008 by adoer
Bermain Futsal tidak jauh berbeda dengan bermain Sepakbola pada umumnya, butuh kekuatan stamina, mental dan strategi. Ada sedikit perbedaan mendasar dalam hal pola permainan dan pengaturan serangan.
Pola permainan dalam Futsal banyak didominasi permainan kaki ke kaki, maksudnya pengaturan dalam bertahan, maupun menyerang lebih banyak dilakukan
dengan umpan-umpan pendek, mengingat ukuran lapangan yang lebih kecil dibanding lapangan sepakbola. Dengan pola seperti ini skill dan kekompakan tim terutama dalam mengolah bola, mengumpan, menjaga pertahanan dan menyerang ke daerah lawan sangat diperlukan.
Didalam Futsal jarang sekali diterapkan umpan-umpan panjang, strategi ini hanya buang-buang energi, disamping itu juga tidak mencerminkan permainan yang baik dan enak dilihat . Namun demikian, bukannya hal tersebut dilarang atau tidak disarankan, tinggal kembali kepada individu sendiri, mau bagaimana memainkan permainan Futsal tersebut.
Jarangnya teknik-teknik tersebut diterapkan, hal ini lebih kepada bisa terciptanya pola permainan yang cantik, enak dilihat serta proses gol yang indah. Begitu juga dengan heading bola, gol-gol yang tercipta dengan kepala bisa lebih terlihat bagus dan enak untuk dilihat, terlebih jika proses penyerangan tersebut dilakukan dengan pola penyerangan terstruktur.
Nah sekarang tinggal bagaimana kita membuat suatu pola dan strategi bermain yang bagus, untuk hal itu tentunya ada beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam menciptakan pola permainan yang bagus.
1. Penguasaan terhadap bola.
Untuk melatih penguasaan bola tahap pertama adalah dengan memfokuskan pada kekuatan dan kelincahan dalam pergerakan kaki, sebagaimana saya jelaskan dalam artikel Tips warming up sebelum bermain futsal, pemanasan sangat diperlukan, lakukan sesering mungkin dribling untuk menselaraskan pergerakan kaki dan arah bola, bisa dilakukan dengan variasi zig-zag.
2. Komposisi Pemain.
Untuk membentuk tim yang bagus, cermati skill tiap-tiap pemain dalam hal penguasaan bola, pengaturan serangan dan menyerang.Tempatkan pemain yang memiliki model pergerakan kaki yang rapat sebagai pemain bertahan, rapat di sini maksudnya model pergerakan kakinya yang tidak terlalu panjang, hal ini bisa lebih berguna untuk menghambat laju pergerakan bola lawan, dan sebaliknya tipe pemain dengan pergerakan panjang lebih bisa dimanfaatkan sebagai penyerang.
Untuk pemain tengah dibutuhkan sosok yang memiliki kemampuan mengatur serangan dan yang lebih diutamakan adalah kemampuan stamin yang paling prima, mengingat posisinya memungkinkan melakukan penyerangan dan bertahan
3. Teknik dan Pola Permainan.
Jumlah pemain Futsal bisa dilakukan 5 atau 6 orang termasuk penjaga gawang. Penempatan pemain yang pas menurut karakter dan gaya permainan masing-masing posisi akan lebih menyeimbangkan pola dalam bertahan maupun menyerang, adapun posisi yang bisa diterapkan sebagai berikut.
Jumlah pemain 5 orang :
1. Pola 1 – 2 – 2

Jumlah pemain 6 orang :
1. Pola 1-2-1-2
Untuk pola ini 1 orang penjaga gawang, 2 orang back kiri dan kanan, 1 gelandang dan 2 striker kiri dan kanan.
Pada saat bertahan posisi semua berada di daerah sendiri dengan pola:

Pengatur serangan yakni gelandang bisa mengumpan ke posisi dua penyerang dan bola bisa dimainkan diketiga posisi tersebut guna mencari celah untuk shooting bola ke gawang lawan.
Tugas back kiri/kanan selain menjaga pergerakan lawan, juga ada pembagian tugas ambil bola mati didaerah sendiri, jika bola mati ada di kanan maka back kanan yang mengambil bola, begitu juga sebaliknya, diusahakan jangan saling mengambil posisi,
tujuannya agar selalu fokus terhadap daerah/wilayahnya sendiri. Sementara tugas gelandang yakni mengatur serangan dan membantu pertahanan, makanya gelandang paling memiliki stamina dan skill yang lebih prima.
2. Pola 1-2-3
Pola ini bisa diterapkan dengan catatan posisi 2 bek bisa menjaga dan mampu membantu penyerangan, tentunya kapasitas 2 bek ini tidak hanya kuat mempertahankan area gawang, namun juga mempunyai skill dalam pengaturan serangan, sehingga tiga penyerang bisa leluasa mengobrak-abrik pertahanan lawan. Dengan pola ini diharapkan pola serangan lebih dipertajam.

3. Pola 1-1-2-2
Pola ini menjadikan ada posisi back yang menggantung dibelakang dua pemain tengah, hal ini bertujuan supaya si back tunggal tersebut bisa menghalau dengan lugas serangan-serangan yang kemungkinan lolos dari pertahanan sektor gelandang. Skill yang dimiliki oleh back tunggal ini harus benar-benar prima, mampu membaca pergerankan bola dan serangan lawan, disamping itu juga memiliki phisik yang kuat, mangingat posisi antara back tunggal dengan gelandang sejajar, dimana pada posisi ini akan menghalau serangan -serangan baik dari kiri maupun kanan, dan tentunya kerjasama dan kekompakan dengan posisi gelandang sangat perlukan.
Pada pola ini juga, posisi sayap kanan maupun kiri difungsikan bisa membantu pertahanan, turun ke bawah membantu back tunggal tersebut, maka dari itu posisi sayap ini harus memiliki kecepatan lari dimana harus melakukan penyerangan dan segera balik ke pertahanan.
Didalam pola ini, jika terjadi bola mati didaerah pertahanan kiri maupun kanan, maka yang berhak mengambil bola yakni masing2x sayap tersebut, tidak diserahkan kepada back tunggal tersebut, mengingat jika dilakukan oleh back tunggal, maka dikhawatirkan posisi pertahanan jadi lowong.
Dari semua pola yang diterangkan diatas, pada dasarnya diterapkan sebagai optimalisasi pola serangan atau pola bertahan dalam suatu permainan itu sendiri, sehingga para pemain bisa lebih memahami strategi permainan dan fokus terhadap tugas dari masing-pemain.

--

Suatu hari ada seorang anak laki-laki sensitif di abad ke delapan belas yang bergabung dalam ketentaraan Inggris. Ia terlihat begitu semangat ketika menjalani latihan pertama kali. Setiap instruksi pelatih, ia lakukan dengan penuh semangat. Hingga tibalah waktu latihan dengan menggunakan senjata api.

Ia mulai gelisah begitu melihat satu per satu rekannya mulai menembakkan senjata ke target yang telah ditentukan oleh atasannya. Belum sampai waktunya untuk maju, anak laki-laki ini kabur dari kesatuan tanpa ada pemberitahuan kepada atasannya.

Bertahun-tahun kemudian ia menjadi seorang astronom besar, bahkan menemukan sebuah planet. Tanpa disangka-sangka, Raja George mengirimkan surat undangan datang ke Istana kepada anak laki-laki yang telah bertumbuh menjadi seorang pria gagah ini. Ia pun memenuhi undangan raja dengan perasaan takut mengingat ia pernah kabur dari kemiliteran.

Dalam pikiran pria ini adalah ia akan mendapat hukuman dari raja karena perbuatannya di masa lalu. Namun, perkiraannya salah. Saat Raja George tiba dan bertemu dengannya, ia diperlakukan dengan sangat hangat. Tak ada kesan bahwa raja marah kepadanya. Bahkan, sebelum raja berpisah dengannya, ia diberikan sebuah amplop dimana di dalamnya berisi mengenai pengampunan kerajaan kepadanya dan pengangkatan dirinya sebagai anggota rumah tangga kerajaan.

Inilah yang Allah janjikan juga pada setiap manusia di bumi bahwa Dia memberikan pengampunan kepada kita yang mau mengakui dosa-dosa kita di hadapan-Nya. Dia melakukannya bukan karena perbuatan baik yang kita lakukan, tetapi karena Dia sangatlah mengasihi kita.

Maukah Anda menerima anugerah pengampunan-Nya yang melimpah ini? Anugerah yang tidak akan dapat dinikmati apabila Tuhan Yesus telah datang kembali ke muka bumi. Oleh karenanya, sebelum semua terlambat, ambillah kesempatan ini sekarang juga !

Sebesar apapun dosa yang Anda perbuat, ketika Anda mau mengakuinya dan mau bertobat maka pengampunan Allah tersedia bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar